×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
MuhamadKhusairi Ulil

07 Juli 2020 15:45

5 Langkah mudah mengatasi AC yang tidak dingin

Tidak usah bingung, kamu bisa mencoba beberapa tips mengatasi AC yang tidak dingin berikut ini..

5 Langkah mudah mengatasi AC yang tidak dingin

0



Foto: Mustafa shehadeh dari Pixabay

Menanggulangi AC tidak dingin bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi bukan berarti tidak dapat dicoba. Seluruh orang dapat melaksanakan pekerjaan ini asalkan memiliki pengetahuan tentang AC yang cukup.

Terdapat banyak aspek yang menyebabkan AC rusak. Namun di sini penulis menyampaikan pemicu AC tidak dingin yang universal dan biasa terjalin di lapangan.

Cuaca yang panas ditambah terik matahari yang tidak bersahabat tentu membuat siapa pun merasa gerah dan ingin beristirahat di ruangan yang dingin. Namun jika AC tiba-tiba mati, bagaimana solusinya?

Berikut ini merupakan beberapa langkah mudah mengatasi AC (Air Conditioner) yang tidak dingin. 

1. Pengaturan remote AC. 

Loading...

Langkah pertama membuat AC dingin kembali yaitu dengan mengatur remote AC yang mungkin kurang sesuai. Jika kamu salah dalam mengatur modenya, udara yang keluar dari AC bisa saja tidak dingin. 

Pastikan mengatur remote AC pada mode auto atau cool. Sehingga hembusan udara akan sejuk dan jauh lebih kencang dari sebelumnya. 

2. Kapasitas pendingin AC tidak sesuai.

Kapasitas pendingin AC berbeda-beda, pastikan bahwa kamu membeli AC sesuai dengan besar ruangan. Jika tidak sesuai, maka AC tidak dingin dan sebaiknya pindahkan pada ruangan yang sesuai. 

AC dengan daya setengah PK cocok digunakan untuk ruangan berukuran 3x3 m2. Sedangkan AC dengan daya 2 PK cocok digunakan untuk ukuran ruangan 6x6 m2. 

3. Outdoor AC tidak hidup.

Salah satu penyebab AC tidak dingin dan hanya keluar angin karena outdoor AC tidak hidup. Untuk mengatasinya, kamu bisa cek arus listrik yang keluar dari indoor. Pastikan bawa kabel dalam keadaan bagus dan arus sampai di outdoor.

4. Freon AC kurang.

Cara memperbaiki AC tidak dingin karena freon AC kurang atau habis adalah kamu harus menambahkan atau mengisi freon. Jika freon sudah terisi, sebaiknya lakukan pengecekan kebocoran pada jalur pipa untuk mengetahui apakah ada kebocoran yang terjadi.

5. Kompresor rusak.

Ac rusak tidak dingin bisa disebabkan karena kompresor mengalami kerusakan. Kompresor berfungsi untuk mengatur sirkulasi freon dari AC outdoor ke indoor dan kembali lagi ke outdoor. Solusinya yaitu dengan mengganti kompresor yang baru. 

Cara mudah perbaikan AC (Air Conditioner) tidak dingin bisa kamu lakukan di rumah tanpa perlu memanggil tukang servis AC. Dengan melakukan pemeriksaan secara teliti, tentu kamu akan menemukan solusinya. 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Tips Tips teknologi Tip Tips Teknologi Teknology
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top