Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Josephin Mei

11 Januari 2019 16:04

5 Hal yang perlu kamu miliki sebelum jadi atlet E-Sport Mobile Legends

Ingin terjun ke dunia E-Sport? Yuk pelajari 5 hal yang perlu kamu miliki sebagai calon atlet E-Sport Mobile Legends yang tangguh.

5 Hal yang perlu kamu miliki sebelum jadi atlet E-Sport Mobile Legends

0



moonton/mobile legends

Merasa diri cukup jago di bidang E-Sport? Ingin jadi atlet Mobile Legends ternama seperti RRQ Lemon atau Evos Jess No Limit? Para pencinta Mobile Legends, aplikasi game seru yang sering kamu mainkan ini ternyata merupakan satu dari sekian banyak game yang diakui keberadaan serta keistimewaannya.

Jika pada era 90'an, para pencinta game masih sering mendapat teguran keras dari orang tua, kini justru menjadi salah satu bakat yang dapat dijadikan karir loh. Ya, dulu dibenci, sekarang disayang. Kurang lebih, begitulah nasib para gamers dewasa ini. Meningkatnya teknologi komunikasi dan informasi serta menjamurnya game mobile di kalangan masyarakat, membuat setiap gamers memiliki wadah untuk berkembang di tengah masyarakat. Terjadinya perubahan cara pandang masyarakat terhadap para pencinta games dapat terlihat melalui hadirnya E-Sport sebagai salah satu cabang olahraga pada Asian Games 2018 lalu.

Meski bukan cabang olahraga utama, kehadiran E-Sport dalam pesta olahraga berskala internasional tersebut jelas memberikan angin segar bagi masa depan para gamers. Maka tak heran jika dalam beberapa tahun ke depan, para pencinta mobile game seperti Mobile Legends misalnya, akan bertambah dan persaingan pun tak bisa dihindarkan.

Nah, buat kamu kaum milenial pencinta Mobile Legends yang ingin jadi atlet E-Sport terbaik, ada 5 hal yang harus kamu miliki. 5 hal inilah yang menentukan apakah kamu betul-betul sudah pantas mendaku diri sebagai atlet E-Sport atau belum. Yuk disimak.

1. Sarana tak harus mahal, tapi cukup untuk memberikan kenyamanan dalam bermain.

photo: getsview.com

Sumber foto: getsview.com 

Hal pertama yang harus kamu miliki tentu saja sarana atau alat yang dapat digunakan untuk mendukung karirmu sebagai seorang mobile gamers. Sarana utama yang harus kamu miliki sebagai pemain Mobile Legends tentu saja adalah smartphone.

Smartphone yang kamu pakai untuk bermain tentu tak perlu berharga mahal. Kamu cukup punya smartphone dengan kapasitas yang dapat memberikan kenyamanan tanpa kendala teknis berarti. Smartphone yang sering error saat kamu membuka aplikasi Mobile Legends jelas hanya akan membuat performamu jadi kurang baik. Bayangkan saja jika smartphone-mu error di tengah permainan. Tentu akan membuat seluruh tim kesal dan bahkan bisa berujung pada pelaporan anggota tim terhadap kamu. 

Salah satu smartphone yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan adalah Honor 8X yang diluncurkan di Indonesia pada November 2018. Dengan Chip Kirin 710 dan GPU Turbo, Honor 8X jelas akan memberikan pengalaman nge-game seru yang super lancar. Meskipun dalam praktiknya aplikasi Mobile Legends sendiri sudah memberikan pilihan bagi para penggunanya untuk menentukan kualitas grafis yang diinginkan, namun tak dipungkiri bahwa kualitas grafis jelas menjadi salah satu bagian terpenting dalam kenyamanan bermain game ini.

Teknologi GPU Turbo yang digunakan oleh Honor 8X membuat pengalaman bermain game kamu menjadi lebih lancar meski dengan tingkat kualitas grafis yang tinggi. Kini, kamu gak perlu khawatir error ataupun lag saat bermain. Ditambah dengan daya penyimpanan tinggi serta layar yang cukup luas, Honor 8X jelas bisa menjadi pilihan smartphone gaming para milennial gamers yang budiman, bukan? 

 

2. Mobile Legends adalah game berbasis kerja sama, maka biasakanlah untuk tak egois.

Layaknya game pada umumnya, pemilihan karakter hero yang akan kita mainkan dalam Mobile Legends jelas menjadi hak kita 100%. Hanya saja, perlu diingat bahwa inti dari pertandingan Mobile Legends adalah kerjasama tim untuk mencapai kemenangan. Idealnya, setiap anggota tim harus memilih jenis hero yang dapat saling menopang dalam sebuah pertandingan.

Dalam pertandingan Mobile Legends terdapat beberapa jenis hero, yang disesuaikan dengan tugasnya masing-masing, yakni Tank, Fighter, Assassin, Support, Mage, dan Marksman. Dilihat dari perbedaan tugas di antara hero-hero ini, maka kemampuan bertahan hidupnya pun berbeda. Misalnya, kemampuan bertahan hidup hero tank saat mengalami penyergapan jelas akan lebih besar ketimbang hero Mage, Marksman, ataupun Assassin. Namun, damage yang diberikan oleh hero Tank sendiri tidaklah sebesar damage yang diberikan oleh seorang hero assassin, mage, ataupun fighter. Tank bertugas untuk menjaga ketiga jenis hero lainnya sampai ketiganya berada dalam level yang cukup untuk bertempur. Tank juga bertugas untuk menjadi inisiator pertempuran serta harus berada di depan dalam setiap pertempuran (war). 

