×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rissa Arviana

30 April 2019 16:25

5 Tema ini jarang ditemukan dalam sinetron Indonesia

Jika diproduksi dalam bentuk sinetron sepertinya bakalan menarik nih..

5 Tema ini jarang ditemukan dalam sinetron Indonesia

0



 

Penggemar sinetron Indonesia atau sering menonton FTV, pasti kalian mengikuti perkembangan sinetron Indonesia. Antara sadar atau tidak, kalian merasa gak kalau tema dan cerita sinetron Indonesia dari dulu sampai sekarang tidak begitu berbeda.

Kalau kita sedikit mengikuti sinetron/ FTV, tema dan cerita yang sering kali kita temukan yaitu tentang kisah cinta (beda kasta, cinta SMA, perjodohan, sahabat jadi cinta), rumah tangga yang tidak harmonis (pelakor, ibu tiri yang jahat, anak diluar nikah), rebutan warisan, kisah hidayah (orang jahat yang bertobat, karma, azab), juga kita bisa temukan beberapa yang ber-genre horror (indigo, jelangkung, dll) dan action.

Jika menonton sinetron/FTV, kalian pasti akan menemukan adegan-adegan khas yang sering muncul di sinetron/ FTV, seperti adegan amnesia akibat kecelakaan mobil, adegan sakit parah, adegan di mana tiba-tiba kembaran tokoh utama muncul, adegan di mana tokoh utamanya diceritakan meninggal dan ternyata masih hidup karena ditolong, tak ketinggalan pula adegan di mana tokoh wanitanya kepeleset trus ditangkap sama tokoh pria.

Meskipun seru, tapi terkadang kalian merasa bosan gak dengan beberapa stasiun televisi yang menayangkan sinetron/FTV dengan cerita serupa. Terkadang terbesit gak sih keinginan untuk menonton cerita dan tema yang lebih fresh dan jarang ditemukan di sinetron Indonesia?

1. Sinetron yang bertema profesi seseorang.

Loading...

dokter istimewa

Pernah gak sih kalian merasa bingung dengan profesi seseorang dan terbesit di pikiran sebuah pertanyaan polos "Itu orang kerjanya ngapain aja ya, kok kayanya enak banget kerjanya?". Terkadang kita sekolah tinggi dan memilih jurusan tapi terkadang ujungnya bingung mau kerja di mana dan jadi apa. Pernah gak sih terpikir ada sebuah lubang yang besar di pikiran kita ketika kita memikirkan tentang impian atau cita-cita, seakan-akan kita tak bisa menggambarkannya dalam imajinasi kita, dan rasanya kosong. Tidak semua orang seperti itu, tapi ada beberapa yang mengalami itu. Beruntunglah bagi orang yang memiliki keluarga yang bisa menjadi panutan positif dan bisa bercerita tentang profesinya, sehingga sobat terinspirasi dan ingin menjadi seperti dia suatu hari nanti.

Terkadang ada juga banyak yang terinspirasi dari public figure atau tokoh yang terkenal ketika memikirkan tentang impian/cita-cita. Tapi itu dulu, mungkin sekarang lebih mudah karena teknologi canggih. Anak muda bisa mengakses informasi apapun dan kapan pun di mana saja, termasuk untuk mencari tahu tentang impian dan mungkin apa yang ingin mereka kerjakan ketika mereka dewasa.

Nah, salah satu media yang bisa menginspirasi anak muda tentang cita-cita dan impian salah satunya lewat media televisi, salah satunya lewat sinetron /FTV yang banyak digandrungi dan diminati anak muda. Pernah gak terbesit di pikiran kalian tentang sinetron yang bercerita tentang profesi seseorang. Mungkin ide ini sudah pernah ada dan sudah ada sinetron yang bercerita tentang profesi, tapi tidak banyak dan sebagian besar menonjolkan hal lainnya seperti kisah cintanya saja.

