×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Hairul Anwar

07 Juli 2020 13:55

5 Cara mengawali pembelajaran agama pada anak sejak dini

Memberikan ilmu agama kepada anak sejak usia dini untuk bekal ia dewasa kelak..

5 Cara mengawali pembelajaran agama pada anak sejak dini

0



Foto: Billy Halim dari Pixabay

Usia dini merupakan usia yang tepat untuk menanamkan ilmu agama serta pembelajaran yang baik lainnya kepada anak. Karena di usia inilah anak anak memiliki daya ingat serta awal mengawali segala sesuatu untuk bekal mereka dewasa nanti. Salah satunya pembelajaran agama.

Agama menjadi salah satu hal utama dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak karena dengan agama yang kuat maka anak akan memiliki pedoman hidup serta memiliki pegangan dalam menentukan segala sesuatu yang baik untuk mereka. Untuk itu sebagai orang tua harus memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada anak karena sudah merupakan kewajiban orang tua memberikan pendidikan yang terbaik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diawali untuk memberikan pembelajaran agama kepada anak.

1. Kenalkan anak dengan agamanya sejak dini.

Sebagai orang tua tentunya akan memberikan pengetahuan tentang agama kepada anak sejak mereka kecil dengan mengajaknya beribadah, mengikuti kegiatan religi serta lainnya sebagai cara mengenalkan anak terhadap agama. 

Loading...

2. Orang tua menjadi teladan.

Orang tua memberikan contoh kepada anak dalam menjalankan ibadah agama agar anak memiliki sosok untuk dijadikan panutan. Seperti pergi ke gereja ataupun ke tempat keagamaan lain sesuai agama masing masing. Sehingga anak akan mengenang hal itu ketika mereka dewasa.

3. Memberikan pembelajaran agama.

Berikan pengetahuan tentang agama dengan cara membacakan buku cerita religi, mengaji, sembahyang atau kisah keagamaan lainnya kepada anak. Pembelajaran agama bisa diberikan secara pribadi kepada anak atau bahkan orang tua bisa mendatangkan ustaz, pastur, ataupun biksu sesuai agama yang dianut untuk memberikan ilmu yang lebih tentang agama kepada anak.

4. Fasilitasi kegiatan agama anak dan support mereka.

Berikan fasilitas ataupun support kepada anak ketika mereka berkecimpung dalam kegiatan keagamaan. Agar keimanan, sosialisasi, serta pengetahuannya tentang agama juga meningkat. Mereka pun merasa mendapatkan dukungan atau support dari orang tua terhadap segala kegiatan yang dilakukan sehingga anak merasa nyaman dan senang melakukan kegiatan tersebut.

5. Berikan sedikit reward kepada anak.

Memberikan hadiah tidak hanya ketika anak mendapatkan nilai baik di bidang ilmu pengetahuan, tapi juga ketika anak lebih semangat dan tahu tentang agama. Orang tua dapat memberikan doorprize kecil kepada anak tanpa menghilangkan keafdolan ibadahnya. Agar tertanam dalam benak anak bahwa belajar agama juga penting selain ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk untuk mengawali pembelajaran agama sejak dini kepada anak.

 

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#ayongaji
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top