Sementara itu, hero assassin dan marksman jelas merupakan hero late game yang diperlukan dalam mengalahkan musuh di akhir pertandingan. Semakin tinggi level seorang asassin, maka semakin besar pula kemampuannya untuk membunuh atau memberikan damage pada lawan.   

Karena alasan di atas, masing-masing jenis hero saling membutuhkan dan secara ideal, harus ada di setiap tim. Kebayang kan, jika semua anggota tim kita memilih hero Assassin? Kekalahan jelas akan ada di pihak kita. 

Bagi kamu yang berniat untuk menjadi atlet E-sport Mobile Legends, hal di atas perlu untuk dijadikan salah satu pertimbangan saat kita memilih hero dalam bertanding. Dengan kata lain, hindarilah sikap egois saat sedang memilih hero. 

 

3. Kuasai 3 atau 4 jenis hero dalam Mobile Legends.

Kamu tentu punya salah satu hero yang dijagokan. Namun, jika dalam suatu pertandingan, jenis hero yang biasa digunakan telah terlebih dahulu dipilih oleh salah satu anggota tim, maka gak ada salahnya kita memilih jenis hero lainnya. Misalnya saja, kamu pemain Tigreal (Hero Tank), namun dalam pemilihan hero, salah satu temanmu sudah memilih Hylos (Hero Tank) maka tak ada salahnya kamu memilih untuk memainkan peran hero fighter, assassin, ataupun mage. Hal tersebut untuk memastikan keseimbangan tugas di antara para anggota timmu. Keseimbangan inilah yang nantinya akan menentukan pula kemenangan timmu. 

Nah, agar bisa fleksibel menjaga keseimbangan dalam tim, maka kamu perlu mempelajari dan menguasai setidaknya 3 atau 4 jenis hero. Tak perlu mempelajari semua daftar hero yang ada dalam Mobile Legends, cukup beberapa hero dengan kemampuan atau keahlian yang berbeda-beda. Dengan demikian, kamu bisa menjadi atlet Mobile Legends yang tangguh dan bisa diajak kerjasama di segala situasi. 

 

4. Toxic players jangan sampai menular padamu.

Salah satu kelemahan dari Mobile Legends adalah banyaknya toxic player yang ikut ambil bagian dalam pertandingan di berbagai tingkatan. Toxic player adalah sebutan bagi para pemain (gamers) yang suka melemparkan kesalahan, hujatan, serta makian, baik kepada sesama anggota tim maupun lawan. Yang lebih menyedihkan lagi, toxic player banyak ditemukan justru pada orang-orang yang cara bermainnya pun kurang baik. Berbagai ujaran kebencian atau makian keluar dari mulut mereka hanya untuk menutupi kekurangannya. Nah, ketimbang mawas diri akan kemampuannya, toxic player justru sibuk melemparkan segala kesalahan pada anggota timnya. Atau jika posisi tim kita sedang unggul, tak jarang mereka juga melemparkan cemoohan tak perlu kepada pihak lawan. 

Kebiasaan buruk ini jelas merugikan diri para toxic player itu sendiri. Dalam berbagai video pertandingan, para atlet E-Sport tak pernah menunjukkan sikap semacam itu. Bagi saya, itulah gamers milennial yang ideal, di mana dalam setiap pertandingan mereka selalu bisa membawa diri dengan positif. Kelemahan tim disadari sebagai kelemahan diri sehingga mereka satu sama lain saling menopang untuk tetap mencapai kemenangan. Ketimbang sibuk menghina dan berkomentar buruk pada orang lain, para atlet E-Sport lebih memilih untuk sibuk memastikan bahwa hero mereka cukup kuat untuk menghadapi lawan. 

Jadi, buat kamu yang ngerasa jago dan suka menghina, bahkan berkomentar jahat terhadap sesama pemain, apa masih mau meneruskan perilakumu itu? Lagipula dalam ajang pertandingan internasional, kebiasaan buruk seperti itu bisa berakibat fatal terhadap nama baik negara loh guys. Yuk, jauhi sikap toxic semacam itu. 

 

5. Fokus dan disiplin.

Nah, hal terakhir yang harus kamu miliki untuk dapat menjadi atlet E-sport tangguh adalah fokus dan disiplin. Fokus terhadap tujuanmu dan disiplin dalam mengembangkan kemampuan bermain menjadi dua hal yang berjalan beriringan. Tanpa fokus terhadap tujuan, mustahil kita dapat mendisiplinkan diri untuk terus berlatih. Sementara tanpa disiplin, mustahil tujuan kita berhasil.

Jika memang berniat untuk menjadi atlet E-Sport, maka kamu perlu fokus dan secara disiplin berlatih, mempelajari berbagai jenis hero, teknik, serta penguasaan medan tempur. Hal tersebut dapat membantumu lebih waspada dalam setiap formasi pertempuran. Kewaspadaan dan berbagai pengalaman dalam latihan akan membuat kita menjadi atlet yang sulit ditumbangkan. Oleh karena itu, disiplin jelas menjadi faktor penentu keberhasilan. 

(brl/red)

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

mobile legends gaming mobile game gamers hp gaming
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Tutorial Membuat Artikel di Brilio Creator Hi Sobat Brilio! Untuk kamu yang masih bingung untuk nulis di Brilio Creator, sekarang jadi lebih mudah dengan adanya video tutorial ini. Selamat menulis!

ON FIRE

MORE
Back To Top