×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nando Rifky

22 Februari 2021 13:18

4 Tips membuat rencana bisnis untuk UKM yang patut kamu ketahui

Jangan lakukan secara sembarangan, berikut ini tips membuat rencana bisnis untuk UKM..

4 Tips membuat rencana bisnis untuk UKM yang patut kamu ketahui

0



Tak semata-mata membutuhkan modal, bisnis juga perlu perencanaan yang matang. Sebab, dengan adanya rencana bisnis maka kamu dapat menjalankan bisnis UKM secara terstruktur dan sistematis sehingga mampu mencapai hasil yang diharapkan.

Namun, sudahkah kamu mengenal apa itu rencana bisnis? Secara sederhana, rencana bisnis merupakan pernyataan formal yang memuat alasan dan tujuan pendirian suatu bisnis serta strategi-strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana bisnis wajib dibuat oleh berbagai macam model bisnis, tak terkecuali bagi UKM.

Lantas, bagaimana membuat rencana bisnis untuk UKM? Dilansir dari Maxmanroe.com, berikut ini tips membuat rencana bisnis untuk UKM.

1. Mulai rencana bisnis UKM kamu dengan tujuan yang terukur.

Wajib bagi kamu untuk membuat target dan tujuan yang terukur. Dalam artian mempertimbangkan segala potensi yang ada dan menyesuaikannya dengan tujuan secara rasional.

Loading...

Kamu bisa menentukan berapa besaran omzet yang akan kamu raih dalam kurun waktu atau periode tahun tertentu. Dengan begini, kamu akan selalu fokus untuk meraih tujuan bisnismu di tahun tertentu yang sudah kamu tulis. Dengan menentukan tujuan dan target ini pula, kamu akan terhindar dari kegiatan lain yang bersifat non-prioritas.

2. Jangan lupakan komponen-komponen utama dalam rencana bisnis UKM kamu.

Pastikan kamu memikirkan komponen-komponen utama dalam rencana bisnis. Di antaranya, model bisnis, target pasar, analisis pesaing, dan rencana keuangan.

Pasalnya, rencana bisnis dibutuhkan untuk memberikan informasi tentang kejelasan bisnis secara mendetail. Dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran perihal progres bisnis yang dikerjakan, detail pasar, pemasaran, struktur dan strategi bisnis, serta pesaing.

3. Perhatikan format rencana bisnis.

Mengingat kamu juga perlu mencari modal usaha ke bank atau investor, pastikan rencana bisnis yang kamu buat cukup detail tapi tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Kamu bisa menjelaskan setiap komponen utama dalam garis besarnya saja. Sementara untuk detailnya, kamu bisa menjelaskannya secara lisan dalam diskusi atau saat mempresentasikannya di depan pelanggan, calon mitra, atau investor. Jika diperuntukkan secara formal bagi bank dan investor, maka rencana bisnis menggunakan media lain seperti slide show atau perangkat lunak.

4. Rutin evaluasi supaya terus berkembang.

Rencana bisnis bukanlah suatu hal yang hanya dilakukan sekali di awal pembangunan bisnis. Kamu justru perlu melakukannya dalam kurun waktu tertentu supaya bisnis yang kamu bangun bisa terus berkembang.

Kamu bisa mengevaluasi strategi yang sudah kamu terapkan pada bulan atau periode lalu untuk kemudian dikembangkan. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. Rencana kegiatan ini bisa juga dirinci dari tindakan perbulan menjadi per hari.

Intinya, buatlah kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan bagi bisnis yang kamu bangun. Hal ini dikarenakan setiap apa yang kamu lakukan terkait dengan bisnis akan selalu mengarah pada tujuan yang hendak dicapai.

Sebagai pebisnis, kamu harus memahami prinsip bahwa bisnis harus dirancang secara matang agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, penting untuk membuat rencana bisnis guna memberi gambaran secara detail terkait seluk-beluk bisnis yang telah atau akan kamu jalankan.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Bisnis UKM Bisnis UMKM
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top