×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Muh. Ruslim Akbar

18 Oktober 2021 15:58

5 Alasan agar kamu tak pernah berhenti belajar

Bagaimanapun, ilmu pengetahuan akan selalu berkembang..

5 Alasan agar kamu tak pernah berhenti belajar

0



Sejak kecil, kita selalu dihadapkan oleh berbagai macam pertanyaan tentang apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Nama orang tua, warna baju yang kita kenakan, hingga berbagai macam emosi yang kita keluarkan tentunya selalu menimbulkan rasa penasaran untuk mengetahuinya. Belajar, merupakan bentuk naluri manusia untuk menemukan jawaban atas segala hal yang menjadi pertanyaan di pikiran mereka.

Di Indonesia, proses pembelajaran bahkan dimulai dari lingkungan keluarga, hingga menempuh pendidikan ke berbagai jenjang formal maupun informal. Dengan belajar, kita akan menemukan berbagai ilmu pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga bermanfaat bagi orang lain.

Walaupun tidak lagi menempuh pendidikan di sekolah atau di perguruan tinggi, bukan berarti kita juga harus berhenti belajar. Simak lima alasan agar kamu tidak pernah berhenti untuk belajar.

1. Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang.

Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang seiring dengan perubahan zaman. Berbagai teori baru yang muncul akan mematahkan teori lama. Begitu pula dengan ilmu yang kita miliki saat ini, boleh jadi tidak lagi relevan dalam beberapa tahun ke depan. Dengan terus belajar, kita tidak hanya memperbarui ilmu yang kita miliki, namun juga menemukan solusi atas berbagai tantangan dan kebutuhan yang muncul seiring berkembangnya kehidupan manusia.

Loading...

2. Bijak dalam mengambil keputusan.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu kita akan selalu dihadapkan oleh berbagai macam persoalan. Dengan terus belajar dan memperbanyak ilmu pengetahuan, tentu kita lebih mudah mengelola emosi dan lebih bijak dalam mengambil keputusan untuk setiap permasalahan yang datang, sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

3. Menjadi guru bagi yang lain.

Setiap manusia adalah guru bagi manusia yang lainnya. Orang tua adalah guru bagi anak-anaknya. Begitu juga seorang kakak bagi adik-adiknya. Ilmu yang baik tidak lantas menjadi milik sendiri, namun alangkah baiknya diajarkan kepada orang lain. Sifat manusia yang serba terbatas tidak akan mungkin menguasai segala hal, sehingga selalu membutuhkan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya akan ilmu pengetahuan yang ingin dimiliki. Banyak bentuk yang bisa kita lakukan untuk membagi ilmu kepada orang lain, salah satunya melalui tulisan yang bermanfaat.

4. Membentuk pribadi yang berkualitas.

Dengan terus belajar, kita tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas. Sebab proses belajar tidak hanya meningkatkan kemampuan intelektual manusia saja, namun juga membentuk kepribadian yang lebih dewasa dan bijaksana.

5. Mencegah pikun.

Pikun merupakan salah satu masalah yang sering kali muncul di usia senja. Penurunan fungsi kognitif pada otak menjadi penyebab utama masalah ini. Dengan terus belajar, kita senantiasa mengaktifkan sel-sel di otak sehingga kemungkinan menderita masalah pikun jauh lebih kecil.

Belajar merupakan proses yang kita lakukan sejak lahir. Seiring bertambahnya usia, permasalahan yang muncul semakin beragam. Dengan belajar kita lebih banyak mengetahui berbagai ilmu pengetahuan yang akan bermanfaat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan belajar pula, kita akan mudah untuk membantu orang lain yang membutuhkan solusi atas permasalahannya. Walaupun kita tidak lagi duduk di bangku sekolah, jangan pernah berhenti untuk belajar.

Kata Imam Syafi’i: “Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan."

 

Oleh: Muh. Ruslim Akbar, alumni UIN Alauddin Makassar

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

belajar pendidikan ilmu pengetahuan
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top