×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
egshel pratama

12 April 2021 10:57

5 Tips menjaga kebersihan saat beribadah di masjid selama Ramadan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna mencegah penularan virus pada saat beribadah di masjid ketika bulan Ramadan..

5 Tips menjaga kebersihan saat beribadah di masjid selama Ramadan

0



Pada Ramadan 1443 Hijriah ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Bedanya tahun 2021 ini bulan Ramadan sudah memasuki era New Normal, yang mana tidak ada lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetapi tergantung dari kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing. Ada beberapa daerah di Indonesia yang masih menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di mana kegiatan masyarakat ada yang dibatasi.

Di beberapa daerah yang sudah aman, tempat ibadah seperti masjid dan musala sudah dibuka untuk kegiatan ibadah masyarakat pada Ramadan 1443 H ini. Namun mana tempat ibadah tersebut harus menerapkan protokol kesehatan yang kuat, tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Untuk itu ketika akan beribadah di masjid atau mushola kamu harus menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyebaran virus atau mencegah penyebaran virus ke orang lain. Berikut ini merupakan tips menjaga kebersihan ketika beribadah di masjid atau musala.

1. Mencuci tangan.

Kegiatan ini paling sering diimbau oleh Pemerintah sebagai cara pencegahan virus Corona karena dengan mencuci tangan bisa membunuh kuman yang ada di tangan. Selain itu ketika akan masuk masjid haruslah mencuci tangan dengan bersih. Begitu juga pada saat akan keluar dari masjid haruslah mencuci tangan karena apa yang kamu sentuh bisa saja ada kuman atau virus. Selain mencuci tangan kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman yang ada di tangan.

Loading...

2. Mandi ketika pulang dari masjid.

Setelah pulang dari masjid hendaklah mandi dengan bersih di rumah agar kuman atau virus yang menempel di tubuh menjadi mati. Jangan lupa untuk mengganti pakaian, kalau bisa langsung cuci agar kuman atau virus yang menempel tidak menyebar atau berkembang.

3. Membawa peralatan ibadah sendiri.

Untuk mencegah penyebaran kuman atau virus hendaklah membawa peralatan ibadah sendiri dari rumah dan tidak memakai peralatan ibadah yang disediakan karena belum tentu peralatan tersebut bersih dari virus atau kuman. Setelah pulang hendaklah bersihkan dan cuci peralatan ibadah tersebut, mulai dari sajadah, masker, dll.

4. Hindari berjabat tangan dan tetap menjaga jarak.

Pada saat selesai beribadah dan hendak pulang ke rumah, hindari berjabat tangan dengan jamaah lainnya karena bisa jadi berjabat tangan menjadi transmisi penyebaran kuman dan virus. Tetap jaga jarak antara jamaah lainnya, begitu pun ketika pulang.

5. Tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

Ketika beribadah di tempat umum kamu tetap harus mematuhi seluruh protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan aturan yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus.

Semoga ketika sudah menjaga kebersihan diri pada saat beribadah pada bulan Ramadan ini, kita dapat terhindar dari penyebaran virus Corona dan penyakit lainnya. Kita pun tetap bisa menjalankan ibadah Ramadan 1443 H ini dengan khusyuk.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

tarawih covid-19 pandemi corona bulan puasa
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top