Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dhika Pradana Putra

11 Januari 2019 13:01

5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

Ginjal memegang peranan penting dalam tubuh kita. .

5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

0



Ginjal memegang peranan penting dalam tubuh kita. Tidak hanya sekadar jadi organ untuk menyaring kotoran dari darah, kedua ginjal kita juga berperan dalam membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, membuang kelebihan cairan dan mengontrol level dari segala mineral penting di dalam darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Betapa pentingnya peran kedua ginjal kita dalam menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik, membuat kita perlu menghindari aktivitas yang berpotensi mengancam kesehatan ginjal. Nah, apa saja nih aktivitas yang sebaiknya perlu kita pantau, agar tidak sampai mengganggu kesehatan ginjal kita? Berikut tips-tipsnya :

 

1.    Menahan Pipis
 5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

Kebiasaan menahan pipis ini sebaiknya jangan dilanjutkan deh mulai sekarang. Ketika kita merasa ingin kencing, yang terjadi di dalam tubuh adalah kandung kemih sudah mulai penuh dengan cairan. Semakin lama kita menahan pipis, ini artinya secara sadar kita sedang melawan sinyal yang diberikan kandung kemih kita untuk segera pipis. Semakin meregang kandung kemih kita, maka rasa tidak nyaman pun akan semakin terasa. Meskipun kandung kemih sebenarnya mampu meregang dan menampung urine hingga 1.000 ml, dalam beberapa kasus kandung kemih bisa pecah, dan untuk memperbaikinya butuh pembedahan khusus.

Menurut Dr. Bandukwala, menahan pipis terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. Ketika kita tidak mengosongkan kandung kemih kita yang sudah penuh dengan bakteri di dalamnya, maka akan semakin banyak bakteri yang menetap dan berkembang dalam kandung kemih. Kondisi inilah yang membuat orang yang menahan kencing lebih tinggi risikonya untuk mengalami infeksi saluran kemih.

Akan sangat membahayakan dan sangat tidak dianjurkan untuk menahan buang air kecil, jika kita memiliki kondisi berikut ini:

·                  Pembesaran prostat

·                  Gangguan pada kantung kemih

·                  Gangguan ginjal

·                  Retensi urine

·                  Wanita yang sedang hamil

2.    Duduk dalam jangka waktu terlalu lama

5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

Duduk dalam jangka waktu lama, misalnya lebih dari 8 jam sehari tanpa aktif berdiri dan bergerak dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal sampai 30%. Oleh karena itu, pastikan kamu tetap aktif bergerak saat sudah terlalu banyak duduk.

 

Duduk terlalu lama juga meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal. Seperti dilansir dari webmd, duduk terlalu lama menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol, dan masalah lainnya. Selain itu, pankreas juga dapat memproduksi insulin dalam jumlah lebih, yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

 

3.    Berolahraga secara berlebihan

5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

Berolahraga secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan Rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis adalah sebuah kondisi yang terjadi saat otot mengalami kerusakan. Kerusakan ini melepaskan pigmen mioglobin dari otot ke dalam darah. Ginjal dalam kondisi normal biasanya menyaring pigmen dari darah. Namun zat dari kerusakan otot dapat membahayakan ginjal karena menghalangi struktur penyaringannya. Terjadilah gagal ginjal sehingga ginjal mengeluarkan produk limbah beracun ke dalam darah.

 

4.    Suka begadang
 5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

Ini merupakan salah satu alasan kenapa istirahat cukup di malam hari itu penting banget, tak cuma untuk mental tapi juga untuk kesehatan ginjal. Jadwal tidur dan bangun kita punya andil dalam fungsi ginjal.  Para ahli di Brigman dan Women’s Hospital di Boston, Massachusetts, meneliti 4.000 orang selama  satu  dekade. Mereka menemukan bahwa mereka yang hanya tidur kurang dari lima jam, 65 persen cenderung  mengalami penurunan fungsi ginjal dibanding mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam. 

“Ini adalah penelitian pertama yang menjanjikan untuk menemukan bahwa tidur yang singkat berasosiasi dengan penurunan fungsi ginjal yang sangat drastis,” kata Dr. Ciaran Joseph McMullan pemimpin penelitian ini kepada Mirror. McMullan akan mempresentasikan hasil temuannya di sebuah pertemuan medis besar di San Diego. 

5.    Hobi minum minuman bersoda atau minuman kemasan


5 Kebiasaan supaya ginjal tetap sehat, wajib diperhatikan

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya konsumsi 1 gelas soda per hari dapat meningkatkan risiko batu ginjal sebanyak 23% dibandingkan orang yang mengonsumsi soda hanya 1 gelas per minggu. Risiko ini dilaporkan dapat meningkat seiring dengan bertambahnya porsi minuman soda yang Kita tenggak. Terlebih, risiko Kita bisa semakin meningkat apabila Kita memiliki riwayat keluarga serupa.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#kesehatan #ginjal #polahidup #gayahidup #menjagakesehatan
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top