×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Manarul hidayah

13 November 2019 10:18

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

Karena berbulu panjang, perawatannya juga tak biasa..

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

0



Foto: https://www.omlet.co.uk/guide/hamsters/getting_a_hamster/hamster_varieties

Hamster, siapa sih yang tidak kenal dengan hewan pengerat mungil yang satu ini. Hewan yang menjadi ikon Hamtaro ini memang sudah lama menjadi hewan peliharaan di segala usia. Dan dari beberapa jenis yang sering dipelihara, hamster syrian adalah hamster yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan jenis hamster lainnya.

Hamster syrian juga mempunyai beberapa varian bulu, salah satunya adalah syrian long hair atau hamster syrian yang mempunyai bulu panjang seperti halnya kucing angora. Karena berbulu panjang, hamster ini mempunyai penanganan dan perawatan yang lebih spesial. Bagaimana sih cara merawatnya? Nah, berikut adalah tips-tips merawat hamster syrian long hair.

1. Hindari menggunakan bedding serbuk kayu, gunakanlah pasir untuk bedding.

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

Foto: https://id.pinterest.com/pin/50595195789291561/

Loading...

Pada umumnya serbuk kayu tidak bisa dipisahkan dalam dunia hamster. Serbuk kayu sering digunakan untuk alas atau bedding pada kandang hamster. Selain dapat menyerap kencing hamster, serbuk kayu juga berguna untuk menghangatkan tubuh hamster.

Namun serbuk kayu tidak disarankan ketika kamu memelihara hamster syrian long hair. Karena bulunya panjang, serbuk kayu sering sekali tersangkut dan melilit di bulu hamster. Ini akan merusak keindahan pada bulunya. Jadi gunakanlah alas atau bedding pasir, seperti pasir zeolit yang bisa menyerap kencing dan juga bisa dicuci untuk digunakan kembali.

2. Sisirlah bulu hamster setiap hari.

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

Foto: https://id.pinterest.com/pin/830210512531878711/

Seperti halnya pada kucing angora. Bulu pada hamster syrian long hair juga perlu dirawat dan disisir agar terlihat rapi dan indah. Karena, bulu hamster rentan sekali terkena sebuk kayu dan kotorannya sendiri yang kadang tersangkut pada bulunya. Cukup disisir setiap hari, bulu hamster syrian kamu akan terlihat indah dan menawan.

3. Walaupun berbulu panjang, jangan pernah memandikan hamster dengan air.

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

Foto: https://farmbos.com/harga-hamster-syrian/

Perlu diperhatikan, jangan pernah memandikan hamster dengan air karena akan mengakibatkan hamster kedinginan hingga terkadang berujung dengan kematian. Dan juga dikarenakan hamster syrian berhabitat asli di gurun pasir. Sehingga memandikan hamster dengan air sangat dilarang.

Jika ingin memandikan hamster, gunakanlah pasir. Yup, semua jenis hamster sangat senang mandi dan berguling-guling di pasir untuk mengeringkan bulunya jika lembap dan basah. Itu sebabnya menggunakan bedding pasir untuk hamster syrian long hair sangat dianjurkan agar bulu-bulu panjangnya tetap kering dan indah.

4. Jangan coba-coba memelihara dua ekor hamster syrian dalam satu kandang.

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

Foto: https://www.bluecross.org.uk/pet-advice/looking-after-hamster

Berbeda dangan jenis hamster lainnya, hamster syrian mempunyai sifat yang soliter alias lebih suka menyendiri. Jika menyatukan beberapa ekor hamster syrian di dalam satu kandang, maka biasanya akan terjadi perkelahian yang terkadang berujung fatal. Sayang kan jika keindahan bulu syrian long hair kamu jadi rusak karena habis berkelahi. Jadi dalam satu kandang cukup pelihara satu ekor hamster syrian saja. Kecuali jika ingin dikawinkan. Namun harus tetap diawasi.

5. Penuhilah asupan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan bulu hamster.

5 Tips perawatan hamster syrian long hair

Foto: https://www.pets4homes.co.uk/classifieds/2362808-tame-baby-hamsters-croydon.html

Selain kesehatan pada tubuh hamster, kesehatan pada bulu hamster syrian long hair juga harus diperhatikan. Asupan nutrisi yang baik pada makanan juga berpengaruh pada kesehatan dan keindahan bulu hamster syrian long hair. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin khusus hamster setiap hari agar tidak gampang sakit dan pertumbuhannya juga maksimal.

Nah, itulah 5 tips perawatan hamster syrian long hair. Walaupun hamster mirip tikus, namun hamster bukan tikus lho. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Hamster Hobi Hewan Binatang Lucu Hewan penting
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top