×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ghani Vin

03 September 2021 09:35

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Bentuk yang sporty, elegan, dan performanya yang tinggi adalah identitas dari hyperbike..

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

0



Bagi para pencinta kecepatan, mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Untuk memacu adrenalin dalam kecepatan tinggi, tentu juga membutuhkan sepeda motor yang memiliki performa tinggi. Sepeda motor jenis superbike maupun hyperbike adalah pilihan yang tepat bagi para pencinta kecepatan dalam menyalurkan hobi berkendara dengan kecepatan tinggi.

Hyperbike adalah jenis sepeda motor sport yang memiliki kapasitas mesin 1000cc ke atas, yang menjadi pilihan para pencinta roda dua maupun pencinta kecepatan. Bentuknya yang sporty, elegan, dan performanya yang tinggi adalah identitas dari hyperbike.

Berikut ini beberapa hyperbike produksi massal yang sangat diminati oleh para pencinta kecepatan.

1. Suzuki Hayabusa.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Loading...

Sepeda motor lansiran Suzuki ini mulai diproduksi sejak tahun 1999 hingga saat ini. Sepeda motor ini pernah memegang rekor sepeda motor produksi massal tercepat di dunia pada 1999 dengan raihan kecepatan 320km/jam dalam kondisi standar pabrikan.

Namun demi keamanan berlalu-lintas, akhirnya pada tahun 2000 seluruh produsen sepeda motor dunia bersepakat membatasi kecepatan maksimal seluruh sepeda motor produksi massal di kecepatan 299km/jam. Meski demikian sebutan sebagai sepeda motor tercepat masih terus melekat di diri Hayabusa hingga saat ini.

Sepeda motor legenda ini mengusung mesin natural aspirated I-4 DOHC 1340cc dengan transmisi manual 6 percepatan. Mampu meletupkan tenaga sebesar 200hp/9600 rpm dan torsi 155nm/7200rpm, dengan berat bersih 260kg. Memakai sasis alumunium alloy twin-spar untuk menjamin rigiditas dan kestabilan sepeda motor ini.

2. Kawasaki H-2.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Sepeda motor saingan berat Hayabusa ini menjadi unik ketika Kawasaki menggunakan mesin ber-supercharger. Kawasaki memproduksi sepeda motor ini sejak 2015 hingga saat ini, dan menjadi sepeda motor yang sangat diminati. Menggunakan mesin forced induction 1-4 DOHC 998 cc dengan supercharger (tanpa intercooler) yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan quickshifter. Letupan power yang dapat diraih adalah 200hp/11000rpm dan torsi 134nm/10500rpm.

Sepeda motor ini memiliki berat 238kg dan memakai sasis tubular teralis baja yang terkenal lentur namun kuat dan stabil. Kawasaki mengklaim bahwa H-2 memiliki kecepatan puncak 299km/jam dengan limiter, dan 337km/jam saat limiter-nya dilepas. Luar biasa bukan?

3. KTM Superduke R.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Sepeda motor eksotis ini diproduksi KTM sejak 2014 hingga saat ini. Performa buas dan bentuknya yang sangat sporty menjadikan sepeda motor buatan Austria ini menjadi primadona kalangan muda pencinta kecepatan yang berkantong tebal.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Menggendong mesin LC-8V natural aspirated V-2 DOHC 1300cc dengan raihan power sebesar 180hp/unknown rpm dan torsi 140nm/unknown rpm, dan dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan quickshifter. Dengan tenaga dan torsi badak tersebut, sepeda motor ini mampu berakselerasi dari 0-100km/jam dalam waktu 2,7 detik saja dan topspeed 299km/jam (limiter). Menggunakan sasis tubular teralis baja khas KTM yang selalu berwarna jingga.

4. Ducati NCR M16.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Ducati tidak mau kalah memroduksi sepeda motor berperforma buas khas mesin legendaris Ducati, mesin Desmodromic. Desmodromic adalah sistem mekanisme katup tanpa per yang menjadi ciri khas mesin-mesin Ducati. NCR M16 adalah salah satu mahakarya Ducati dalam memproduksi sepeda motor berperforma buas, namun tetap elegan, mewah, dan eksklusif.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Bisa dikatakan bahwa NCR 16 ini adalah MotoGP yang legal dipakai di jalan raya, sebab banyak part dan teknologi motoGP disematkan di sepeda motor ini. Memiliki dapur pacu Desmo 16RR natural aspirated V-4 998cc Desmodromic yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan dry clutch dengan quickshifter. Memiliki tenaga puncak 200hp/13800rpm dan torsi 116nm/10500rpm dan memakai sasis serat karbon yang terkenal ringan, fleksibel namun kuat.

Dengan berat bersih yang hanya 145kg (lebih ringan daripada Yamaha R25 yang beratnya 166kg), sepeda motor ini diklaim mampu melaju hingga 320km/jam (tanpa limiter). Amazing!

5. FGR Midalu.

5 Hyperbike produksi massal bermesin buas, diminati pencinta kecepatan

Mungkin banyak yang tidak pernah mendengar nama produsen sepeda motor asal negara Ceko ini. FGR Midalu adalah sepeda motor produksi massal yang telah diproduksi sejak 2011 hingga sekarang, dan menjadi sepeda motor dengan kapasitas terbesar dan jumlah silinder terbanyak yang dijual bebas.

Sepeda motor ini memakai mesin natural aspirated V-6 2442cc DOHC 24 katup dengan transmisi manual 6 percepatan. Sepeda motor monster ini diklaim memiliki power sebesar 250hp/ unknown rpm dan torsi 200nm/unknown rpm. Bobot bersihnya 262kg dengan ditopang oleh sasis tubular teralis baja yang siap menjinakkan mesin buas tersebut.

Demikian lima hyperbike buas versi penulis. Semoga menambah wawasan kita mengenai dunia otomotif. Salam sehat!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

superbike
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top