Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Manarul hidayah

12 November 2019 16:05

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

Walaupun hanya menggunakan smartphone, hasil fotonya gak kalah keren lho..

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

0



Foto: pixabay.com/photos/cat-pet-striped-kitten-young-1192026/

Fotografi hewan peliharaan atau pets photography adalah genre fotografi yang berfokus untuk memotret hewan peliharaan. Dari mulai hewan peliharaan umum seperti kucing dan anjing sampai hewan eksotis yang tidak umum dipelihara.

Seperti halnya memotret model manusia, memotret hewan peliharaan juga biasa dilakukan di studio profesional. Bahkan, hanya dengan kamera smartphone kamu juga bisa memotret hewan peliharaan di studio buatan menggunakan alat-alat sederhana dan yang pasti tidak mahal. Langsung saja, ini dia 5 tips memotret hewan peliharaan dengan kamera smartphone.

1. Buatlah sebuah konsep foto sebelum memotret.

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

Konsep atau tema pemotretan adalah salah satu hal yang penting jika ingin memotret model. Seperti halnya memotret model manusia, memotret hewan di dalam studio juga harus dikonsepkan terlebih dahulu agar sang fotografer tidak kebingungan saat berjalannya pemotretan. Walaupun membuat konsep dalam foto bukan hal yang mutlak, namun membuat konsep bisa membantu para fotografer pemula ketika belajar memotret hewan peliharaan.

Loading...

Seperti foto di atas, konsep foto kura-kura menduduki makanannya mengartikan bahwa kura-kura air tidak bisa makan di daratan. Dikarenakan kura-kura air tidak mempunyai air liur untuk membantu menelan makanannya.

2. Gunakan continues light dan hindari penggunaan flash bawaan ponsel.

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

Jika kamu pernah melihat sebuah pemotretan di studio, biasanya fotografer menggunakan lampu flash external dan softbox sebagai pencahayaan tambahan. Memotret dengan kamera smartphone juga membutuhkan cahaya tambahan. Namun, dikarenakan belum ada flash eksternal untuk smartphone, cahaya yang bisa digunakan adalah cahaya continues light. 

Continues light adalah sebuah cahaya yang dinyalakan secara terus-menerus, berbeda dengan flash yang hanya menyala dalam sekejap. Tapi kita bisa juga lho membuat cahaya continues light dan softbox dengan lampu belajar atau ring light untuk selfie yang ditutup dengan kertas putih untuk memperhalus intensitas cahaya yang jatuh ke model hewan peliharaan.

3. Jangan menggunakan mode manual, tapi gunakanlah mode auto pada smartphone.

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

Saat ini fitur mode manual tidak hanya dimiliki oleh kamera DSLR saja. Kamera smartphone  sekarang pun sudah memiliki fitur mode manual. 

Namun, untuk memotret hewan dengan kamera smartphone ada baiknya menggunakan mode auto saja. Mode auto akan lebih memudahkan dan cepat dalam mengambil gambar saat memotret hewan peliharaan yang bergerak aktif.

4. Manfaatkan mode burst untuk mendapatkan banyak foto.

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

Pada dasarnya memotret hewan lebih sulit dibanding memotret manusia. Karena hewan tidak bisa kita atur pose dan tingkah lakunya. Karena terkadang hewan sangat aktif bergerak, menjadikan kita sedikit kualahan mengambil gambar hewan yang bagus. Untuk mengakali masalah tersebut, kita bisa menggunakan mode burst atau foto beruntun yang ada pada kamera smartphone. 

Untuk melakukan foto beruntun, biasanya kita hanya tinggal menekan tombol shutter sedikit lebih lama. Biasanya sekali tekan, kita bisa mendapatkan 20 foto sekaligus. Dengan begitu, setiap gerakan cepat hewan peliharaan bisa di potret, dan kita tinggal memilih mana foto yang bagus menurut kita.

5. Kuasailah semua fitur-fitur yang ada pada smartphone. Teruslah belajar dan tetap konsisten.

5 Tips pet photography menggunakan kamera smartphone

Yang tidak kalah penting juga adalah soal penguasaan alat. Walapun hanya memotret dengan menggunakan kamera smartphone yang ringkas dan mudah. Jika kita tidak mengenali fitur-fitur pada kamera smartphone yang ada malah kebingungan.

Dan juga teruslah belajar dan konsisten jika kamu ingin menjadi ahli di bidang pet photography. Pahami karakter hewan yang ingin kamu foto dan juga belajarlah bagaimana menangani hewan-hewan tersebut.

Itulah 5 tips dalam memotret hewan peliharaan dengan kamera smartphone. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Fotografi Hewan Hobi Tips #Smartphone
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top