×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Aditya Mahyudi

26 Februari 2020 12:19

6 Artis Korea berdarah campuran ini punya prestasi gemilang

Artis Korea berdarah campuran ini memiliki pesona yang tidak kalah keren dengan artis Korea Selatan lain..

6 Artis Korea berdarah campuran ini punya prestasi gemilang

0



Foto: channel-korea.com

Korea Selatan bisa dibilang sebagai gudangnya para artis. Segala macam hiburan seperti K-Pop, K-Drama, dan lainnya semua sudah tersedia di sana. Industri hiburan Korea Selatan tidak hanya diramaikan oleh orang asli Korea saja, para pendatang dari berbagai negara juga ikut memeriahkannya. Bagi mereka, berkarier di industri hiburan Korea Selatan seolah membuka jalannya untuk mencapai kesuksesan di sana.

Namun di balik semua itu, kehadiran artis Korea yang berdarah campuran seolah jauh dari sorotan publik. Mereka pernah mengalami perlakuan diskriminasi oleh berbagai pihak karena warna kulitnya ataupun perawakannya yang berbeda seperti kebanyakan orang Korea. Tidak jarang dari mereka yang menjadi korban rasisme di mana mereka mengaku trauma atas penampilannya sehingga dilanda rasa ketakutan berlebihan.

Walaupun berasal dari kalangan minoritas, mereka mampu membuktikannya lewat prestasi serta karirnya tetap jalan terus tanpa ada batasan. Jadi jangan remehkan keberadaan mereka, ya!

Seperti dikutip dari www.idntimes.com, saya akan membahas enam artis korea yang memiliki darah campuran.

1. Han Hyun-min.

Loading...

Han Hyun Min

Foto: www.koreaherald.com

Model yang satu ini mungkin belum banyak orang yang tahu. Pria kelahiran 18 tahun yang lalu ini memiliki ayah yang berkewarganegaraan Nigeria dan ibu asli Korea. Namanya mulai dikenal publik saat menjadi model di Seoul Fashion Week yang dikenal sebagai kompetisi model terbesar di dunia. Uniknya, dia adalah model Korea berdarah Afrika pertama yang berkesempatan tampil di sana. Wow, sungguh hebat ya!

Dilansir dari koreaherald.com, Han Hyun-min mengaku bahwa ketertarikannya menjadi model berawal dari mengunggah foto Instagram dirinya. Foto-fotonya yang berisi OOTD dengan style unik adalah jalan pembuka untuk berkarier di dunia model. Saking hebatnya, Youn selaku agensi model ternama di Korea Selatan mulai tertarik pada Han Hyun-min untuk menjadi modelnya. Tanpa berpikir panjang dia akhirnya langsung meneriwa tawarannya sekaligus siap berkarier sebagai model profesional.

Selain berkarier sebagai model, Han Hyun Min rupanya mulai merambah ke dunia akting dengan membintangi acara variety show yaitu My English Puberty. Banyak penonton mengira Han Hyun-min menjadi guru di acara ini namun ternyata dia kebagian peran menjadi murid Korea yang ingin belajar bahasa Inggris secara fasih. Tak disangka memang Han Hyun-min layak disebut sebagai artis multi talenta dengan prestasi segudang.

Berbicara tentang prestasi, Han Hyun-min pernah terpilih sebagai nominasi 30 Most Influental Teens versi majalah Time tahun 2017. Dia bersanding dengan para artis terkenal seperti Millie Bobby Brown dan Shawn Mendes. Bersama dengan Jeon So-mi, Hyun-min juga didaulat menjadi model Skool Looks yang mempromosikan penggunaan seragam sekolah khusus anak-anak Korea Selatan. Fakta ini membuktikan bahwa Han Hyun-min telah mendobrak tradisi di mana modelnya harus tampil ganteng ataupun cantik.

2. Bae Yoo-jin.

Bae Yoo Jin

Foto: www.koreatimes.co.kr

Kerap dijuluki sebagai Han Hyun-min versi perempuan, Bae Yoo-jin rupanya menjejaki dunia model dari rekan seprofesinya tersebut. Rambut keriting serta pesonanya yang perpaduan Nigeria dan Korea ini seolah membuat publik jatuh cinta kepadanya. Sejak di bangku SMA dia mengaku ingin sekali tampil di dunia model.

