Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Udin Sedunia

21 Agustus 2019 15:42

4 Tanaman herbal ini bisa digunakan unuk mengobati batuk

Untuk mengobati batuk tidak selalu harus menggunakan obat dari apotek. Dengan tanaman herbal pun batuk dapat diobati..

4 Tanaman herbal ini bisa digunakan unuk mengobati batuk

0



Gambar oleh Robert-Owen-Wahl dari Pixabay

Batuk merupakan penyakit yang mudah menyerang manusia ketika musim pancaroba seperti sekarang. Meskipun penyakit batuk sering kali dianggap sepele, namun akan menjadi masalah besar jika sudah berkepanjangan dan menggangu aktivitas sehari-hari. Obat batuk yang biasa dikonsumsi sering kali menimbulkan berbagai macam efek samping sehingga tidak sedikit orang yang mencari pengobatan dengan jenis tanaman herbal untuk batuk.

Berikut ini beberapa jenis tanaman herbal untuk membantu meredakan batuk.

1. Jeruk nipis.

4 Tanaman herbal ini bisa digunakan unuk mengobati batuk

Sumber : https://kapsulmetama.com/

Loading...

Tanaman obat ini memang bisa diketahui sebagai salah satu tanaman obat yang mempunyai manfaat bagus untuk mengobati batuk. Sudah banyak orang yang akrab dengan pengobatan batuk menggunakan jeruk nipis. Selain dikenal ampuh mengobati batuk, tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi, juga mudah diperoleh.

Cara meredakan batuk dengan jenis tanaman herbal ini, kamu cukup memeras jeruk nipis lalu ambil air perasannya untuk diminum. Jika kamu tidak tahan dengan rasa kecut dari jeruk nipisnya, kamu dapat menambahkan kecap manis ke dalam air perasan jeruk nipis tersebut.

2. Jahe.

4 Tanaman herbal ini bisa digunakan unuk mengobati batuk

Sumber: https://kapsulmetama.com/obat-maag-tradisional/

Jahe sudah dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan dan telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan tradisional. Jahe biasa diolah menjadi minuman untuk menghatkan tubuh dan untuk meredakan batuk karena kemampuan antihistamin dan dekongestannya. Cara pembuatan obat batuk dari jahe ini sangat sederhana dan mudah, berikut caranya.

- Iris 12 jahe segar yang telah dicuci bersih

- Masukkan irisan jahe ke dalam wajan dan campur dengan 3 gelas air

- Lalu didihkan selama 20 menit

- Tunggu hingga tidak terlalu panas untuk dikonsumsi. Tambahkan 1 sendok madu dan perasan lemon jika kamu tidak kuat dengan rasa pedas air jahenya

Untuk batuk kering, gunakan jahe merah untuk membuatan ramuannya. Jahe merah bisa dikunyah langsung atau diparut dan diambil air perasannya.

3. Belimbing wuluh.

4 Tanaman herbal ini bisa digunakan unuk mengobati batuk

Sumber : https://bibitbunga.com/wp-content/uploads/2017/04/manfaat-belimbing-wuluh-untuk-kesehatan.jpg

Belimbing wuluh terkenal dengan rasanya yang masam, namun ternyata tanaman ini merupakan jenis tanaman herbal untuk batuk yang cukup ampuh. Cara mengubah salah satu bumbu dapur ini menjadi obat batuk sangat mudah. Kamu hanya perlu siapkan 10 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih lalu diparut. Selanjutnya tambahkan air garam secukupnya dan saring agar ampasnya terpisah. Ramuan belimbing wuluh ini bisa kamu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

4. Kunyit dan merica.

4 Tanaman herbal ini bisa digunakan unuk mengobati batuk

Sumber : https://kapsulmetama.com/

Jenis tanaman herbal untuk batuk selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit sudah sejak lama dijadikan jamu dan sudah terbukti khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antibiotik. Antiobiotik yang terkandung dalam kunyit dipercaya dapat dapat menjadi penyembuh alami peradangan saluran pernafasan dan radang tenggorokan yang menyebabkan batuk kering.

Kamu bisa didihkan air, lalu masukan kunyit sebesar ibu jari yang telah dicuci bersih dan setegah sendok merica ke dalam air mendidih. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Konsumsi rebusan air kunyit dan merica ini selagi hangat. Agar pengobatan maksimal, kamu bisa minum ramuan ini sehari 2 kali.

Bagaimana, tanaman herbal di atas pastinya mudah ditemukan, kan? Kali ini kamu juga bisa mengatasi batuk tanpa harus membeli obat di apotek. 

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

obat batuk obat batuk alami batuk kering kunyit asam jahe merah
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top