×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Farah Kamila

26 Maret 2020 12:05

4 Tips sederhana mengenalkan bahasa isyarat pada anak

Anak-anak pun tak perlu bingung dan takut ketika diajak berkomunikasi dengan orang-orang yang menyandang tunarungu atau tunawicara..

4 Tips sederhana mengenalkan bahasa isyarat pada anak

0



Ilustrasi anak kecil

Bahasa Isyarat adalah salah satu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi bagi para penyandang tunarungu atau tunawicara. Apa sih yang dimaksud dengan tunarungu dan tunawicara?

Tunarungu adalah orang yang tidak dapat mendengar, sedangkan tunawicara adalah orang yang tidak dapat berbicara. Sebenarnya bahasa ini bukanlah suatu bahasa yang sulit untuk dipelajarinya, melainkan sangat mudah dipelajari dan diterapkan oleh masyarakat ketika bertemu dengan orang yang tidak dapat berkomunikasi dengan baik pada umumnya. 

Tidak hanya masyarakat kalangan dewasa saja yang dapat menerapkan bahasa Isyarat, bahkan anak-anak pun dapat menerapkannya. Anak-anak yang bukan penyandang tunarungu atau tunawicara perlu dibekali dan dikenalkan dengan bahasa isyarat. Jika mereka sudah dikenalkan tentang bahasa Isyarat sejak dini maka akan terbiasa dan tidak bingung ketika bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang yang menyandang tunarungu ataupun tunawicara.

Di sini penulis akan memberi sedikit tips untuk yang bukan penyandang tunarungu atau tunawicara dalam mengenal bahasa isyarat. 

1. Bagi orang tua yang menyandang tunarungu atau tunawicara dapat mengenalkan bahasa Isyarat kepada anaknya yang normal dengan contoh gerakan-gerakan yang sederhana. 

Loading...

gerakan bahasa isyarat

Di atas merupakan contoh gerakan bahasa isyarat "makan" dengan sederhana. 

2. Mengajak anaknya mengunjungi ke sosialisasi mengenai tentang bahasa isyarat supaya si anak dapat menambah wawasan tentang gerakan-gerakan bahasa isyarat.

4 Tips sederhana mengenalkan bahasa isyarat pada anak

Contoh sosialisasi pengenalan bahasa isyarat bagi anak normal sejak kecil. 

3. Anak-anak dapat mengenalinya melalui kamus atau buku bahasa isyarat yang di dalamnya terdapat contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat. 

contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat yang di dalam kamus atau buku bahasa isyarat

Di atas adalah contoh gerakan-gerakan bahasa isyarat yang ada di dalam kamus atau buku bahasa isyarat.

4. Mengenalkan huruf abjad bahasa isyarat dari huruf A sampai Z.

4 Tips sederhana mengenalkan bahasa isyarat pada anak

Di atas adalah contoh dari gerakan-gerakan huruf abjad bahasa isyarat. 

Itulah sedikit tips untuk anak yang bukan penyandang tunarungu atau tunawicara dalam mengenal bahasa isyarat. Jadi anak-anak tersebut tidak perlu bingung dan takut ketika diajak berkomunikasi dengan orang-orang yang menyandang tunarungu atau tunawicara. 

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Tips
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top