×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rana Aqila W

16 Februari 2022 17:45

5 Cara berdamai dengan culture shock bagi mahasiswa baru

Buat mahasiswa baru yang masih culture shock dengan dunia perkuliahan, yuk simak artikel berikut ini..

5 Cara berdamai dengan culture shock bagi mahasiswa baru

0



Culture shock merupakan hal yang wajar dan normal dirasakan bagi seseorang yang sedang berada di tempat lain yang jauh dari tempat tinggalnya. Culture shock sendiri singkatnya merupakan keadaan di mana seseorang merasa tidak biasa, kaget, dan cemas mengenai hal-hal termasuk budaya yang ada di sekelilingnya yang sangat berbeda dengan budaya maupun kebiasaan sebelumnya.

Keadaan culture shock ini sendiri banyak dialami oleh para remaja terutama mahasiswa baru, karena kehidupannya yang jauh berbeda antara masa sekolah dan kuliah. Saat sekolah mungkin murid-murid sekolah tidak akan diajari oleh guru mengenai kehidupan kuliah yang akan dialaminya nanti. Oleh karena itu lebih baik mempersiapkan diri bagi mahasiswa untuk berdamai dengan keadaan culture shock sehingga tidak mengalaminya atau meminimalisir keadaan culture shock. 

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu persiapkan untuk menghadapi dan segera berdamai dengan culture shock mahasiswa baru.

1. Tidak usah terburu-buru dalam "menyesuaikan" lingkungan baru.

Untuk mengurangi keadaan culture shock tentunya kamu bisa menjalaninya dengan perlahan. Tidak usah terburu-buru menyesuaikan dengan lingkungan atau circle pertemanan kamu. Solusinya kamu mungkin bisa saling bercerita dengan teman barumu mengenai latar belakang masing-masing sehingga bisa saling mengerti satu dengan yang lainnya.

Loading...

2. Survive! Jangan membandingkan diri kamu dengan yang lainnya.

Kamu tidak perlu membandingkan diri dengan temanmu. Setiap orang pastinya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu mungkin memiliki kelebihan di bidang akademis/non akademis sendiri. Kamu bisa mengembangkan hal-hal atau potensi dalam diri kamu melalui organisasi, UKM Mahasiswa, kepanitiaan dan lain-lain.

3. Menjadikan "perbedaan" sebagai hal yang dapat di-explore.

Agar tidak merasakan keadaan culture shock kamu bisa meng-explore hal-hal baru di sana. Perbedaan yang ada bisa kamu explore loh! Contohnya kebiasaan kamu saat bersekolah dan berkuliah sangatlah berbeda. Nah, kamu dapat meng-explore keadaan tersebut, mendalami dan mempelajari perbedaannya sehingga kamu dapat menikmati prosesnya dan akan menjauhkan kamu dari keadaan culture shock. 

4. Jauhi perasaan "judgemental" dan mencoba "open minded".

Saat mulai berkuliah tentunya kamu akan bertemu banyak orang dari berbagai macam latar belakang yang berbeda-beda. Mungkin ini akan memberikan pandangan yang berbeda tentunya dalam menilai seseorang. Apabila seseorang dan lingkungan tersebut tidak sesuai ekspetasimu pastinya kamu akan merasakan culture shock. Sudah bukan waktunya untuk menghakimi perilaku seseorang dan coba untuk menerima hal-hal yang jauh dari ekspetasimu agar terhindar dari keadaan cutlure shock.

5. Fokus terhadap hal yang positif dan jauhi hal yang negatif. 

Dalam perkuliahan tentunya juga banyak pengaruh baik dan buruk yang akan datang kepadamu dan menjadi salah satu alasan kamu mengalami keadaan culture shock. Oleh karena itu, kamu bisa menyortir hal-hal baik dan buruk yang dapat memengaruhimu baik dalam kepribadian, pertemanan, perkuliahan dan lain-lain. Jangan larut dalam memikirkan hal yang negatif, tetapi fokus terhadap hal positif yang dapat mengembangkan dirimu.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

culture shock kuliah culture shock perkuliahan kuliah kehidupan perkuliahan Mahasiswa
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top