Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Odelia Tiarasari

24 Juni 2019 15:55

5 Cara menabung efektif untuk masa depan gemilang

Sulit menabung? Yuk simak 5 cara menabung efektif untuk kamu si sulit menabung!.

5 Cara menabung efektif untuk masa depan gemilang

0



Saat individu menginjak masa-masa produktif dapat menghasilkan pendapatan setiap bulannya, wajar ketika banyak banget hal yang mau dibeli, seperti baju, sepatu, jam tangan, gadget, dan travelling. Bisa-bisa gaji cuma numpang lewat saja di dompet.

Anak muda zaman now seharusnya tahu betapa jauh lebih pentingnya menabung daripada harus mengikuti tren lifestyle yang gak akan ada habisnya. Jangan sampai usia sudah mulai menua, kebutuhan makin banyak, tapi gak punya tabungan. Sedih gak sih kalau di usia lanjut masih harus banting tulang nyari rupiah? Bisa membuat hidup merana! Duh!

Menabung itu susah? Eitss, menabung itu gampang kok! Mumpung masih muda, yuk simak 5 cara menabung efektif untuk masa depan diri sendiri!

1. Punya tujuan atau motivasi.

Soal tabung-menabung, kamu harus menentukan tujuan dan komitmennya nih. Dan jelas, tujuan yang dimaksud harus bersifat jangka panjang. Contohnya nih, nabung agar bisa beli rumah sebelum usia 30 tahun, atau buat tabungan modal nikah walaupun jodohnya belum kelihatan. Lebih baik mempersiapkan sejak dini daripada harus pontang-panting karena dikejar waktu.

Loading...

2. Memiliki komitmen yang kuat.

Pada dasarnya, segala sesuatu atau niat yang tidak dilandasi dengan komitmen semua hanya akan menjadi "wacana" saja. Maka dari itu, komitmen seseorang itu sangat penting!

3. Punya rincian keuangan yang jelas dan masuk akal.

Rincian keuangan harus ditentukan terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan menabung. Pendapatan setiap individu pasti berbeda, jadi kamu harus menentukan berapa persen pendapatan yang akan disetor ke bank, berapa persen untuk uang saku, dan berapa persen pendapatan yang akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan. Rincian keuangan harus dibuat semasuk akal mungkin karena jangan sampai kegiatan ini malah membuat kamu merasa tertekan. Nah, setelah itu lakukan dengan penuh komitmen ya!

4. Punya resolusi setiap tahun.

Misalnya akhir tahun 2019 tabungan sudah harus menembus angka 5 juta. Hal ini akan mendorong kamumau tidak mau menyetor pendapatannya ke bank. Kalau tidak punya goals bisa-bisa tabungan dari awal sampai akhir tahun cuma segitu-gitu aja.

5. Mencatat pendapatan dan pengeluaran.

Apa salahnya menulis segala kegiatan keuanganmu ke dalam buku catatan? Justru kegiatan seperti ini akan membantumu mengingat berapa banyak uang yang dihabiskan untuk berfoya-foya dan berapa banyak uang yang disimpan setiap bulannya. 

Selamat menabung! Karena, berakit-rakit ke hulu, berenang- renang ke tepian; bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Lifestyle #Millenial #BeraniBerubah #Eco-LifeStyle #Health-LifeStyle #PositiveVibes #keuangan #menabung
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top