jaksa yang ganteng di drama

Seru gak sih kalau ada sinetron yang bercerita misalnya tentang polisi atau detektif. Gimana sih cara menangkap penjahat yang benar ala polisi? Atau menceritakan profesi reporter, bagaimana perjuangan reporter dalam segala kondisi menerjang badai mencari berita, mengolahnya, dan sampai diterbitkan. Atau menceritakan tentang ahli pangan misal R&D produk pangan, gimana sih perjuangan mereka dari mengolah bahan mentah sampai jadi produk pangan? Atau menceritakan tentang profesi ahli agroteknologi, misalnya membuat pupuk atau obat anti hama yang ampuh untuk kemajuan pertanian, dll.

jurnalis

Yang pasti cerita itu bisa dibumbui dengan kisah cinta atau adegan action, atau apapun dan juga ditambah dengan kemampuan akting aktor/aktris Indonesia yang pastinya dapat membuat anak muda terinspirasi tentang profesi seseorang dan membudidayakan kecintaan kita terhadap sebuah profesi. Kali aja suatu hari nanti sinetron Indonesia bisa punya tokoh misalnya tokoh petani modern yang digambarkan ganteng dan smart dalam sinetron.

 

2. Sinetron yang memiliki latar/setting zaman dahulu.

sinetron kolosal

Indonesia adalah negara yang kaya akan nilai historisnya. Mulai dari sejarah kerajaan-kerajaan besar zaman dahulu, era kolonialisasi bangsa asing di Indonesia yang panjang dan penuh perjuangan, era kemerdekaan, orde lama dan orde baru, era reformasi, era globalisasi  dan era digital. Setiap zaman/era memiliki cerita dan latar masing-masing. Seru gak sih kalau kita bisa menonton sinetron dengan latar / setting zaman dulu, kehidupan masa lampau yang dihidupkan kembali lewat cerita dalam sinetron.

Beberapa sinetron lama yang memiliki latar/setting zaman dahulu yang pernah tayang yaitu cerita tentang pendekar Wiro Sableng dan cerita tentang Si Buta dari Gua Hantu. Dari sinetron itu kita jadi bisa melihat penggambaran kehidupan pendekar zaman kerajaan dulu. Cerita yang memiliki latar/setting zaman dahulu sering kita temukan di film layar lebar, seperti yang baru-baru ini cerita Wiro Sableng diangkat ke layar lebar, Di Balik 98 (2015), Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013), Habibie & Ainun (2012), dll.

fashion berbagai era di sinetron dan film

Sekarang ini sudah jarang sinetron yang memiliki cerita dengan latar/setting zaman dahulu. Padahal banyak hal yang menarik yang bisa ditampilkan dengan latar/setting zaman dahulu seperti trend fashion dan gaya berpakaian khas suatu zaman, menampilkan latar tempat yang unik dan klasik khas suatu masa misalnya Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Perkampungan Melayu, bangunan bersejarah, dan tempat unik serta cerita kehidupan menarik lainnya. Kalau menonton drama Korea, kalian bisa menemukan drama yang memiliki latar/setting zaman dahulu seperti Reply 1988, Love in the Moonlight, The Moon That Embraces The Sun, Ruler of The Mask, pengen donk melihat sinetron Indonesia juga memiliki cerita yang unik seperti drama Korea.

 

3. Sinetron yang mempresentasikan pesona alam dan spot-spot unik di Indonesia.

pesona alam indonesia

Kita semua tahu kalau Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki keindahan alam yang memesona dari dasar laut hingga puncak gunung tertinggi. Selain pesona alam, Indonesia juga memiliki bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang berdiri megah dan indah. Sayang sekali kalau surga dunia ini tidak kita manfaatkan dan gali potensinya, salah satunya sebagai latar tempat lokasi syuting sinetron. Sebagai latar tempat suatu sinetron, selain mempercantik, kita juga bisa memperkenalkan potensi pariwisata alam di Indonesia lewat penggambaran dalam sinetron itu. Tengok saja drama Korea, kita jadi bisa mengenal beberapa tempat wisata terkenal di Korea dari beberapa drama Korea seperti N Seoul Tower, Jeju Island, Nami Island, pantai Joomoonjin, Cheonggyecheon, kota Taebaek, istana-istana dan desa tradisional khas Korea.

