×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Harry Rezqiano

10 Juni 2020 09:52

5 Tips agar tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas

Istirahat yang cukup merupakan keharusan untuk tubuh manusia. Tidur di malam hari dengan berkualitas adalah keharusan jika ingin hidup sehat..

5 Tips agar tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas

0



Kamu doyan begadang hingga larut malam? Baiknya kamu jangan begadang jika tiada gunanya. Secara siklus tubuh, idealnya manusia harus menggunakan 8 jam dari 24 jam yang ada untuk beristirahat alias tidur. Hal ini untuk menjaga keseimbangan tubuh agar selalu dalam kondisi fit.

Tapi saya (dan mungkin juga kamu) sering kali mengalami kondisi di mana mata sulit banget untuk terpejam. Bahkan saat situasi tubuh lelah sekalipun. Ini menjengkelkan dan tidak sehat untuk tubuh. Sehingga suka nggak suka saya harus mencari cara agar tubuh bisa mengalami istirahat lewat tidur yang nyenyak setiap hari. Hal ini demi kualitas hidup dan tubuh agar dapat menjalankan berbagai aktivitas selama sisa 16 jam dari 24 jam dalam sehari semalam.

Dengan mesin pencari Google kamu bisa mencoba mencari caranya lewat intenet. Ketik saja “cara agar tidur nyenyak”. Tidur merupakan kegiatan dengan dua sisi berseberangan. Terlalu sedikit durasi saat tidur? Kamu bakal uring-uringan, jadi sensitif, mudah emosi/marah, dan tubuh terasa tegang jauh dari situasi rileks. Dan kalau kebanyakan tidur sama saja nggak bagusnya. Kepala akan terasa sakit, tubuh lemas, dan seseorang akan jadi malas melakukan aktivitas apa pun karena tubuhnya terasa sakit dan tidak fit. Sehingga mau tidak mau seseorang harus mendapatkan istirahat tidur yang ideal, tidak terlalu lama dan jelas tidak boleh terlalu sedikit.

Salah satu artikel dalam domino.com menyebutkan soal kebiasaan yang dilakukan sebelum dan saat tidur malam akan berpengaruh pada kualitas istirahat seseorang. Beberapa orang atau pendapat menyarankan penggunaan bahan kimia / obat untuk membantu seseorang agar dapat tidur nyenyak, tapi sebaiknya hal itu dihindari saja karena tanpa pendekatan obat-obatan seseorang dapat mendapatkan tidur malam berkualitas dan cukup agar keesokan harinya dapat beraktivitas dengan tubuh bugar. Seperti apa saja trik agar seseorang dapat istirahat tidur di malam hari secara berkualitas?

1. Memakai penutup mata.

Loading...

5 Tips agar tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas

Foto: CatchUpNews.Org

Mungkin kamu pernah melihat benda seperti ini di film atau sinetron Barat karena kebanyakan penggunanya memang orang sana. Benda dari kain ini praktis akan ‘memaksa’ seseorang agar terlelap dalam kegelapan yang dihasilkan. Penutup mata juga sering berguna di dalam perjalanan panjang (seperti misalnya naik bus) agar tubuh bisa beristirahat. Pilihlah bahan yang empuk dan nyaman agar penutup mata tidak terasa sebagai beban di wajah sehingga malah mengganggu kenyamanan tidur.

2. Menjaga suhu kamar agar nyaman.

5 Tips agar tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas

Foto: Crown Power Australia

Berhubung kita di negara tropis yang suhunya relatif panas, kamar dengan suhu udara sejuk sepertinya ideal untuk menciptakan situasi tidur nyenyak. Tidak harus menggunakan AC (walau kalau ada sepertinya lebih oke) karena kipas angin dan ruangan dengan sirkulasi udara bagus / tidak sumpek akan membantu menciptakan suasana nyaman untuk tidur. Pastikan kamu tidak jadi masuk angin atau bangun dengan perut kembung keesokan hari karena suhu kamar yang terlalu dingin.

Penggunaan selimut di ruangan ber-AC disarankan untuk menciptakan kehangatan agar tubuh dapat memasuki fase istirahat. Jangan sampai berkeringat karena tubuh berkeringat jelas tidak akan menciptakan situasi tidur nyenyak.

3. Putar musik lembut atau suara efek alam.

Beberapa orang lebih mudah tertidur karena mendengar musik slow yang santai. Ada juga yang langsung terlelap karena mendengar suara deburan ombak di pantai atau derasnya air hujan. Secara sains hal ini sudah pernah diteliti dan dikatakan kalau suara ‘ambient & white noise’ memang akan membantu proses seseorang agar terlelap dalam tidur. Harus diperhatikan suara seperti apa yang diputar, ya. Suara kicau burung di pagi hari sepertinya bukan suara yang akan membantu seseorang tidur nyenyak.

4. Jauhi elektronik seperti handphone, video game, atau tablet.

5 Tips agar tidur malam lebih nyenyak dan berkualitas

Foto: Engadget

Rasanya semua orang memainkan gadget mereka sebelum pergi tidur. Saya juga begitu. Kamu mungkin sama. Tidak memainkan perangkat elektronik sebelum tidur tidak mudah untuk dilakukan, namun dengan displin diri kuat itu bisa saja dilakukan.

Kamu bisa mengatur jam berapa harus berhenti memegang benda seperti handphone sebelum mulai memejamkan mata. Hanya perlu mengingat kalau kamu butuh istirahat cukup dengan tidur selama 8 jam. Memainkan handphone akan memangkas durasi itu tanpa kamu sadari.

5. Minum minuman yang memancing rasa rileks untuk tubuh.

 

minum Arek Socha dari Pixabay

Foto: Arek Socha dari Pixabay 

Walau dengan risiko terbangun dari tidur karena harus buang air kecil, meminum minuman seperti susu hangat atau teh herbal dapat menciptakan situasi tubuh yang rileks sehingga seseorang dapat tertidur dengan lelap. Air putih hangat juga disarankan karena berfungsi membantu ginjal memproses substansi yang seharian sudah masuk ke dalam tubuh.

Hindari meminum alkohol sebelum tidur karena akan menyebabkan mulut terasa kering serta kepala jadi sakit saat terbangun keesokan harinya. Air putih hangat jauh lebih baik ketimbang minuman beralkohol.

Kualitas tidur akan berpengaruh pada performa tubuh sehari-hari. Sehingga tidur nyenyak harus jadi tujuan saat beristirahat di malam hari. Jika kamu mengalami kesulitan tidur yang berkepanjangan maka disarankan untuk menemui dokter dan berkonsultasi untuk mendapatkan solusi terbaik. Have a good night sleep!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Tidur Istirahat Kesehatan Tips Trik
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top