Gak seperti di bumi, luar angkasa adalah tempat yang berbeda dan tergolong lebih sensitif. Banyakaturan dan laranganyang harus dipatuhi seorang astronot semata demi keselamatan dalam bekerja. Apa saja aturan dan larangan bagi astronot?

1. Berhubungan intim

Kalo kamu sudah menyaksikan filmPassenger, tentunya kamu ingat adegan-adegan romantisChris PrattdanJennifer Lawrencedi pesawat luar angkasa yang mereka tumpangi. Ternyata, hal semacam itu gak boleh dilakukan di luar angkasa lho. Bahkan untuk sepasang astronot sekalipun.

Fakta kalobanyak banget risikoyang bisa terjadi jika sampai mengandung di luar angkasa membuat hal yang satu ini haram untuk dilakukan. Minimnya gravitasi, bahaya radiasi, dan tentunya soal profesionalitas jadi beberapa alasan kenapa berhubungan intim dilarang.

2. Mabuk alkohol

Minumalkoholhingga mabuk sebenarnya sangat gak direkomendasikan untuk profesi dan pekerjaan apapun. Apalagi seorang astronot yangtanggung jawab dan risikopekerjaannya sangat tinggi. Hilang kesadaran, maka bukan mustahil nyawa melayang.

Selain itu, hal-hal sederhana yang bisa terjadi sepertimuntahkarena mabuk. Muntah yang keluar gak akan langsung jatuh ke bawah melainkan melayang-layang dan mungkin saja masuk ke komponen atau sistem kokpit. Kalo itu terjadi, malah jadi sangat berbahaya.

3. Memakai parfum

Disaat indera lain yang dimiliki manusia melemah ketika di luar angkasa,penciumanjadi satu-satunya yang meningkat pesat. Untuk itulah penggunaan parfum di luar angkasa dilarang. Bau menyengat hingga menusuk hidung dapat menyebabkan muntah yang risikonya kurang lebih sama dengan poin sebelumnya.

Sebenarnya, menggunakan parfum atau deodoran bukanlah masalah. Yang pentinggak ada yang mengandung alkohol. Alkohol dalam parfum tersebutlah yang menyebabkan bau tajam dan menyengat yang bisa berbahaya bagi kelangsungan si astronot selama di luar angkasa.

4. Makan pizza

Kamu penggemar fanatik makanan asli Italia ini dan punya cita-cita jadi astronot? Rasanya kamu haruspikir-pikir lagi. Karena selama berdinas di luar angkasa, astronot gak diperbolehkan makan pizza atau roti jenis apapun yang memiliki ragi.

Ya, ragi yang bisa jadiremah-remahsetelah dimakan nantinya akan berterbangan. Dengan ukuran super kecil, remah-remah bisa membahayakan jika masuk kesistemkokpit atau dihirup si astronot itu sendiri. Jadi selama tugas di luar angkasa, lebih baikmove ondulu dari si pizza.

5. Mencuci baju

Inilah alasan kenapa astronotmembawa banyak baju dalamsaat bertugas di luar angkasa dalam waktu lama. Di sana, mereka gak diperbolehkan mencuci baju. Kenapa? Karena mencuci baju membutuhkan air sedangkan persediaan air yang ada di luar angkasa tergolong terbatas.

Persediaan air yang ada tentudiprioritaskanuntuk minum atau keperluan lain yang lebih mendesak ketimbang cuci baju. Hal ini bisa diatas dengan adanya pesawat yang bolak balik ke bumi (tentunya ini tidak setiap saat).