Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
DwiS

19 Juli 2019 12:28

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

Sering menggigil karena hawa dingin yang tak tertahankan? Ini cara hangatkan tubuhmu dengan minuman sehat yang bisa kamu racik sendiri di rumah..

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

0



Foto: pixabay/appledeng

Meskipun kita tinggal di daerah tropis yang hangat seperti di Indonesia, ada saat-saat tertentu kita tetap merasakan cuaca dingin yang rasanya kadang menusuk tulang. Tak heran, banyak dari kita yang tidur malam hari pun mengenakan selimut tebal dan kaus kaki demi untuk tetap merasakan hangat.

Beberapa daerah di Indonesia juga sering kali mengalami suhu rendah sehingga cuaca terasa dingin. Apalagi kalau musim hujan, hawa terasa sejuk tapi kadang bikin kita menggigil kedinginan. Tak cukup mengenakan jaket atau sweater sebagai penghangat badan, ingin juga rasanya kita meminum atau memakan yang hangat-hangat ya, guys?

Nah, khusus untuk minuman hangat, tentunya bukan hanya yang mampu mengusir dingin. Kita pun butuh mengonsumsi minuman yang menyehatkan agar badan tidak gampang terserang penyakit. Apa saja sih minuman hangat sekaligus menyehatkan itu? Ini nih 5 diantaranya dan bisa kamu buat sendiri di rumah!

1. Teh hijau.

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

Loading...

Secangkir teh hijau hangat (Foto: pixabay/appledeng)

Minum secangkir teh hijau di saat cuaca sedang dingin-dinginnya adalah pilihan yang tepat buatmu. Teh hijau mengandung polifenol dan kafein yang mampu membuat suhu tubuh meningkat dan otomatis membantu mengurangi rasa dingin yang menyerang tubuhmu. Tidak perlu menambahkan terlalu banyak gula supaya lebih sehat. Kamu bisa meambahkan madu sebagai pengganti gula pasir. Madu mengandung zat antibakteri dan antijamur, mengatur kadar gula darah, dan mengandung antioksidan. Teh hijau dipercaya mampu menjaga berat badan karena kandungannya yang dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Cocok nih, buat kamu yang sedang diet!

2. Susu.

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

Segelas susu cair segar (Foto: pixabay/congerdesign)

Segelas susu hangat juga sangat pas untuk kamu yang perlu menghangatkan badan sekaligus ingin mendapat manfaat dari minuman sehat tersebut. Kita sudah tahu bahwa susu banyak mengandung gizi berupa vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti vitamin D, E, protein dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Susu kunyit (Golden milk).

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

Segelas golden milk berupa campuran susu dan kunyit (Foto: pixabay/Jessoraya)

Kalau bosan dengan susu putih biasa, kamu bisa mencampur susu putih dengan kunyit. Hasilnya, secangkir minuman hangat berwarna kuning lembut dengan rasa yang gurih.

Selain manfaat kandungan gizi dari susu yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, kunyit pun tak kalah mengandung zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Kunyit dikenal mengandung antiperadangan (anti-inflamasi) dan antibakteri. Selain itu yang tak kalah penting, kunyit mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau sistem imun, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat polusi, debu, asap.

Kulitmu pun akan tampak lebih sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti kunyit. Jika tak ingin repot memeras atau mengambil sarinya, campurkan saja segelas susu putih hangat dengan bubuk kunyit kemasan yang banyak dijual di supermarket.

4. Teh jahe + lemon + kayu manis + madu.

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

Bahan campuran jahe, lemon, kayu manis + madu (Foto: pixabay/dmcd7223)

Tidak perlu membeli minuman di luar saat cuaca terasa dingin. Kamu hanya perlu menyediakan keempat bahan seperti jahe, lemon segar, madu dan kayu manis di dapur kesayangan.
Buatlah sendiri minuman penghangat badan yang menyehatkan dan terjamin kebersihannya karena kamu yang meraciknya sendiri.

Seduh sedikit irisan jahe, sedikit perasan atau irisan lemon, sedikit madu, lalu tambahkan kayu manis dengan aromanya yang khas. Manfaat madu untuk tubuh sudah disebutkan di poin 1.

Jahe dengan rasa yang sedikit pedas memang sering menjadi bahan andalan minuman khas Indonesia. Jahe yang mengandung zat antiperadangan juga berkhasiat untuk meredakan mual, meredakan sakit kepala, melancarkan pencernaan, bahkan dapat membantu mencegah kanker jika dikonsumsi dengan rutin.

Lemon, mengandung vitamin C, serat, folat, kalsium yang tentu saja banyak manfaatnya untuk kesehatanmu. Sedangkan kayu manis, mengandung potassium, serat, kalsium ,vitamin C dan A, antiperadangan, bantu cegah penyakit alzheimer’s, dan mengatur gula darah dan cegah diabetes. Bubuk kayu manis banyak dijual di toko-toko bahan makanan dan supermarket.

5. Cuka apel + kayu manis.

5 Minuman sehat ini bisa menghangatkan badan saat cuaca dingin

Cuka apel ditambah kayu manis sebagai minuman hangat dan sehat (Foto: pixabay/wicherek)

Buat kamu nih, yang doyan minuman rasa agak asam dan segar, buat saja minuman sehat dari cuka apel campur kayu manis. Apple cider vinegar atau cuka apel dikenal memiliki zat yang berfungsi sebagai detoks yang mampu membersihkan hati (lever) juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, cuka apel bantu menjaga kesehatan tulangmu juga mengurangi bau napas tak sedap.

Usir rasa dingin di tubuhmu dengan meminum segelas air seduhan cuka apel ditambah kayu manis, akan membantu menghangatkan kembali tubuhmu yang menggigil kedinginan itu. Brrrr!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Minuman sehat Minuman hangat Cuaca dingin Teh hijau Minuman jahe
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top