Daun bidara atau ziziphus mauritiana tumbuh di daerah yang kering, namun tumbuhan ini tidak pernah layu dan bahkan semain lebat. Selain unik, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi manusia.Berikut ini 5 manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yangperlu kamu ketahui.

1. Merawat rambut rontok.

5 Manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh

Sumber : https://kabarwanita.id/cara-keramas-rambut-rontok/

Menggunakan shampoo anti rontok saja terkadang tidak cukup untuk mengatasi rambut rontok. Kamu bisa rawat rambutmudengan daun bidara untuk mengatasi kerontokan. Cukup rebus daun bidara dan teteskan pada rambut seperti penggunaan hair tonic. Atau kamu bisa campurkan air rebusannya dengan sampo agar lebih praktis.

2. Mengatasi keputihan.

5 Manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh

Sumber : https://kabarwanita.id/merawat-miss-v-tidak-keputihan/

Keputihan adalah masalah yang kerap terjadi pada sebagian besar wanita. Jika keputihan tersebut menyebabkan gatal di area intin akan menggangu aktivitas, bukan? Daun bidara memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri sehingga dapat mengurangi efek dari keputihan. Untuk penggunaanya kamu dapat mencampurkan air rendaman daun bidara untuk membersihkan area tersebut. Bisa juga digunakan untuk melawan jamur pada daerah tubuh lain.

3. Menjaga kesehatan lambung.

5 Manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh

Sumber: https://kapsulmetama.com/mengatasi-penyakit-asam-lambung/

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang selanjutnya untuk gangguan lambung. Rata-rata masyarakat Indonesia mengalami gangguan lambung atau maag karena pola makan yang kurang baik. Jika asam lambung naik cobalah untuk meminum jus daun bidara atau air rebusannya. Daun bidara bermanfaat untuk memelihara kesehatan lambung.

4. Mencegah diabetes.

5 Manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh

Sumber : https://lingshenyao.id/diabetes-dan-jantung-koroner/

Diabetes atau kencing manis biasa disebut ibu dari penyakit karena penyakit ini akan menyerang organ lain secara perlahan. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita mencegah penyakit tersebut. Daun bidara dapat meyeimbangkan gula darah dan menjaga imunitas sehingga kita dapat terhindar dari diabetes. Kamu bisa mengonsumsi daun bidara yang sudah dikeringkan secara langsung untuk manfaat yang lebih maksimal.

5. Mengobati wasir.

5 Manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh

Sumber : https://lingshenyao.id/kanker-anus/

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang terakhir adalah untuk menyembuhkan penyakit wasir atau abeien. Penyakit yang sangat menggangu saat aktivitas, terlebih ketika duduk ini bisa diatasi dengan daun bidara. Caranya kamu dapat meminum air rebusan air bidara atau dibuat jus. Untuk hasil yang masimal, kamu bisa tumbuk halus daun bidara dan bubuhkan pada wasir.

Nah, itu tadi manfaat dari daun bidara. Sesuai dengan penjelasan di atas, apabila kamu ingin mengonsumsinya kamu cukup merebusnya saja atau dengan kata lain mengonsumsi teh daun bidara.