Kala melakukan aktivitas sehari-hari, kita harus menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit, apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Kebiasaan tersebut dapat membuat tubuh senantiasa prima dalam melakukan aktivitas. Tetapi masih banyak yang tidak peduli atau tak melakukan pola hidup sehat sehingga berdampak negatif terhadap kesehatannya. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh? Kamu dapat memulainya darikebiasaan kecil berikut ini.

1. Berolahraga secara rutin.

Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah terserang berbagai penyakit, selain itu juga membuat badan kita merasa lebih bugar. Cobalah untuk berolahraga 30 menit setiap harinya, atau lakukan semampunya saja, dari pada tidak berolahraga sama sekali.

2. Tidur yang cukup.

Begadang sudah menjadi kebiasaanbanyak orang, apalagi seorang siswa atau mahasiswa. Padahal begadang membuat kita sangat mudah terserang penyakit, begadang juga dapat mengganggu konsentrasi dan kinerja pada otak. Oleh karena itu biasakan untuk tidur cukup 7-9 jam dalam sehari. Tidur cukup dapat membantu menjaga kesehatan dan menjaga badan merasa lebih bugar seharian.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat.

Tubuh kita memerlukan makanan yang mengandung vitamin, nutrisi, mineral, serta berbagai antioksidan yang cukup agar badan tetap fit dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit.

4. Hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Bahan kimia yang terkandung di dalam rokok bukan hanya merusak organ dalam tubuh, namun juga membuat tubuh lebih berpotensi terkena penyakit serius. Di samping itu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hati dan kanker. Bukan itu saja, sel-sel saraf juga akan mati. Oleh karena itu akan lebih baik jikakamu tidak melakukan kedua kebiasaan buruk tersebut.

5. Kelola stres dengan baik.

Kamuharus mengelola stres dengan baik. Jika tidak maka dapat memicu adanya hormon kortisol dalam jumlah besar dan sistem imun melemah, di situlah tubuh sangat mudah terserang penyakit.Guna mengolah stres kamu dapat melakukankegiatan yang positif, contohnya berolahraga, kumpul bersama teman, menikmati keindahan alam, dan masih banyak lagi.