×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Denis Okta Kurniawan

14 Maret 2022 15:18

5 Manfaat dari hobi memancing ikan, kreatif dan inovatif

Selain menyenangkan bagi sebagian orang, hobi memancing ikan juga punya manfaat tersendiri lho..

5 Manfaat dari hobi memancing ikan, kreatif dan inovatif

0



Bagi sebagian orang yang menyukai hobi memancing, kegiatan tersebut adalah hal yang sangat menyenangkan guna melepaskan penat setelah rutinitas seharian. Namun bagi orang yang kurang menyukai hobi ini, bisa jadi memancing adalah kegiatan yang membosankan dan membuang-buang waktu.

Meski begitu, apakah kamu sadar bahwa ternyata hobi memancing ikan memiliki manfaat yang luar biasa, lho. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Melatih kesabaran.

Poin pertama dan terpenting dari manfaat memancing adalah menguji kesabaran. Mengapa? Sebab dalam kegiatan memancing, kamu diharuskan untuk tetap sabar. Sabar di sini adalah mengerti bahwa kamu tidak bisa hanya melempar kail ikan sekali dua kali akan langsung mendapatkan hasil.

Para penghobi memancing ini rata-rata harus meluangkan waktu beberapa puluh menit, berjam-jam, hingga seharian untuk mendapatkan hasil. Meski memancing merupakan hobi maupun hanya sekadar kegiatan iseng, kamu perlu selalu menjaga keramahan dan senyum kepada sesama pemancing lain. Jadi, memancing pun tidak harus selalu mendapat hasil sesuai harapanmu. 

2. Berpikir kreatif.

Apakah kamu pernah mendengar kutipan kalimat dari Mark Zuckerberg yang berbunyi "Kesempurnaan akan datang jika kamu sudah memulai, kamu hanya perlu untuk memulai sekarang". Nah, kalimat tersebut bisa menggambarkan betapa kreatifnya para penghobi memancing.

Loading...

Bagaimana tidak, beberapa kali kamu mungkin melihat pemandangan aneh, receh, dan terkesan nyeleneh ketika seseorang sedang memancing. Seperti misalnya alat pancing yang bisa berdiri dengan diganjal memakai batu, pancingan yang ditinggal oleh pemiliknya pergi ke warung kopi, atau alat pancing yang tergeletak begitu saja. Kejadian tersebut biasanya terjadi ketika di tengah proses memancing, sang pemancing perlu mencari kamar mandi atau sedang melakukan kegiatan lain.

3. Mengetahui lokasi strategis.

Nggak bisa disanggah kalau terkadang pemancing mengetahui lokasi strategis di mana saja mereka bisa mendapatkan hasil pancingan yang sesuai. Dibantu dengan persiapan matang, mereka akan mengatur strategi memancing mulai dari waktu yang tepat, partner memancing, pakan, dan lokasi memancing.

Lokasi menjadi faktor terpenting dalam dunia memancing. Alasannya, jika salah memilih lokasi maka bisa dipastikan pemancing akan pulang tanpa hasil. Berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi memancing.

Pertama, menentukan apakah akan memancing di lokasi pemancingan, sungai, atau rawa. Kedua, misalnya menentukan titik lokasi di sungai. Sungai yang banyak ikannya berada di sela-sela bebatuan atau dekat aliran atau di mana? Ketiga, menentukan jarak lokasi memancing jauh atau dekat dengan rumah. Sebab jika memilih lokasi yang jauh dan kemungkinan hasilnya nihil, maka semuanya akan percuma. Kempat, ketika ingin memancing di sungai biasanya pemancing tahu nama-nama sungai yang sering menjadi tempat singgah mereka untuk mencari ikan. Kelima, mengetahui lokasi pemancingan yang biasanya banyak ikan pada jam dan waktu tertentu. Dan terakhir, pemancing biasanya menyesuaikan kapan waktu yang tepat untuk memancing antara pagi, siang, sore atau pada malam hari ketika suasana sunyi dan sepi. 

4. Memiliki banyak relasi.

Relasi adalah keuntungan selanjutnya yang dimiliki oleh pemancing. Saat memancing di tempat umum seperti di lokasi pemancingan, pemancing bisa mendapatkan teman dan relasi baru. Biasanya berawal dari pertanyaan kecil seperti "Dari mana Pak?" atau "Sudah dapat berapa nih?" atau "Wah, lumayan juga segini mah" atau "Pakai umpan apa pak?", hingga berlanjut menjadi obrolan panjang.

Pertanyaan tersebut baru muncul di satu lokasi. Belum lagi jika pemancing sedang berada di sungai, rawa, empang, atau bahkan mungkin di toko jual beli makanan hewan. Di sana biasanya mereka juga berjumpa dan saling bertukar gagasan mengenai dunia memancing.

5. Memiliki banyak ide dan inovasi.

Pemancing biasanya selalu memiliki akal dan ide cemerlang untuk terus berinovasi agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Banyak cara yang dilakukan oleh pemancing yang sudah ahli dalam dunia memancing. Mulai dari memodifikasi dan melakukan eksperimen pakan atau umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan.

Contoh pertama adalah umpan ikan yang murah meriah seperti pelet wangi, tepung salmon bakar, pelet wangi kroto, umpan cacing, mi instan, lumut, pelet, semut rang-rang, embug tanah, belalang, ulat sagu, capung, ulat daun pisang, ulat belimbing, laron, tahu, biskuit klik, dan tempe.

Contoh jenis umpan hasil inovasi dan eksperimen di antaranya kinoy dicampur dengan bawang putih, umpan tempe busuk dan terasi udang, mi instan dan tempe busuk, umpan roti dan cacing kering, umpan tempe penyet, regal dan kunyit, serta buah sawit dan tepung kanci.

Contoh kedua adalah mengetahui lebih jauh tentang peralatan yang digunakan untuk memancing. Di antaranya seperti, joran (tongkat pancing), lip grip (alat untuk mencabut kail dari mulut ikan), reel (penggulung senar), senar yang terbuat dari bahan khusus, kail (mengait mulut ikan), umpan, timah (membantu umpan agar tenggelam lebih dalam), pelampung (menjaga alat pancing tidak sepenuhnya tenggelam), dan yang terakhir adalah leader (mengurangi sentakan pada saat umpan disambar).

Itulah beberapa manfaat dari hobi memancing. Semoga bermanfaat!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Hobi Memancing Hiburan Refreshing Mancing Ikan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top