Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Ahmad Muwaffiq Rosyadi

20 Oktober 2019 16:40

4 Tips belanja online di e-commerce untuk pemula

Tips-tips berguna untuk orang-orang yang baru pertama kali belanja online di e-commerce..

4 Tips belanja online di e-commerce untuk pemula

0



Belanja merupakan cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menukarkan sejumlah uang dengan barang yang dibutuhkan atau diinginkannya. Bagi sebagian orang, belanja juga merupakan cara untuk menghibur diri dan menghilangkan rasa penat. Mereka meyakini bahwa rasa lelah akibat bekerja sehari-hari dapat hilang, atau setidaknya berkurang dengan membelanjakan sebagian gaji yang mereka terima untuk membeli sesuatu yang mereka dambakan, entah itu berupa pakaian, makanan, perabotan rumah, gadget, kendaraan, atau bahkan rumah.

Belanja juga memberikan kepuasan tersendiri ketika kita bisa membeli barang untuk diberikan kepada orang-orang tersayang seperti anak, pasangan, orang tua, saudara, teman dan sahabat atau disedekahkan kepada mereka yang membutuhkan seperti anak yatim dan fakir miskin. Dengan berbagai alasan di atas, dapat disimpulkan bahwa belanja merupakan kebutuhan setiap orang tanpa memandang usia, profesi, tempat tinggal, status sosial, maupun agama.

Salah satu trend belanja yang saat ini digandrungi masyarakat Indonesia adalah belanja melalui e-commerceE-commerce merupakan sebuah aplikasi atau situs yang menyediakan platform untuk orang-orang yang ingin membuka toko online dan menawarkan barang dagangannya. Serta digunakan oleh orang-orang yang ingin mencari dan membeli barang yang mereka inginkan atau butuhkan dengan beragam metode pembayaran serta pilihan pengiriman barang.

Kehadiran e-commerce disambut dengan antusias oleh sebagian besar orang yang menginginkan kemudahan dan efisiensi dalam urusan berbelanja. E-commerce menjadi solusi untuk beberapa permasalahan. Di antaranya seperti orang-orang sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk mendatangi toko atau bertemu dengan orang yang menjual barang yang mereka cari, orang-orang yang ingin membeli suatu barang tetapi kesulitan menemukan penjual barang tersebut atau menemukan harga yang pas, serta orang-orang yang mempunyai produk/barang tetapi tidak tahu bagaimana cara memasarkannya atau tidak memiliki tempat untuk berjualan.

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata e-commerce juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya seperti kurangnya jaminan terhadap kualitas barang yang diperjualbelikan, permasalahan pada proses pembayaran yang mengakibatkan kerugian pada pembeli, hingga keterlambatan pengiriman barang dan tidak sampainya barang kepada pembeli.

Loading...

Problematika tersebut membuat beberapa orang enggan atau ragu untuk mulai berbelanja di aplikasi/situs e-commerce. Ditambah lagi di media cetak maupun online beberapa kali diberitakan kasus penipuan yang terjadi di situs/aplikasi e-commerce. Semua problematika tersebut memang tidak bisa 100% kita hindari, namun bisa kita minimalkan risikonya jika benar-benar memahami cara berbelanja online dengan bijak.

Maka dari itu, di artikel ini akan diuraikan beberapa tips untuk kamu yang akan berbelanja di e-commerce pertama kali alias pemula agar kamu bisa berbelanja online dengan nyaman dan menyenangkan.

1. Mendaftar akun.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar akun di aplikasi atau situs e-commerce yang kamu kehendaki. Ketika mendaftar, pastikan kamu mengisi seluruh data dengan informasi yang valid dan lengkap, nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan email. Gunakan nama lengkap sesuai dengan kartu identitas kamu, jangan menggunakan nama samaran atau nama pena. Jika ingin menggunakan nama sapaan yang biasa digunakan orang-orang untuk memanggilmu, maka kamu bisa menambahkannya dalam tanda kurung.

Selanjutnya adalah alamat. Isikan alamat yang selengkap dan sedetail mungkin untuk mempermudah kurir menemukan rumahmu. Jika kamu tinggal di kamar kos, kamu bisa menggunakan alamat bapak/ibu kos. Atau jika kamu jarang berada di rumah, kamu bisa menggunakan alamat tetangga atau keluargamu agar barangmu diantar ke mereka dan bisa kamu ambil ketika di rumah.