Dilansir dari cnn.com, dia rela berlatih catwalk selama berminggu-minggu sekaligus belajar menyesuaikan etika model mulai dari menyapa penonton sampai latihan pidato. Semua latihan tersebut dia lakukan demi mengejar impiannya menjadi model ternama. Wah, totalitas sekali ya Yoo-jin!

"Cita-cita menjadi model itu sudah ada di pikiran saya. Namun Ibu saya sempat khawatir karena warna kulit saya yang sama sekali tidak mewakili orang Korea. Namun setelah diskusi panjang lebar, akhirnya Ibu saya mengizinkan saya untuk berkarir sebagai model sehingga saya merasa tampil percaya diri dan tidak canggung saat tampil di  hadapan publik," ujar Bae Yoo-jin seperti dikutip dari koreatimes.co.kr.

Pengorbanannya yang berakhir manis ini sukses mengantarkannya ke dunia model hingga sukses. Ia pun menandatangani kontrak bersama SHS Model Management. Saat tampil di Seoul Fashion Week, dia sampai memperagakan aksi catwalk hingga 10 putaran sampai-sampai para juri serta penonton terkesima atas penampilannya yang spektakuler. 

3. Yoon Mi-rae.

Yoon mi-rae

Foto: channel-korea.com

Kalau mendengar Touch Love yang menjadi soundtrack resmi serial Master's Sun mungkin kamu akan teringat dengan suaranya yang merdu dan tersendu-sendu. Yap, siapa lagi kalau bukan Yoon Mi-rae? 

Artis berdarah Korea dan Afrika-Amerika ini dikenal sebagai penyanyi pop sekaligus rapper.  Kariernya bermula saat bergabung di grup hip-hop Uptown pada tahun 1995. Pada awalnya Uptown berjalan sukses namun semenjak salah satu personelnya kecanduan narkoba maka grup tersebut mulai dibubarkan. Imbasnya Yoon Mi-rae terpaksa hengkang dari grup yang membesarkan namanya. Duh sayang sekali ya! 

Seolah masih trauma bergabung di grup, Yoon Mi-rae memilih untuk bersolo karier pada tahun 2001. Perjuangannya dalam bersolo karier tidaklah mudah. Dia harus menerima kenyataan bahwa lagu-lagunya belum diterima masyarakat. Lebih parahnya lagi dia sempat depresi karena pencapaiannya yang kurang memuaskan. 

"Menyanyi solo itu ternyata tak semudah yang saya bayangkan karena penonton rata-rata lebih menyukai lagu boyband dan girlband yang lebih hits," kata Yoon Mi-rae seperti dikutip dari the guardian.com.

Tidak mau putus asa, Yoon Mi-rae mulai semakin produktif dalam menulis lagu. Hasilnya, lagu Yoon Mi-rae akhirnya ada juga yang sukses di pasaran. Lagu Touch Love adalah buktinya. Lagu ini mulai mencuat ketika menjadi soundtrack Master's Sun yang melambungkan nama Gong Hyo-jin dan So Ji-sub.

Kalau dilihat dari maknanya, suara Mi-rae yang indah ini seolah mewakili CEO perusahaan ternama yang hatinya luluh oleh wanita. Akibat kehadirannya, dia berubah menjadi lebih baik dan hati terasa tenang. Jadi, lagu Yoon Mi-rae ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka genre romantis. 

Berkat pencapaian lagu ini, Yoon Mi-rae akhirnya diganjar penghargaan dari Mnet Asian Music Awards 2013 sebagai Best Original Soundtrack. Uniknya, dia berhasil mengalahkan Suzy yang digadang-gadang akan menang penghargaan ini. Selamat ya! 

Di luar aktivitasnya sebagai artis, Yoon Mi-rae ikut berpartisipasi dalam mengampanyekan kesadaran multikulturalisme di Korea Selatan. Saat diwawancara oleh channel-korea.com, dia berpikir bahwa masyarakat Korea Selatan seharusnya menerima perbedaan dari bangsa lain supaya dijunjung tinggi martabatnya tanpa harus saling menyalahkan. Ibaratnya Yoon Mi-Rae menanamkan nilai toleransi pada semua orang demi masa depan yang cerah. Duh, sungguh mulia sekali perjuangannya!

Selain itu, Yoon Mi-rae bersama dengan suaminya, Tiger JK turut berpartisipasi dalam program Stop Child Abuse & Love Children yang berfokus pada melawan tindakan kekerasan terhadap anak-anak. Bagi mereka, anak-anak itu harusnya mendapat kasih sayang dari orang tua dan bukannya sekadar dimarahi saja. Sebagai bentuk dukungan, mereka mengajak anak-anak supaya bangkit dari keterpurukan yaitu dengan cara belajar menghargai keluarga dan orang lain tanpa minder. Wah, hebat sekali mereka ya! 

