×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Afi Normawati

10 Juli 2020 10:50

6 Cara efektif mengenalkan bahasa Inggris kepada anak

Era globalisasi menumbuhkan keinginan orang tua untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini..

6 Cara efektif mengenalkan bahasa Inggris kepada anak

0



Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Saat ini orang berpikir bahwa menguasai Bahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang mempersiapkan anaknya untuk belajar Bahasa Inggris sejak dini.

Mengajarkan anak Bahasa Inggris sejak usia dini dirasa cukup efektif. Pasalnya, anak-anak menangkap berbagai macam hal yang diajarkan kepadanya dengan lebih mudah.

Apa saja cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak dengan menyenangkan?

1. Gunakan komunikasi sederhana.

Orang tua bisa mulai mengenalkan kata maupun frasa sederhana kepada anak seperti wait, good, thank you, good night, good morning. Contoh kata dan frasa tersebut bisa digunakan sebagai bekal awal dalam mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak. Ajaklah anak untuk berkomunikasi sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris sehingga lama-kelamaan anak akan terbiasa dengan sendirinya.

Loading...

2. Gunakan media.

Dalam mengenalkan benda-benda di sekitar, beri tahu kepada anak nama benda-benda dalam Bahasa Inggris. Sebagai contoh, orang tua dapat menunjuk sebuah pisang sambil menyebut “banana” atau menunjuk sebuah meja sambil berkata “table”. Dengan begitu, anak akan mulai mengenali benda-benda dalam Bahasa Inggris. Orang tua juga bisa mengombinasikan beberapa kata menjadi klausa seperti “I like banana”.

3. Ajak anak menonton tayangan berbahasa Inggris.

Ada banyak media film maupun serial kartun dalam Bahasa Inggris. Orang tua bisa memilih tayangan yang sesuai dengan usia anak. Visual yang menyenangkan dalam tayangan kartun akan sangat menarik bagi anak. Ketertarikan ini menjadi modal awal agar anak belajar dengan lebih mudah.

4. Ajak bernyanyi.

Bernyanyi merupakan salah satu cara belajar yang menyenangkan. Ajak anak untuk menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris. Biasanya anak mudah hafal lagu yang sering dinyanyikan. Dengan menyanyikan lagu, anak bisa dengan mudah menyerap berbagai kata dalam Bahasa Inggris untuk disimpan dalam memori otaknya.

5. Gunakan kartu.

Menggunakan kartu bergambar buah-buahan maupun binatang dapat membantu anak dalam mengenali nama-nama buah ataupun binatang dalam Bahasa Inggris. Dalam hal ini, orang tua mengajarkan dua hal kepada anak, yaitu mengenalkan nama-nama buah dan binatang sekaligus mengajarkan Bahasa Inggris.

6. Bacakan dongeng sebelum tidur.

Beberapa saat sebelum tidur merupakan waktu yang sangat efektif untuk belajar karena dalam kondisi rileks, berbagai macam informasi akan disimpan dengan mudah dalam alam bawah sadar. Ini bisa menjadi waktu terbaik bagi orang tua untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak.

Orang tua bisa memanfaatkan waktu ini untuk membacakan dongeng dalam Bahasa Inggris. Selain mengajarkan nilai moral, kegiatan ini bisa melatih keterampilan mendengarkan dan menambah daftar kosakata yang dikuasai anak.

Berbagai macam cara yang dilakukan orang tua tersebut merupakan usaha untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak sejak dini. Jangan lupa untuk menggunakan metode semenarik mungkin agar anak lebih semangat dalam belajar Bahasa Inggris.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Mengenalkan Bahasa Inggris kepada Anak Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Belajar Bahasa Inggris
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya


ON FIRE

MORE
Back To Top