Apakah ada dari kamu yang tidak tau rendang? Jika ada, sungguh keterlaluan! Ya, rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari ranah minang, Sumatera Barat.Untuk menikmati rendang, kamu bisa mendapatkannya di seluruh rumah makan padang yang ada di kota kamu. Tetapi, jika ingin merasakan rendang yang original, silahkan berkunjung ke Sumatera Barat

Makanan yang disajikan dalam bentuk potongan daging kecil ini tidak perlu diragukan lagi eksistensinya di dunia kuliner Indonesia, bahkan dunia sekalipun. Di Artikel kali ini, Brilio ingin membahas beberapa fakta unik tentang rendang yang banyak belum diketahui. Mau tau apa saja fakta itu? Mari kita ulas satu per satu.

1. Rendang mampu bertahan sampai 3 bulan.

5 Fakta unik tentang rendang yang harus kamu tahu Image :seriouseats.com

Dewasa ini, jarang sekali kita menemukan makanan yang mambu bertahan lama, kebanyakan akan basi dalam hitungan hari. Namu, hal tersebut tidak berlaku pada rendang. Makanan ini mampu bertahan dalam jangka waktu 3 bulan lamanya, ini disebabkan karena rendang di lumuri dengan berbagai rempah-rempah Indonesia yang mengandungantimikroorganisme.

2. Proses memasaknya butuh waktu lebih dari 4 jam

5 Fakta unik tentang rendang yang harus kamu tahu Image : nasional.dotepublika.co.id

Jika kamu salah satu orang yang ingin mencicipi rendang buatan sendiri, maka luangkanlah waktu kamu lebih dari 4 jam. Lamanya waktu yang dibutuhkan ketika memasak rendang menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan rasa rendang yang original, lho!

3. Sebagai pemuncak makanan terlezat di dunia.

5 Fakta unik tentang rendang yang harus kamu tahu Image : edition.cnn.com

Sudah sepantasnya kita bangga dengan makanan yang satu ini. Rendang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Dunia karena menduduki peringkat pertama World's 50 Most Delicious Foods(50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.

4. Disajikan untuk tamu kehormatan.

5 Fakta unik tentang rendang yang harus kamu tahu Image :amazingraze.co

Jika saat ini setiap orang dapat menikmati rendang di setiap rumah makan padang, beda halnya dengan dulu. Pada zaman dahulu, rendang hanya disajikan ketika ada acara adat. Mungkin hal tersebut disebabkan karena rendang mempunyai posisi yang terhormat bagi rakyat minang.

5. Makin lama disimpan, rasanya kian enak.

5 Fakta unik tentang rendang yang harus kamu tahu Image :seriouseats.com

Apabila makanan lainnya akan kehilangan cita rasa dalam jangka waktu beberapa hari, berbeda dengan rendang. Rendang yang disimpan untuk dikonsumsi kembali, akan menciptakan rasa yang lebih enak dari yang sebelumnya.

Nah, bagaimana? sudah sepatutnya kita bangga menjadi bangsa Indonesia karena mempunyai berbagai cita rasa makanan dari setiap sukunya, dan rendang cukup kuat untuk mewakili itu semua.