×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Puput riana

29 Maret 2022 16:33

4 Tanaman herbal ini mampu sembuhkan berbagai macam penyakit

Tanaman herbal ini banyak diolah menjadi obat herbal dan digunakan dalam penyembuhan berbagai macam penyakit..

4 Tanaman herbal ini mampu sembuhkan berbagai macam penyakit

0



foto: pixabay.com

Tanaman herbal menjadi salah satu alternatif dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman herbal telah dipercaya khasiatnya mulai dari zaman dahulu hingga sekarang. Memiliki jenis yang beraneka macam, tiap tanaman herbal tentunya juga punya khasiat yang berbeda. 

Saat ini tanaman herbal banyak diolah menjadi obat herbal yang lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Campuran beberapa tanaman herbal, maka obat herbal ini akan dapat menyembuhkan berbagai penyakit secara maksimal. 

Nah, ada beberapa tanaman herbal yang sering digunakan sebagai obat herbal, di antaranya sebagai berikut. 

1. Jintan hitam.

 

Jintan hitam (Nigella sativa) atau yang biasa disebut habbatussauda adalah tanaman obat yang diambil bijinya untuk rempah-rempah. Biji jintan hitam mengandung banyak minyak atsiri sehingga bisa digunakan untuk campuran obat herbal.

Loading...

Beberapa khasiat dari habbatussauda adalah dapat menurunkan kolesterol, kaya antioksidan, dapat melawan kanker, dan sebagai penyembuhan luka.

2. Temu mangga.

 

Temu mangga (curcuma mangga rhizoma) adalah tanaman yang diambil rimpangnya untuk dijadikan rempah-rempah dan campuran obat. Tanaman ini disebut temu mangga karena memiliki aroma yang menyerupai buah mangga. Temu mangga memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pada perut, mengatasi penyakit kanker, dan penambah nafsu makan.

Kandungan yang dimiliki oleh temu mangga adalah minyak atsiri, pati, selulosa, kurkumin, dan resim.

3. Daun kelor.

 

Daun kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Daun kelor memiliki bentuk daun bulat kecil. Daun ini biasanya diolah menjadi pangan dan obat. Daun kelor disebut pohon ajaib karena memiliki banyak kandungan nutrisi seperti 7 x vitamin C pada jeruk, 4 x vitamin A pada wortel, 4 x kalsium pada susu, 2 x protein pada susu, dan 3 x potassium pada pisang.

Khasiat dari daun kelor adalah dapat mencegah diabetes, mencegah penyakit kardiovaskular, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan dapat menyehatkan mata.

4. Temu putih.

 

Temu putih (curcuma zedoaria rhizoma) adalah tanaman obat yang juga diambil rimpangnya untuk empon-empon dan campuran obat. Temu putih biasanya disebut sebagai temu kuning. Temu putih mengandung minyak atsiri, sulfur, kurkuminoid, glikosida, dan lain-lain. Kandungan ini dapat membantu menyembuhkan beberapa kondisi tubuh seperti meringankan gejala tidak enak badan, menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat perkembangan bakteri, mengatasi gejala alergi, dan penawar racun.

Itulah beberapa tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam obat herbal. Penting bagi kita untuk mengenal lebih jauh tentang tanaman obat yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Tanaman herbal obat herbal Obat Alami macam macam tanaman obat dan gambarnya
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top