×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
wantiaslam

12 Oktober 2021 15:57

4 Wisata yang wajib kamu kunjungi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja memiliki pesona alam dan adat yang menyatu dengan apik..

4 Wisata yang wajib kamu kunjungi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

0



Tana Toraja atau yang biasa dikenal dengan Toraja adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Wilayah dan budaya yang sangat eksotis mampu membuat nama Toraja sampai ke ranah internasional.

Masyarakat Tana Toraja memiliki beberapa upacara dan ritual ada yang rutin dilakukan hingga kini. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk pelestarian tradisi dan penghormatan kepada nenek moyang. Itulah yang membuat Toraja dikenal karena kepercayaan dan ritual tradisi adat yang cukup kental.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Toraja.

1. Museum Ne’ Gandeng.

 4 Wisata yang wajib kamu kunjungi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Loading...

Foto: https://travelingyuk.com/museum-ne-gandeng/74623

Museum yang terletak di Lembang Palangi, Kecamatan Balusu, Kabupaten Toraja Utara ini awalnya adalah tempat pelaksanaan prosesi pemakaman Ne’ Gandeng. Ia adalah salah satu tokoh masyarakat Toraja yang dikenal sebagai wanita pekerja keras dan bijaksana selama menjadi hakim adat. Di kawasan ini terdapat beberapa menhir dengan berbagai ukuran hasil dari pemakaman yang bisa kamu lihat. Keindahan panoramanya sangat mendukung untuk diabadikan.

2. Londa.

4 Wisata yang wajib kamu kunjungi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Foto: https://www.tribunnewswiki.com/2020/03/18/objek-wisata-lemo-dan-londa

Tak afdol kalau ke Tana Toraja tanpa mampir ke Londa/Lemo. Di sana kamu bisa menemukan sebuah tebing batu Toraja yang digunakan untuk meletakkan peti mati. Penempatan peti mati tersebut disesuaikan dengan aturan adat atau garis keturunan. Menarik, bukan?

3. Buntu Burake.

4 Wisata yang wajib kamu kunjungi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Foto: https://www.idntimes.com/travel/destination/randa-austin/potret-jembatan-kaca-buntu-burake-di-tana-toraja-c1c2

Selain terdapat Patung Yesus tertinggi, di Buntu Burake kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Makale. Tak hanya itu. Buntu Burake juga dilengkapi dengan jembatan kaca yang mendukung pengambilan gambar yang indah. Jembatan kaca di Patung Yesus yang memberkati Tana Toraja ini diklaim sebagai jembatan kaca terluas di indonesia.

4. Bori Kalimbuang.

4 Wisata yang wajib kamu kunjungi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Foto: https://pecandukelana.blogspot.com/2018/01/bori-kalimbuangmenhir-megalithictoraja.html

Di Bori Kalimbuang, kamu bisa melihat banyak menhir yang berasal dari era megalitikum. Sebanyak 54 menhir kecil, 24 berukuran sedang, dan 24 lain berukuran sangat besar tersebar di Bori Kalimbuang. Menhir tersebut berdiri tegak dan kokoh yang dipadukan dengan bangunan khas Toraja yang membentuk spot foto yang Instagramable. Di kawasan Bori Kalimbuang ada beberapa area berdasarkan fungsinya. Salah satunya Rantw Kalimbuang yang digunakan sebagai tempat upacara penguburan adat Rambu Solo.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Tana Toraja. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momenmu, ya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

toraja adat rumah adat keren surga
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top