×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nuraina Fika Lubis

11 November 2019 11:30

5 Fakta menarik tentang agar-agar yang perlu kamu tahu

Di balik kelezatan agar-agar, ada fakta menarik yang harus kamu tahu..

5 Fakta menarik tentang agar-agar yang perlu kamu tahu

0



Agar-agar merupakan makanan yang sering kita jumpai saat ini. Kamu pun bisa menemukannya pada hidangan pesta, catering, restoran, bahkan bisa membuatnya sendiri. Makanan yang biasanya disajikan sebagai makanan penutup ini memiliki sensasi penyegar dahaga. Namun, apakah kamu tahu fakta menarik tentang agar-agar? Supaya menambah pengetahuanmu, yuk simak daftar berikut!

1. Terbuat dari rumput laut.

5 Fakta menarik tentang agar-agar yang perlu kamu tahu

Foto: bukalapak.com

Rumput laut yang sering digunakan untuk memproduksi ekstrak agar-agar adalah rumput laut yang berwarna putih. Ekstrak agar-agar didapatkan dari karbohidrat yang mengisi dinding sel rumput laut. Karbohidrat tersebut mempunyai berat molekul yang tinggi sehingga agar-agar kaya akan serat. Supaya mudah untuk disimpan, ekstrak agar-agar dapat dijadikan dalam bentuk bubuk.

Loading...

2. Setipe dengan jeli dan puding.

5 Fakta menarik tentang agar-agar yang perlu kamu tahu

Foto: masakapaya.com

Maskipun ketiganya memiliki bentuk yang identik, agar-agar, jeli dan puding memiliki perbedaan. Dari segi tekstur, agar-agar bertekstur padat, jeli bertekstur kenyal, sementara puding bertekstur di antara padat dan kenyal. Komposisi bahan ketiga makanan tersebut pun berbeda, yaitu agar-agar murni terbuat dari ekstrak rumput laut, jeli terbuat dari tanaman umbi-umbian konyaku, sementara puding terbuat dari campuran susu.

3. Bersifat larut di air panas, tetapi memadat di air dingin.

Memasak agar-agar

Foto: sajiansedap.grid.id

Agar-agar yang berbentuk ekstrak maupun bubuk perlu dimasak dengan air panas sebelum dikonsumsi. Pada saat proses memasak inilah sifat unik agar-agar terjadi, yaitu larut dalam air panas karena molekul agar-agar bergerak bebas. Sementara pada saat didinginkan, molekul agar-agar akan saling merapat sehingga agar-agar bertekstur padat. Pada saat terakhir inilah agar-agar dapat kita konsumsi.

4. Cocok dikonsumsi ketika diet.

Agar-agar

Foto: timesofoman.com

Jika sedang menjalani program diet, maka kamu harus menjaga pola makanmu. Pada saat merasa lapar dan ingin ngemil, kamu bisa memakan agar-agar sebagai pengganti camilan yang berlemak. Sebab, agar-agar mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga memberikan efek kenyang. Jadi, kamu tidak akan banyak ngemil sehingga berat badanmu tetap terjaga.

5. Bisa menjadi media kultur jaringan.

Kultur Jaringan dengan Agar-agar

Foto: plantnucleus.org

Agar-agar tidak hanya menjadi makanan bagi manusia, tetapi juga berguna bagi tumbuhan sebagai media kultur jaringan. Kultur jaringan merupakan pengambilan bagian kecil dari tumbuhan untuk dikembangbiakkan secara steril. Bagian kecil tumbuhan tersebut ditempatkan dalam botol kultur yang berisi media agar-agar. Media tersebut berguna untuk menyangga bagian kecil tumbuhan dan menyimpan nutrisi untuk pertumbuhan bagian tumbuhan menjadi tumbuhan sempurna. Selain itu, padatnya tekstur agar-agar menjadikannya kuat untuk menyangga tumbuhan kultur yang sudah tumbuh sempurna.

Nah, bermanfaat banget kan infonya? Jadi pengin deh menyantap agar-agar.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Pengetahuan Kuliner Agar-agar
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top