×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Dimas Rinaldi

17 September 2020 15:10

5 Alasan orang introvert sulit untuk jatuh cinta

Apakah kamu salah seorang introvert dan sampai sekarang masih betah single? Mungkin ini alasan mengapa kamu sulit jatuh cinta..

5 Alasan orang introvert sulit untuk jatuh cinta

0



Definisi introvert adalah seseorang yang bisa menyerap energi ketika sedang sendiri, memilih ketenangan untuk refleksi. Mereka tidak menolak menghabiskan waktu bersama satu atau dua orang terdekatnya. Ciri orang introvert yang paling terlihat adalah menyukai kerja sendiri. Orang introvert biasanya bekerja lebih efektif ketika mereka bekerja sendiri karena bisa lebih fokus.

Namun bagi pribadi introvert, pernahkah kamu bingung dengan perasaanmu sendiri ketika ditanya "Apakah kamu pernah jatuh cinta?". Sebagian introvert tidak mudah untuk jatuh cinta. Sama halnya seperti menemukan sahabat sejati, menemukan cinta sejati bagi orang introvert juga butuh proses waktu yang lama. Ini mungkin dikarenakan orang introvert terlalu fokus dengan aktivitasnya (karier dan hobi) tanpa selalu memikirkan mendapat pacar/pasangan.

Memang terdapat beberapa orang yang lebih sulit mencintai atau jatuh cinta, terutama tipe introvert yang merasa belum siap mencintai orang lain. Berikut ini lima alasan mengapa orang introvert sulit untuk jatuh cinta dan mendapatkan pasangan.

1. Kamu telah lama sendiri.

Wanita mandiri nyaman sendiri

Loading...

Seorang yang introvert terlalu nyaman sendiri. Mereka tidak mencari cinta dari luar, mereka hidup damai dengan kesendirian. Mereka juga fokus dengan karier, asyik dengan aktivitas dan hobinya. Ini membuat mereka berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan seseorang (pasangan) karena masih ada keluarga dan teman terdekatnya yang bisa berbagi cinta kasih dan keluh kesah. Lagipula, mereka baik-baik saja sendiri karena sudah terbiasa.

Namun bagaimanapun, semua butuh pasangan untuk membagi cinta, bukan? Tapi bagi mereka (introvert), cinta saja tidak cukup. Mereka sadar suatu hubungan butuh kecocokan, mulai dari perilaku, kepribadian, kesukaan (hobi) bahkan hingga zodiak atau golongan darah. Jadi, penting untuk orang introvert menemukan cerminan diri mereka yang sebenarnya.

2. Kamu tidak siap untuk berkomitmen.

Pasangan berkomitmen

Komitmen adalah hal besar. Itu adalah salah satu hal yang harus kamu miliki ketika berada dalam suatu hubungan. Banyak orang siap merasakan dan memberikan cinta, tetapi banyak dari juga yang tak siap untuk berkomitmen.

Sebagian orang menemukan komitmen sebagai sesuatu yang sulit untuk dipahami dan diterapkan. Itulah sebabnya orang introvert tidak mudah jatuh cinta sebelum benar-benar siap dengan semua yang diperlukan untuk membangun sebuah hubungan. Mereka juga butuh waktu untuk mengenali orang lain serta rasa percaya dengan orang tersebut untuk memastikan bahwa orang itu layak menjadi pasangan dan saling berkomitmen satu sama lain.

3. Takut jatuh cinta lagi.

Trauma masa lalu

Hampir semua orang pernah mengalami pengalaman masa lalu yang pahit dalam kehidupan romansa, tak terkecuali orang introvert. Orang-orang cenderung takut untuk jatuh cinta karena suatu alasan. Mereka pernah hancur, dikhianati, atau ditipu.

Ketika hal tersebut terjadi pada orang introvert, mereka merasa dua kali lebih hancur karena bayangan masa lalu menghantui pikirannya. Itu karena mereka takut sakit hati untuk kedua kalinya. Maka introvert butuh waktu lama lagi untuk benar-benar mengenali lawan jenis dan memercayai orang lain lagi ketika mereka mendekati lawan jenis atau ada yang mendekatinya. Introvert dapat dengan mudah terluka dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih secara emosional.

4. Terlalu pemilih (selektif).

Pasangan bertatapan

Orang tipe introvert cenderung pemilih. Untuk dijadikan teman dekat atau sahabat saja selektif, apalagi pacar. Pada dasarnya, sifat introvert tidak mudah percaya dengan orang. Introvert butuh waktu untuk menentukan apakah orang lain cocok dijadikan pasangan atau tidak. Karena introvert tidak sembarangan untuk menjalin hubungan cinta dengan orang yang benar-benar nggak mereka kenal.

Walaupun selektif, mereka juga tidak mematok standar yang aneh-aneh atau ketinggian, kok. Bagi introvert, memiliki pasangan yang menerima apa adanya, memberikan perhatian yang lebih, suportif, dan setia dinilai sudah lebih dari cukup. Walau sifat pemilih ada baiknya, di sisi lain sifat pemilih ini bikin introvert susah dapat pasangan.

5. Overthinking dan benci keramaian.

Terlalu banyak berpikit

Introvert memang dikenal tidak menyukai keramaian. Mungkin seorang yang sudah menaruh hati pada orang lain akan memberanikan diri untuk mengajaknya untuk keluar (kencan) dengan alasan untuk saling komunikasi mengenal lebih jauh. Namun, individu yang introvert akan berpikir berkali-kali untuk menerima ajakan seseorang karena introvert akan beranggapan jika nanti keluar rumah bersama akan terjadi hal-hal yang malah membuat canggung atau ilfeel.

Ada pula dari mereka yang merasa cemas ketika bepergian ke tempat keramaian atau acara-acara tertentu yang mengharuskan mereka berbaur dan berinteraksi dengan orang lain. Memang tidak semua introvert memiliki kecemasan di tempat ramai. Namun bila seorang introvert memiliki kecemasan berlebih saat keluar rumah seperti mendatangi ke tempat ramai, maka introvert memilih tidak keluar rumah dan tentunya membatalkan kencan.

Hal-hal tersebutlah yang membuat introvert sulit dapat jodoh karena mereka kurang suka bila pergi ke tempat banyak orang dan selalu berpikiran pesimis ketika ada yang mengajaknya keluar. Apalagi kalau si introvert memiliki masalah kecemasan sosial (ketika di tempat ramai).

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Introvert Jatuh Cinta Nyaman Jomblo Cuek Kepribadian
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top