Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Photomarmar

10 September 2019 18:39

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

Jangan salah pilih ponsel ya..

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

0



Foto: https://pixabay.com/id/photos/smartphone-foto-telepon-mobile-623722/

Fotografi ponsel atau smartphone photography adalah fotografi yang fokus memotret dengan kamera ponsel. Kualitas kamera ponsel saat ini memang bisa dibilang hampir sama bagusnya dengan kamera DSLR. Bahkan peminat fotografi ponsel sudah banyak diminati oleh kaum milenial.

Selain mudah dan praktis, kamera ini memang sudah ada pada ponsel dan selalu dibawa ke mana saja. Saat ini semua ponsel sudah difasilitasi dengan kamera yang sangat bagus, sehingga banyak pilihan yang membuat bingung ingin membeli ponsel mana yang mempunyai kamera bagus. Buat kamu yang masih bingung memilih kamera ponsel seperti apa untuk hobi fotografimu, sebaiknya baca 5 tips di bawah ini.

1. Belilah ponsel sesuai budget dan kebutuhan.

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

Foto: https://pixabay.com/id/photos/smartphone-cellphone-1894723/

Loading...

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli ponsel dengan kamera yang mumpuni adalah sesuaikan dengan isi kantongmu. Tidak perlu membeli ponsel mahal karena semua kamera pada ponsel sudah sama bagusnya.

Dan sesuaikan juga untuk kebutuhan apa kamu membeli ponsel dengan kamera yang bagus. Misal apakah untuk fotografi, videografi, vlogging, dll. Jika sudah tahu untuk apa, jangan lupa memperhatikan spesifikasi ponsel yang ingin kamu beli agar kamu tahu bagaimana performa dan kualitas ponsel yang ingin kamu beli.

2. Jika perlu, pilih kamera ponsel dengan resolusi tinggi.

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

Foto: https://pixabay.com/id/photos/smartphone-wajah-wanita-mata-1445448/

Kenapa resolusi tinggi itu penting? Karena dengan resolusi tinggi, foto yang akan kamu dapatkan akan lebih detail dan tajam. Dengan resolusi tinggi, kamu bisa mencetak hasil fotonya dengan ukuran yang lebih besar dan tidak pecah. Namun, kekurangannya adalah kapasitas file foto kamu juga lebih besar sehingga mungkin bisa membuat memory card kamu bisa cepat penuh.

3. Jangan tertipu dengan megapixel.

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

Foto: https://pixabay.com/id/photos/dewasa-kamera-kenikmatan-fokus-1869430/

Bagi orang awam yang belum mengerti apa itu megapixel, pasti mengira bahwa semakin besar megapixel pada kamera akan membuat hasil foto lebih bagus. Itu salah besar, sama seperti pada poin kedua, besarnya megapixel pada kamera hanya untuk mempertajam gambar digital dan seberapa besar ukuran foto bisa dicetak. Semakin besar megapixel semakin besar juga ukuran foto bisa dicetak.

Jadi, jika kamu terpengaruh dengan kamera ponsel yang mempunyai 24 megapixel itu tidak akan memengaruhi bagus tidaknya foto kamu. Jika hanya untuk konten instagram atau sosial media lainnya, kamu tidak perlu megapixel besar kok.

4. Buat kamu yang suka memotret long eksposure, kamera ponsel dengan mode manual bisa jadi daftar pilihanmu.

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

Foto: https://pixabay.com/id/photos/light-trail-nightscape-long-exposure-2138810/

Produsen smartphone tidak hanya membuat kualitas gambar pada kamera ponsel semakin bagus, namun juga sudah dibekali berbagai macam mode kamera, salah satunya adalah mode manual. Mode ini biasanya ada pada kamera DSLR untuk membuat fotografer lebih leluasa mengambil gambar sesuai keinginannya.

Dengan adanya mode manual pada kamera ponsel, kamu bisa mengatur ISO dan shutter speed sesuai dengan yang kamu inginkan, seperti memotret long eksposure.

5. Yang penting kuasai, kenali, dan pelajari semua fasilitas yang ada pada kamera ponsel kamu.

5 Tips bijak memilih smartphone untuk penghobi fotografi ponsel

Foto: https://pixabay.com/id/photos/telepon-fotografi-kamera-mobile-802125/

Hal yang paling penting adalah bagaimana kamu bisa memahami cara kerja kamera pada ponsel yang kamu miliki. Pelajari juga mode-mode yang ada pada kamera kamu dan gunakan sesuai kebutuhan. Maka dari itu, membaca spesifikasi ponsel sebelum membelinya adalah hal wajib. Karena kamu jadi tahu ponsel seperti apa yang ingin kamu miliki dan kamu butuhkan.

Itulah 5 tips dasar dalam membeli ponsel untuk kebutuhan fotografi ponsel. Perlu diingat, walaupun ponsel saat ini mempunyai kamera yang sangat mumpuni, kamu juga harus sadar bahwa kegunaan utama pada ponsel bukanlah untuk fotografi, namun alat untuk berkomunikasi.

Kamu tidak perlu membeli ponsel dengan harga selangit jika hanya untuk mengincar kameranya saja. Lebih baik membeli kamera DSLR karena secara kualitas kamera DSLR belum ada yang menandingi. Seperti kata Darwis Triadi, fotografi bukan tentang alat, tapi tentang cahaya”.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat dan teruslah berkarya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Gadget Smartphone Fotografi Trend Milenial
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top