Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Tamiko Fernanda

24 Januari 2020 13:15

5 Tips mudah merawat motor agar tetap awet seperti baru

Tips sederhana buat merawat motor ini mudah banget buat dilakukan..

5 Tips mudah merawat motor agar tetap awet seperti baru

0



Mempunyai motor sudah menjadi salah satu kebutuhan pribadi. Motor merupakan salah satu kendaraan yang paling mudah dibawa ke mana mana dan paling cepat dibandingkan dengan mobil. Sebab motor mempunyai dimensi yang lebih kecil sehingga memudahkan penggunanya untuk berkendara dengan cepat dan melewati jalan yang kecil.

Motor biasanya digunakan sebagai kendaraan sehari-hari untuk mendukung kegiatan harian, misalnya saja pergi bekerja dan membawa barang dengan jarak jauh. Dengan fungsi motor yang seperti itu maka motor harus terus dirawat secara rutin. Karena apabila motor tidak dirawat maka akan mengurangi performanya.

Apakah kamu rutin merawat motormu? Dan apakah kamu mengetahui hal-hal penting dalam merawat motor tersebut?

Nah, untuk itu simak beberapa tips sederhana untuk merawat motor agar tetap awet seperti baru.

1. Rutin mengganti oli motor.

Loading...

5 Tips mudah merawat motor agar tetap awet seperti baru

Oli motor sangat penting yang di mana fungsinya sebagai pelumas agar mesin motor dapat berjalan dan bekerja dengan halus. Selain itu oli juga berfungsi untuk memindahkan panas dari dalam mesin motor ke arah luar sehingga tidak terjadi overheat atau bisa disebut oli sebagai pendingin mesin.

Oli mesin di dalam motor juga bertugas membawa kotoran di dalam mesin sehingga oli juga berfungsi untuk membersihkan mesin. Kotoran yang ada di dalam mesin akan dibawa oleh oli dan akan ditampung sampai pergantian oli berikutnya.

Untuk pergantian oli sendiri gantilah setiap  2000–2500 km. Jarak tersebut adalah jarak rekomendasi terbaik untuk mengganti oli motor. Namun apabila oli tidak diganti setiap jarak yang direkomendasikan, maka oli akan semakin mengeras dan semakin berwarna gelap yang nantinya akan merusak mesin motor itu sendiri dan membuat mesinnya menjadi kasar.

2. Selalu periksa kampas rem.

Nah selain oli, kampas rem juga berperan penting bagi motor karena berguna untuk menahan gesekan roda sehingga membuat roda motor berhenti. Kampas rem berada di sela-sela dekat dengan velg dan piringan velg.

Untuk memastikannya kamu bisa melihat posisi kampas rem tersebut dan mengeceknya apakah sudah tipis atau belum. Jika sudah tipis sebaiknya diganti secepatnya karena apabila kampas rem tersebut habis maka tidak ada gesekan yang baik antara roda dan rem dari motor tersebut sehingga bisa merusak piringan dari rem motornya.

Selain itu ada cara lain untuk mengecek kualitas kampas rem. Jika berkendara rasakanlah tekanan rem yang diberikan oleh kaki ataupun tangan saat mengerem motor. Apabila tuas rem yang ditekan sangat dalam itu tanda bahwa kampas rem milikmu sudah mulai tipis.

3. Selalu rutin mencuci motor.

 

5 Tips mudah merawat motor agar tetap awet seperti baru

Motor memang tidak harus dicuci terus menerus karena juga akan menghilangkan kualitas warnanya. Untuk membersihkan motor dari kotoran dan debu di jalanan cukup dengan menyiram bagian motor yang kotor sambil dilap dengan kain basah. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kotoran yang ada di motor dan menghilangkan debu yang berpotensi bisa menjadi kerak di motor. Sebab apabila kotoran sudah menjadi kerak maka akan semakin sulit untuk membersihkannya.

4. Selalu servis motor di bengkel yang terjamin kualitasnya.

Bengkel yang bagus akan mendukung spare part motor yang kualitasnya juga bagus sehingga tidak cepat merusak daya motor. Bila kamu servis di bengkel biasa belum tentu barang yang digunakan adalah barang bagus yang terbaik untuk motormu. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut rutinlah melakukan servis motor ke bengkel yang terjamin kualitasnya.

5. Jangan pernah kehabisan bensin sampai benar-benar kosong.

Ini akan membuat tanki bensin menjadi lebih cepat berkarat dan mengurangi kekuatan pompa bensin untuk ke mesin. Sehingga apabila bensin sudah hampir habis sebaiknya diisi sebelum benar-benar kosong. Jika indikator bensin sudah mencapai batas bensin habis dan masih belum sempat mengisi bensin, maka jangan khawatir karena masih ada sedikit bensin cadangan di dalam tangki. Walaupun tidak dapat berjalan jauh namun setidaknya dapat menolongmu menuju SPBU terdekat.

Kelima hal tersebut adalah cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat motormu agar tidak cepat rusak. Sebab banyak sekali orang yang kurang peduli dengan motornya sehingga motor tidak dapat bekerja dengan maksimal dan lebih cepat rusak dibandingkan dengan yang lainnya. Maka dari itu rawatlah motormu dengan cara sederhana tersebut agar kualitasnya terjaga dan motor pun menjadi lebih awet.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top