×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ulyaiyaiyaiyaa Aja

11 April 2021 09:49

5 Persiapan fisik sekaligus mental menyambut bulan suci Ramadan

Ramadan selalu punya cerita menarik setiap tahunnya..

5 Persiapan fisik sekaligus mental menyambut bulan suci Ramadan

0



Semerbak keharuman bulan Ramadan semakin tercium. Tinggal hitungan jari kita semua akan menemui bulan yang penuh berkah, penuh ampunan dan tentunya penuh keceriaan.

Nah, alangkah baiknya kita mempersiapkan fisik sekaligus mental supaya benar-benar merasakan kenikmatan luar biasa dalam memaksimalkan beribadah khususnya di bulan Ramadan. Karena "Ramadan adalah bulan yang penuh akan obral", entah obral pahala, ampunan, rezeki, dan masih banyak lagi.

Nah, penulis punya tips dan trik supaya kamu bisa melaksanakan Ramadan dengan penuh antusias tanpa beban.

1. Perbaiki niat. 

Hal pertama yang paling mendasar dan tentunya penting banget adalah perkuat niat. Mengapa demikian? Karena niat adalah awal mula dari segala perbuatan yang terjadi. Secara gampangnya, niat adalah jalan menuju keinginan yang hendak dicapai, maka tentu harus ada upaya yang gigih dan tekad yang kuat.

Loading...

Lalu, jika hanya berkeinginan saja tanpa didasarkan upaya dan tekad yang kuat, bagaimana? Apakah masih pantas untuk dikatakan sudah berniat?

Jawabannya adalah berbeda. Itu ialah iradah, yaitu keinginan tanpa didasari tekad yang kuat. Hanya sebatas omongan saja, ingin ini dan itu.

Jadi dengan niat yang sungguh-sungguh serta diiringi tekad yang kuat, artinya bukan hanya suatu keinginan yang pernah terbesit (iradah) maka pasti apa yang kamu inginkan tersebut terwujud. Jika pun tidak, berarti ada faktor kesalahan yang kamu perbuat sehingga menjadi penyebab tidak terwujud (Allah punya kehendak lain).

2. Meningkatkan kesehatan dan menjaga agar tubuh tetap fit. 

Kesehatan tubuh sangatlah penting, terlebih menjaga diri dari tidak memakan makanan yang dapat menyebabkan ketergantungan di waktu usia tua. Maksudnya, dampak yang akan dirasakan ialah nanti ketika umur seseorang  mencapai 40 tahun ke atas. Apa yang kamu makan hari ini menjadi penentu kesehatanmu di hari tua.

Wajar sekali jika anak muda belum bisa mengontrol kebiasaan buruk ini, namun setelah kamu baca artikel ini diharapkan untuk mencoba mempraktikkannya. Yuk sama-sama saling berikhtiar menuju kehidupan yang lebih sehat serta bermanfaat. 

3. Olahraga dengan membersihkan rumah. 

Olahraga menurut penulis sendiri pun terasa berat. Justru itu kamu harus berinovasi dengan tetap berolahraga namun juga bermanfaat.

Misalnya dengan membersihkan rumah. Di samping berkeringat karena gerakan atau aktivitas yang kamu lakukan, di sisi lain rumah juga menjadi lebih bersih, rapi, nyaman dan asri,.

Jadi kalau nanti kamu malas berolahraga, bisa nih ganti metodenya menjadi bersih-bersih rumah. Jangan lupa sekaligus niati untuk merekreasikan diri dengan berolahraga. Tujuan dari olahraga untuk menggerakkan otot-otot yang kaku supaya kembali renggang, mengatur pernapasan, memperlancar peredaran darah dan lain sebagainya.

4. Atur jadwal. 

Berpuasa kadang kala menjadi sebuah alasan untuk tidak bermalas-malasan. Kamu dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan, terkhusus di bulan suci ini pahala kebaikan mendapat nilai dobel. Lantas pilihan untuk bermalas-malasan merupakan suatu kerugian yang amat jelas.

Agar kegiatanmu berjalan dengan lancar, maka haruslah mulai merancang kegiatan yang bakalan kamu lakukan.

5. Rancang target. 

Supaya kegiatan berjalan lancar dan maksimal, tentukanlah target harian bahkan mingguannya. Misal kegiatan tadarus Alquran, targetkan minimal sehari bisa menyelesaikan 1 juz dengan cara rutin menyempatkan membaca Alquran sebelum/sehabis salat fardhu.

Buatlah daftar kegiatan apa saja yang perlu kamu targetkan. Lalu centanglah setelah selesai melakukan karena keberhasilan seseorang pun berangkatnya dari keteladan hal-hal kecil. Selepas itu mari bersama-sama ucapkan, Alhamdulillah. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga Ramadan kamu kali ini terasa nikmat dan seru. 

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top