Kepedulian mereka terhadap anak-anak akhirnya berbuah manis, yaitu diberi penghargaan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan atas kontribusi mereka dalam mencegah kekerasan pada anak-anak sejak dini.

4. Insooni.

Insooni

Foto: www.soompi.com

Lahir dari ayah Afrika-Amerika dan ibu Korea, Insooni adalah penyanyi R&B kenamaan Korea Selatan era 1980-an. Mengawali kariernya sebagai anggota vokal grup Hee Sistersdia akhirnya memutuskan untuk bersolo karier pada tahun 1980. Ciri khas yang melekat dari Insooni adalah lagunya selalu bernapaskan rohani dan spiritual di mana dia menyanyikannya dengan sangat menghayati dan merdu. 

Dikutip dari soompi.com, dia sempat diundang di New York's Carneige Hall dan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018. Di acara olahraga terakhir ini penampilannya menuai pujian saat menyanyikan lagu Let's Everyone Side yang menghentakkan seluruh penonton lewat nyanyian seriosanya. Luar biasa sekali, bukan? 

Terkait gaya hidupnya, Insooni pernah memamerkan tubuh atletisnya. Hal ini membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang untuk berolahraga. Rajin makan sayur dan minum susu adalah rahasia seorang publik figur seperti Insooni dalam menjaga kebugaran tubuhnya hingga membentuk otot. Wah, tips yang patut ditiru nih! 

5. Michelle Lee.

Michelle Lee

Foto: www.koreaboo.com

Penyanyi asal Korea Selatan yang berdarah Afrika-Amerika ini dikenal sebagai Jebolan K-Star Season 1 angkatan 2011. Lagu yang dibawakan berjudul U Just dari Soulciety menjadi perjalanan terakhir Michelle Lee di kompetisi tersebut di mana dia tereliminasi di posisi 5 besar. 

"Sejujurnya, saya tidak kecewa dengan hasil ini. Demi masa depan, saya berencana akan mengembangkan bakat menyanyi saya ke jenjang profesional sekaligus menguji kualitas suara saya," kata Michelle Lee seperti dikutip dari koreaboo.com.

Walaupun gagal menjadi juara, Michelle mulai bangkit dari keterpurukan dan memantapkan diri sebagai penyanyi profesional di bawah arahan YG Entertainment. Lagu miliknya yang berjudul Without You menjadi terkenal karena menceritakan isu rasial di Korea Selatan. Fakta menariknya adalah lagu ini terinspirasi dari perjalanan hidupnya yang pernah merasakan bullying hanya karena beda kulit. Meskipun berakhir pedih, dia berharap rasisme segera dihilangkan dan sudah saatnya diganti oleh persahabatan yang kokoh. Salut deh untuk Michelle Lee atas nasihatnya!

Kini dia kembali tampil di Tribute to Hip Hop Season 2 sebagai kontestan yang masih berjuang di semifinal.

6. Denyce Lawton.

Denyce Lawton

Foto: www.zimbio.com

"Saya berkarir di Hollywood itu bukan berarti saya meninggalkan tanah kelahiran saya (Korea Selatan) tetapi untuk menghindari perbedaan dalam diri saya," ujar Denyce Lawton saat menyampaikan pernyataannya di zimbio.com.

Kutipan ini seolah mempertegas bahwa Denyce Lawton masih mencintai Korea Selatan meskipun sudah lama menetap di Amerika Serikat sejak kecil. Aktris berdarah Afrika-Amerika dan Korea Selatan ini memang awalnya tinggal di Amerika Serikat untuk bersekolah. Namun di sisi lain, dia berkeinginan untuk mengembangkan sayapnya ke perfilman Hollywood. Dengan keyakinan tinggi, dia memilih aktris sebagai karier prioritasnya.

Setelah sekian lama berkarir di beberapa film, dia akhirnya mendapat peran utama di sitkom Tyler Perry's House of Payne di mana dia berperan sebagai Dana Carter yang bekerja sebagai perawat kuku di salon. Di luar itu, dia sempat bekerja sebagai penari latar di video klip N'Sync, Ja Rule, dan Sean Combs serta menjadi artists and repertoire atau produser rekaman di Priority Records.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Korea Afrika Keturunan Artis Korea
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top