Berikut ini 5 tips yang dapat kamu gunakan untuk membantumu mencegah PMS.

1. Konsumsi makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur-mayur (brokoli, kubis, asparagus dan aneka sayuran hijau lainnya) dan buah-buahan (pisang, apel, papaya, dan berry) dapat meningkatkan mineral yang memperlancar siklus hormon kamu. Untuk mengonsumsinya, bahan-bahan ini dapat diolah menjadi jus atau disajikan sebagai pelengkap menu makanan.

2. Konsumsi makanan kaya mineral, magnesium dan kalsium.

Beberapa bahan makanan yang banyak mengandung mineral antara lain kacang-kacangan, alpukat, dan sayur hijau. Bahan makanan tersebut merupakan sumber mineral magnesium yang penting dalam produksi serotonin dan dopamine. Hormon-hormon ini dapat membantu meringankan gejala sindrom pramenstruasi seperti sakit kepala, sakit pinggul, dan ketegangan.

3. Mengurangi konsumsi manis dan junk food

Menurut Smith dalam jurnalnya terkait Premenstrual Syndrome, konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, soda, alkohol, kopi, dan konsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan risiko PMS.

4. Konsumsi susu

Mengonsumsi susu secara teratur berguna untuk meningkatkan asupan kalsium dan seng yang berpengaruh pada keseimbangan hormon kamu.

5. Mengonsumsi suplemen magnesium sesuai rekomendasi dokter

Pemberian suplemen magnesium selama dua siklus menstruasi juga efektif untuk menurunkan gejala sakit kepala pada penderita sindrom pramenstruasi pada pertengahan siklus kedua. Pemberian suplemen magnesium yang dikombinasikan dengan vitamin B6 menunjukkan penurunan gejala sindrom pramenstruasi kelompok A (axiety), seperti rasa cemas, sensitif, saraf tegang, dan perasaan labil.

Dikutip dari Jurnal internasional Altern Complement Med, biasanya dokter merekomendasikan suplemen magnesium dosis ideal sebesar 400 mg per hari. Efek pemberian suplemen magnesium mulai terlihat setelah dua atau tiga bulan setelah pengobatan dimulai.