Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Owl

05 November 2017 10:00

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

Duh, jadi laper nih. .

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

0



Nah.. Kalian kalau jalan-jalan pasti kurang afdol kalau belum nyicipin kuliner nya. kali ini min Owl mau ajak kalian liat 5 Kuliner kalimantan selatan yang menurut min Owl bikin ketagihan, Siapa tau ada yang sependapat. heheh yuuk langsung aja..

SATE TULANG

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

wuiih namanya gimana gitu dengan kata "tulang", tapi tenang aja kawan walau sate ini namanya sate tulang bukan berarti sate nya terbuat dari tulang, melainkan sate ini terbuat dari bagian-bagian tubuh ayam yang tidak digunakan. Beberapa bagian itu antara lain leher ayam, kulit ayam, dan lemak-lemak ayam yang digiling. Setelah bagian-bagian tersebut tertancap rapi, sate tulang dibaluri dengan bumbu habang yang rasanya cenderung pedas dan sedikit manis.

Nah sate tulang ini adanya di Banjar masin lhoo kawan-kawan, dan sate tulang ini termasuk makanan primadona alias banyak diburu oleh pembeli. pasti penasaran kan kalian.. hehehe...

 

Loading...

KETUPAT KANDANGAN

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

Makanan berikut nya yaitu Ketupat Kandangan, Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Kalau biasanya ketupat disajikan bersama ayam atau daging, ketupat kandangan ini disajikan bersama ikan. Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan yang penuh bumbu. wuuiiih.. perut min Owl jadi lapar pemirsah.. hehehe..

 

SOTO BANJAR

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

Kalo di jakarta punya Soto Betawi, Di Banjarmasin punya Soto Banjar kawan. secara Banjarmasin adalah ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin mempunyai kuliner khas berupa soto yang sangat terkenal. Jika kalian datang ke Banjarmasin, kalian wajib deh harus dan kudu nyobain soto yang satu ini. Soto banjar berbeda dengan sajian soto di kota-kota lain. Soto asli Banjar terdiri dari banyak isian. Bukan cuma bihun dan suwiran ayam, tetapi juga ada telur rebus dan taburan bawang goreng.

Ayam yang digunakan untuk soto banjar adalah jenis ayam kampung. Selain ayam, bihun, dan telur, soto banjar juga disajikan bersama perkedel kentang. Jika selama ini soto lebih sering dihidangkan bersama nasi putih, beda halnya dengan cara penyajian soto banjar yang dilakukan bersama lontong atau ketupat. nah mantap kan.. makin lapar nih pastinya.

 

KELEPON MARTAPURA

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

Berikutnya adalah Jajanan yang sudah tidak asing lagi yaitu Kelepon bukan Telepon ya.. hehehe.. (Apaan sih min Gaje nya kumat). yaps, jika kalian lagi berada di Banjarmasin, maka bisa juga bertemu dengan kue kelepon, namanya kelepon martapura. Makanan khas kota Banjarmasin ini berasal dari kota Martapura. Tidak ada yang jauh beda dengan kelepon dari daerah lain, kelepon martapura juga akan pecah dan mengeluarkan gula merah ketika digigit.

Kalau kalian penasaran ingin mencobanya, beli dong nanti min Owl minta deh.. hehehe..

 

APAM BATIL

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

Sekilas mirip serabi ya.. tapi jangan salah dulu, Itu memang Surabi kok. Pada dasarnya Kue apam batil atau orang Banjar menyebutnya surabi adalah kue yang menjadi warisan nenek moyang suku Banjar. Apam batil biasanya dimakan dengan tangan alias bakucau dalam bahasa Banjar. Para wisatawan yang datang ke Banjarmasin untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga harus menjajal kue apam batil, terutama untuk mereka yang sudah mempunyai anak, dijamin anak-anak mereka akan menyukai kue khas Kalimantan Selatan ini. 

nah, Kue apam batil yang menurut sebagian penduduk Banjar berasal dari Hulu Sungai Selatan adalah kue yang terbuat dari tepung terigu. Kue apam atau apem batil mungkin tidak sepopuler kue donat atau bolu, tapi untuk rasanya boleh diadu, apalagi jika dimakan bersama kuah gula aren, akan double nikmatnya. Kue yang menjadi kesukaan anak-anak Banjar ini paling sering dimakan pagi hari atau oleh umat Muslim dijadikan menu berbuka puasa.

Enak kan ke-5 kuliner di atas. nah min Owl mau kasih bonus satu info jajanan khas kalimantan Yaitu

PENTOL

5 Kuliner khas Kalimantan Selatan ini dijamin bikin ketagihan

Bonus nya adalah Pentol, jajan khas kalimantan ini paling banyak kita temui di pasar, pinggir jalan,dan tepat wisata. yang biasa min Owl suka beli sih yang Pentol Goreng, oh iya Pentol sendiri ada berbagai macam, mulai dari yang direbus, bakar, dan di goreng. penasaran ya seperti apa rasanya.. untung min Owl udah nyobain semua jenis Pentol.. hehehe..

Oke, sampai disini dulu ya, lain kali kita sambung dengan artikel lainnya. see you bay bay.. dan selamat membaca..

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Kuliner Kalimantan Selatan Soto indonesia masakan jajanan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top