×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
putra bayu aji

09 Juli 2019 20:05

4 Tips menjadi mahasiswa keguruan yang sukses di dunia kerja

Agar kamu benar-benar fokus dan dapat mengembangkan diri secara maksimal..

4 Tips menjadi mahasiswa keguruan yang sukses di dunia kerja

0



Gambar oleh Steve Riot dari Pixabay

Guru adalah pekerjaan mulia karena mendidik anak bangsa agar menjadi insan yang cerdas. Sehingga saat kamu memilih kuliah di keguruan kamu harus benar-benar fokus dan mengembangkan diri secara maksimal. Tujuannya satu agar kelak ketika lulus dapat mengajar dengan luwes dan terampil.

Jurusan keguruan bukan hanya masalah teori saja, namun juga praktik di mana kamu harus siap menghadapinya di kemudian hari. Mulai dari menghadapi murid yang perilakunya beraneka macam, orang tua murid, hingga hal-hal unik lainnya. Oleh karena itu berikut ini akan diberikan tips dan trik agar kamu bisa sukses ketika kuliah keguruan.

1. Menjadi guru les.

4 Tips menjadi mahasiswa keguruan yang sukses di dunia kerja

Memberikan les hukumnya wajib bagi mahasiswa keguruan. Karena di sana kita akan belajar tentang bagaimana menjadi guru sebenarnya. Kita akan menghadapi beraneka murid les yang harus kita pahami. Hal ini tentu sangat berguna kelak saat kita bekerja selepas lulus kuliah menjadi guru. Bagi kamu yang belum terbiasa dengan anak maka kamu akan terbiasa setelah menjadi guru les.

Loading...

Jadi ketika kamu menjadi mahasiswa keguruan tidak ada istilah pulang kuliah terus tidur di kos kemudian belajar dan malamnya tidur. Kamu harus mengisi waktumu dengan menjadi guru les. Kalau waktu kuliahmu padat, kamu bisa mencari waktu atau hari lain yang kosong. Kalau ternyata membuat jadwalmu sibuk maka kamu harus bersyukur karena secara tidak langsung mengajarimu untuk pandai mengatur waktu dan hal itu sangat berguna bagi kehidupan kelak di dunia kerja.

2. Ikut organisasi masyarakat.

https://banjarmasin.tribunnews.com/2016/09/23/relawan-turuntangan-ajak-masyarakat-ikut-tangani-masalah-sosial-banjarmasin

Dengan ikut organisasi masyarakat kamu akan memahami dinamika masyarakat. Selain itu kamu juga belajar bagaimana berinteraksi dengan berbagai kalangan. Mulai dari kalangan kurang beruntung sampai kalangan menengah ke atas. Hal ini adalah modal utama ketika nanti terjun sebagai tenaga pendidik. Karena saat kamu menjadi guru kamu akan menemui murid dari berbagai kalangan tentu berbeda pula cara menanganinya. Begitu pula dengan orang tua murid kamu juga akan menghadapi orang tua murid yang terdiri dari berbagai kalangan juga.

3. Update berita yang berkaitan dengan jurusanmu.

https://www.facebook.com/beritaupdateindonesia21/

Kalau kamu jurusan PGSD maka kamu harus update dunia anak sekolah dasar. Mulai dari kasus yang sering menimpa anak sekolah dasar sampai materi pembelajarannya. Apabila dirimu jurusan pendidikan ilmu eksak atau sosial kamu juga harus update. Terutama untuk ilmu sosial karena akan selalu mengalami perkembangan. Contohnya kalau dulu Pluto dianggap planet maka sekarang sudah bukan. Tentu masih ada contoh lainnya dan silakan cari sendiri.

4. Aktif di kelas.

https://bacaterus.com/cara-menjadi-juara-kelas/

Untuk semua jurusan, aktif di kelas sangatlah penting. Khusus untuk jurusan keguruan mempunyai fungsi agar terbiasa aktif di forum-forum pertemuan baik formal maupun non-formal. Karena pekerjaan guru tidak melulu soal mengajar namun juga soal berinteraksi dengan masyarakat. Apalagi dirimu seorang guru yang mempunyai kedudukan sosial cukup tinggi di masyarakat. Sangat tidak lucu kalau kamu mahasiswa keguruan hanya pasif ketika berada di forum masyarakat.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

keguruan guru mahasiswa sukses
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top