Mengaplikasikan lotion sebelum beraktivitas memang penting agar kulit tidak terbakar karena teriknya matahari dan menjaga kelembapan kulit. Kalian pasti pernah mendengar semakin tingggi kandungan SPF pada sebuah lotion maka semakin baik.

Selain sunblock ada juga yang mengenalnya dengan sunscreen. Bisa dibilang keduanya sama. Lotion yang beredar di pasaran menawarkan tingkatan yang berbeda-beda, ada sunscreen dengan SPF 10, SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan lain sebagainya. Ada juga yang dilengkapi dengan perlindungan UVA, UVB.

Ada dua jenis SPF lotion berdasarkan kandungan dan cara kerjanya pada kulit, yaitu SPF lotion fisik dan kimia.Pada SPF lotion fisik, kandungan aktif yaitu Titanium dioxide atau zinc oxide. Kelebihan lotion fisik adalah tidak menyumbat pori-pori.Kekurangannya, warnanya terlalu putih dan sangat kental. Kadang kurang nyaman digunakan saat cuaca panas. Sedangkan pada lotion kimia, kandungan aktifnya Oxybenzone, octinoxate, avobenzone para aminobenzoic acid (PABA). Kelebihannya tidak terlalu putih atau kental. Kekurangannya memiliki risiko iritasi lebih tinggi dan dapat menyumbat pori-pori kulit.

Lalu bagaimana memilih lotion dengan kandungan SPF yang cocok sesuai jenis kulit? Berikut rangkumannya.

1. Kulit kering.

Pilihlah lotion dengan kandungan khusus yang terdiri dari lanolin, minyak mineral, atau silikon. Selain itu pilihlah lotion yang mengandung pelembap namun tetap ber-SPF. Biasanya SPF lotion ini berbentuk krim.

2. Kulit dengan flek hitam, riwayat kanker kulit, atau kulit sangat cerah.

Untuk kalian yang memiliki riwayat kulit ini dianjurkan memakai lotion dengan tingkat SPF yang tinggi, minimal SPF 30. Jika kalian terbiasa memakai lotion tipis-tipis dengan alasan kurang nyaman dengan teksturnya maupun ngirit, dianjurkan mengulanginya agar hasilnya maksimal.

3. Kulit sensitif.

Kulit sensitif di sini bisa berarti kulit berjerawat dan kulit yang gampang kemerahan. Buat kalian yang berjerawat atau memiliki kulit mudah berjerawat, pilihlah SPF lotion berbentuk gel. Karena lotion berbentuk gel dapat mengurangi kadar minyak pada kulit.

Untuk kalian yang merasa berkulit sensitif sebaiknya menghindari SPF lotion dengan pengawet atau pengharum atau SPF lotion kimia. Dianjurkan memilih lotion fisik yang risiko iritasinya lebih rendah.

4. Kulit gelap.

Kulit gelap tidak mudah terbakar saat beraktivitas di luar ruangan. Selain itu tidak rentan iritasi sehingga kalian akan lebih cocok dengan SPF lotion kimia. Penggunaan lotion fisik yang memilik karakter cenderung berwarna putih kental dapat mengganggu penampilan.

Untuk tingkatan SPF yang dikandung memiliki tingkatan melindungi yang berbeda-beda. Sunscreen dengan SPF minimal 15 dapat menyaring sekitar 93% sinar UVB. Lebih cocok untuk pemakaian sehari-hari. Lotion dengan SPF 30 melindungi hingGa 97%, sehingga cocok untuk kalian yang berkegiatan di bawah sinar matahari setidaknya lebih dari dua jam.

Dan untuk kalian yang aktivitas dengan paparan sinar matahari yang intens, disarankan menggunakan sunscreen dengan SPF di atas 30. Namun perlu diingat, semakin tinggi kandungan SPF rentan menyebabkan kanker kulit karena kandungan bahan kimianya.