Yang tak kalah penting adalah informasi kontak. Isikan alamat email dan nomor telepon dengan benar. Alamat email berguna ketika terjadi masalah dengan akunmu seperti lupa password, maka sistem e-commerce akan mengirimkan email reset password ke alamat email tersebut. Sedangkan nomor telepon biasanya akan dihubungi kurir ketika ia kesulitan menemukan alamat rumahmu atau untuk mengabarkan hal-hal lainnya terkait pengiriman barangmu.

2. Memahami fitur dan layanan yang dimiliki oleh aplikasi/situs e-commerce.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran akun, kamu telah resmi menjadi pengguna baru di e-commerce tersebut. Eits, tunggu dulu, sebaiknya kamu jangan langsung berbelanja. Kamu perlu memahami apa saja fitur dan layanan yang dimiliki oleh e-commerce tersebut. Kamu bisa menjelajah aplikasinya dan mengecek apa saja fitur-fitur dan layanan yang ada.

Tahap ini membutuhkan waktu yang agak lama sampai kamu benar-benar mengenali situs e-commerce tersebut. Yang paling penting, kamu perlu mencari tahu bagaimana untuk mencari barang yang kamu inginkan, cara menghubungi penjual, cara melakukan checkout pesanan dan melakukan pembayaran.

3. Mencari dan membeli barang dengan bijak.

Nah, setelah kamu memahami fitur dan layana apa saja yang dimiliki oleh e-commerce tersebut, kamu bisa mulai berbelanja. Hal pertama yang kamu lakukan pasti mencari barang yang kamu inginkan.

Setelah memasukkan kata kunci dan mengklik icon search, pasti akan muncul banyak barang yang namanya berhubungan dengan kata kunci yang kamu masukkan. Terkadang barang-barang tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan apa yang kamu cari, tetapi hanya sekadar iklan dari e-commerce itu sendiri. Kamu mungkin kebingungan ketika menemukan banyak barang yang sama dari penjual yang berbeda. Jumlahnya bisa puluhan hingga ratusan.

Maka yang perlu kamu lakukan adalah mencari beberapa barang yang memiliki banyak review positif (biasanya diilustrasikan dengan bintang). Lihatlah barang tersebut satu per satu. Bacalah deskripsi serta review pembeli dengan seksama. Hal ini untuk memantapkan hatimu apakah jadi membeli barang tersebut atau tidak. Jangan ragu untuk chat penjual untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas atau tidak disebutkan pada kolom deskripsi. INGAT! Jangan mudah teriur dengan harga barang yang murah tapi review dari pembeli negatif. 

Setelah yakin untuk membeli barang tersebut, tambahkan barang itu ke troli/keranjang. Setelah itu, kamu bisa lanjut ke proses check out pesanan. Pada proses ini, biasanya kamu akan diminta untuk memilih jasa pengiriman yang tersedia dan akan ditampilkan tarifnya serta estimasi waktu pengiriman.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Biasanya akan tersedia pilihan pembayaran menggunakan kartu debit/kredit, transfer manual, bayar di tempat / cash on delivery (COD), atau pembayaran instan menggunakan uang digital seperti OVO dan Dana. Setelah melakukan pembayaran, pesanan kamu akan otomatis diteruskan ke penjual. Kamu hanya perlu menunggu pesananmu tiba sambil mengecek/melacak status pengiriman di aplikasi.

4. Memanfaatkan status pelanggan baru.

Beberapa e-commerce memberikan keistimewaan bagi pelanggan baru atau pelanggan yang baru pertama kali bertransaksi. Cari tahu apakah kamu mendapatkan keistimewaan tersebut, baik berupa potongan harga, free ongkos kirim, hingga cashback.

Pastikan kamu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini selagi masih berstatus sebagai pelanggan baru di e-commerce tersebut. Biasanya, kamu akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan tentang promo-promo tersebut, baik melalui email maupun secara langsung di aplikasi ketika melakukan checkout.

Nah, itulah tadi 4 tips berbelanja online di e-commerce bagi pemula. Semoga artikel ini bisa membuatmu yakin untuk mulai berbelanja di e-commerce.

Mungkin kamu belum begitu faham mengenai seluk beluk aplikasi atau situs e-commerce tersebut karena masih belum memiliki pengalaman bertransaksi. Tapi, lambat laun seiring berjalannya waktu kamu akan belajar dengan sendirinya bagaimana cara berbelanja online dengan bijak serta menghindari segala macam problematika yang umum terjadi ketika bertransaksi di e-commerce. Happy shopping...

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

online shop belanja online shopping belanja lifestyle
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top