Keindahan alam Indonesia banyak ditampilkan di beberapa film layar lebar di Indonesia, tapi untuk sinetron cukup jarang yang menampilkan keindahan alam Indonesia. Padahal kita lebih sering menonton televisi daripada bioskop dan juga sinetron memiliki durasi episode yang lebih panjang dibandingkan film. Indonesia juga memiliki tempat-tempat yang romantis di berbagai kota di Indonesia, sebut saja pantai di Bali, candi-candi dan wisata alam di Yogyakarta, dataran tinggi Bandung, keindahan bawah air Lombok.

Keren banget kalau keindahan alam Indonesia bisa digambarkan dengan apik lewat sinetron Indonesia. Kali aja suatu hari kita bisa membuat sinetron seperti film Jurassic Park yang diadaptasi dari binatang eksotis Indonesia, yaitu Komodo. Why not? Nothing is Impossible.

 

4. Sinetron bergenre action yang kental misteri.

detektif

Tokoh-tokoh detektif sudah sering kita tonton dalam beberapa film luar negeri seperti Detektif Conan, Sherlock Holmes, L. Beberapa drama Korea juga sudah banyak yang mengusung tema detektif seperti You're All Surrounded, Sensory Couple, Two Cops, Signal, I Remember You, dll. Di Indonesia jarang ada sinetron yang bertemakan detektif, kebanyakan sinetron Indonesia bertemakan romance, horror, cerita hidayah, komedi romantis. Film layar lebar Indonesia juga jarang yang mengusung tema detektif. Jadi penasaran dan pengen melihat sinetron Indonesia  bertemakan detektif. Penasaran juga kan pengen lihat acting aktor dan artis Indonesia memerankan peran sebagai seorang detektif? Semoga aja ke depannya sinetron Indonesia bisa mengusung tema detektif. Pasti seru guys, kami nantikan tokoh detektif versi Indonesia.

 

5. Sinetron yang bertemakan time travel alias perjalanan waktu.

tema time travel

Kalian pernah menonton kisah anime Inuyasha? Kisah Kagome, seorang siswi SMU yang tidak sengaja tertarik masuk ke dimensi lain setelah terjatuh di sumur tua di kuil milik keluarganya, tempat di mana ia bertemu dengan siluman anjing setengah manusia, yaitu Inuyasha. Cerita anime tersebut menggabungkan cerita mitos dan masa kini. Kisahnya jadi unik dan menarik untuk diikuti. Drama Korea juga banyak yang mengusung tema time travel yaitu Rooftop Prince (2012), God's Gift: 14 Days (2014), Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016), Hit the Top (2017), Somehow 18 (2017), Live Up to Your Name (2017) dll.

Indonesia juga pernah memiliki sinetron bertemakan time travel salah satunya sinetron Ramadhan Lorong Waktu (1999-2006). Film Indonesia juga pernah memiliki tema time travel salah satunya film 7 Hari Menembus Waktu (2015). Tema tentang perjalanan waktu sangat menarik dan juga penuh fantasi. Indonesia memiliki beragam cerita mitos / cerita legenda rakyat di berbagai daerah, mungkin suatu hari kita bisa melihat sinetron yang bertemakan time travel dengan kisah romance yang berbeda dari biasanya. Mungkin suatu hari kita bisa melihat sinetron yang bertemakan cerita mitos /cerita legenda rakyat tapi ada sentuhan time travelnya. Dengan tangan dingin para sineas muda Indonesia, tidak mustahil kalau cerita itu bisa jadi menarik dan dinanti-nantikan penonton Indonesia. Nothing is impossible guys.

 

Sudah saatnya sinetron Indonesia bisa sekelas film layar lebar, dan juga sudah saatnya sinetron Indonesia bisa lebih digemari anak muda Indonesia dibandingkan drama Korea. Aktris dan aktor sinetron Indonesia pun juga memiliki visual yang cantik dan tampan, kualitas akting artis pendatang baru juga gak kalah dari akting artis senior dan juga artis luar negeri.

Sineas muda Indonesia juga banyak dan karyanya banyak diakui dunia. Semoga tema cerita sinetron Indonesia bisa bervariasi dan lebih menarik, visualnya lebih keren lagi dan soundtrack-nya juga makin bagus sehingga sinetron itu bisa lebih hidup lagi. Hidup sinetron Indonesia, semoga tambah keren ke depannya. I love sinetron Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#sinetron #FTV #imajinasi #temadanidecerita #antimainstream
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top