×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sopian pasaribu

23 Juli 2021 10:18

6 Alasan mengapa konsumen bisa setia dengan satu merek HP

Ada banyak alasan mengapa konsumen bisa setia pada satu merek handphone (HP)..

6 Alasan mengapa konsumen bisa setia dengan satu merek HP

0



Foto: Noah Erickson from Pexels

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang setia dengan satu brand atau merek handphone. Tidak peduli berapa kali pun kamu ganti handphone, pasti akan mencari brand yang sama dengan model berbeda.

Pastinya ada alasan kenapa orang setia dengan satu brand dan tidak mau berganti ke yang lain. Berikut ini beberapa alasan atau faktor yang membuat orang setia dengan satu merek tertentu.

1. Branding.

Branding dalam hal ini adalah penempelan citra pada sebuah merek atau nama. Misalnya Samsung, apa yang dicitrakan oleh Samsung sehingga orang ingin menggunakan produk dari merek ini?

Perlu diakui bahwa ketika membeli atau mengonsumsi barang dan jasa, kita tidak hanya menikmati manfaat dari apa yang kita beli. Lebih dari itu, kita juga menikmati citra yang ditawarkan oleh merek yang menyediakan barang dan jasa.

Sebagai contoh, semua produk Samsung memiliki citra modern dan inovatif. Sehingga penggunanya merasa mereka menikmati teknologi terkini ketika menggunakan Samsung. Hal ini akhirnya membuat penggunanya setia menggunakan merek Samsung. Dalam industri handphone, Samsung bahkan bersaing dengan iPhone dalam hal branding dan kesetiaan pelanggan. 

Loading...

2. Punya banyak varian produk.

Dengan kebutuhan orang yang berbeda-beda, varian produk menjadi salah satu faktor penting. Apalagi jika pengguna merupakan orang yang suka gonta ganti handphone, inovasi dan varian menjadi hal penting jika ingin mereka tetap setia. 

Misalnya saja Samsung Galaxy yang hadir dengan beragam seri A, M, S, dan Z untuk produk HP mereka. Setiap seri memiliki pasarnya sendiri. Sebagai contoh, untuk kelas mid-range, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy seri A. Salah satu yang menjadi best seller adalah Samsung Galaxy A51 dengan spesifikasi yang tidak kalah dengan handphone flagship.

Strategi ini harus diikuti oleh perusahaan manufaktur lainnya. Mengingat handphone merupakan kebutuhan pada saat ini. Jadi, produk komunikasi ini harus bisa dijangkau oleh semua kalangan. 

3. Kualitas handphone.

Ada beberapa merek yang menyajikan kualitas handphone optimal walaupun dengan harga terjangkau. Hal ini menjadikan pengguna merasa nyaman dengan merek atau brand tersebut. 

Mereka akan berpikir kalau dengan harga terjangkau saja kualitasnya sudah bagus, apalagi produk mahalnya. Hal ini yang membuat mereka akan upgrade ke brand handphone yang sama di kemudian hari. Bahkan jika mereka adalah pengguna setia, mereka akan menunggu setiap keluaran terbaru brand tersebut.

Kamu bisa melakukan pencarian untuk handphone yang berkualitas dengan harga mid range di situs jual beli online, seperti Blibli.com. Cara ini lebih mudah karena kamu bisa membandingkan produk dengan lebih cepat. Apalagi di setiap produk tertera spesifikasinya dengan detail. 

4. Model yang trendi.

Satu hal lagi yang perlu diakui, bahwa fungsi saja tidak cukup. Banyak orang yang mempertimbangkan segi estetika atau keindahan saat membeli handphone. Oleh karenanya, perusahaan manufaktur akan mempekerjakan desainer untuk merancang produk mereka. 

Orang yang setia dengan satu merek atau brand biasanya sudah suka dengan model handphone mereka dari produk generasi awal. Biasanya, walaupun ada modifikasi atau variasi, sebuah brand akan mempertahankan bentuk dasarnya sebagai ciri khas, misalnya iPhone. Semua orang akan mengenali iPhone walaupun hanya dilihat sekilas. Hal ini karena mereka konsisten dengan bentuk perangkatnya.

Bagi pengguna Android, Samsung, OPPO, dan Vivo adalah nama yang sering dikaitkan dengan desain handphone yang trendi. Kalau dilihat lebih dekat lagi, pengguna Android cenderung menyukai perangkat handphone dengan layar yang lebih besar. 

5. Layanan purna jual.

Layanan purna jual atau layanan setelah konsumen membeli handphone juga merupakan faktor membuat seseorang setia dengan brand tertentu. Seorang konsumen akan merasa nyaman kalau mengetahui ke mana dia harus pergi jika terjadi masalah. 

Salah satu yang terbaik adalah Samsung dengan layanan My Samsung Service yang bisa diakses 24 jam. Tentunya beberapa brand lain pun sudah memiliki pusat perbaikannya. Namun, belum semua brand punya outlet atau pusat reparasi yang memiliki layanan seperti ini. 

6. Selalu berinovasi.

Merek handphone yang mengikuti perkembangan teknologi cenderung memiliki pengguna yang setia. Hal ini karena si pengguna sudah familiar dengan penggunaan handphone merek tersebut, ditambah lagi mereka mendapatkan upgrade teknologi. Pastinya faktor ini membuat orang akan membeli versi upgrade dari merek yang sama. 

Poin ini juga yang menjadikan banyak handphone berkualitas makin terjangkau. Penyebabnya adalah harga handphone cenderung turun dari tahun ke tahun, tapi teknologinya terus meningkat. Bagi pengguna yang belum mampu membeli pada saat model terbaru diluncurkan, mereka biasanya akan menunggu setahun dua tahun untuk membeli.

Jika sebuah merek menolak untuk berinovasi, maka ia akan ditinggalkan konsumennya. Pasalnya semua orang pasti menginginkan produk yang terbaik. Banyak orang bahkan rela menabung untuk mendapatkan handphone dengan inovasi terbaru. 

Samsung sebagai merek handphone Android terkemuka juga terus berinovasi agar tidak kalah dengan merek lainnya. Tidak mengherankan kalau pengguna Samsung akan cenderung kembali memilih Samsung untuk perangkat handphone barunya. 

Enam alasan di atas mungkin menggambarkan dirimu. Apakah kamu pengguna setia sebuah brand handphone tertentu? 

Pembangunan citra yang kuat menjadikan sebuah merek handphone memiliki komunitas penggemarnya tersendiri. Perusahaan yang mendukung branding atau citranya dengan kualitas layanan dan produk, menjadikan mereka tidak perlu takut kehilangan pelanggan. Walaupun biasanya seseorang membeli handphone untuk pemakaian dua sampai lima tahun, setiap tahunnya ada saja orang yang akan membeli handphone untuk mendapatkan citra dan inovasi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top