×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Happy Wulandari

08 Juli 2020 17:41

4 Tahap yang dilakukan ilmuwan dalam menghasilkan obat untuk Covid-19

Dalam bahasa medis, tahapan ini dikenal dengan nama uji klinis..

4 Tahap yang dilakukan ilmuwan dalam menghasilkan obat untuk Covid-19

0



Di antara banyaknya pertanyaan seputar Covid-19 dan kecemasan-kecemasan yang timbul karenanya, yang paling sering ditanya adalah soal kapan pandemi ini akan berakhir dan kapan semuanya kembali seperti semula.

Kita sendiri sudah sama-sama tahu bahwa yang namanya penyakit, agar berakhir perlu obat supaya sembuh, kan? Lalu, kapan obat atau vaksinnya bisa dihasilkan? 

Nah, supaya tahu gambarannya, berikut ini pemaparan tahapan-tahapan yang akan dilalui ilmuwan ataupun ahli pengobatan dalam menemukan, menghasilkan, dan memproduksi obat-obatan tersebut.

Fase ke-1.

Obat yang sudah diramu akan diproduksi dalam jumlah yang sedikit. Belum boleh disebarluaskan dan masih dalam tahap evaluasi. Pada tahap ini obat diberikan kepada sejumlah kecil orang sehat dan penderita penyakit untuk mencari efek samping dan mengukur dosis terbaik untuk diberikan di kemudian hari.

Loading...

Ini seperti yang dialami oleh relawan untuk vaksin Covid-19 bernama Jennifer Haller, yang berpartisipasi dalam uji klinis studi keselamatan tahap pertama untuk vaksin potensial untuk COVID-19, pada Senin, 16 Maret 2020, di Kaiser Permanente Washington Health sebuah Lembaga Penelitian di Seattle.

Fase ke-2.

Setelah setiap reaksi—ataupun tidak ada reaksi—dari tahap sebelumnya dicatat, fase kedua dijalankan, yaitu dengan lebih banyak responden. Jadi, obat diberikan kepada beberapa ratus penderita atau pasien. Langkah ini fokus untuk melihat apakah obat bekerja dengan baik dan apakah ada efek samping lainnya yang sekiranya belum timbul atau tidak tercatat di fase pertama sebelumnya.

Fase ke-3.

Pada tahap ini, uji coba dilakukan dalam skala yang lebih besar. Obat diberikan kepada beberapa ratus hingga lebih dari 3,000 orang di mana dipilih sekelompok orang dengan indikator yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Uji coba pada tahap ini biasanya dilakukan secara acak dari segi waktu atau lokasi. Tahap ini bisa memakan waktu satu hingga empat tahun. Tahap ini ingin mendapat validasi terbaik tentang cara kerja obat pada penderita serta tentu saja memantau efek samping yang paling umum dari konsumsi obat yang diberikan.

Fase ke-4.

Lalu, pada tahap ini setelah melalui uji coba, evaluasi, pemantapan, dan sebagainya dari pemantauan yang didapat selama tahap 1, 2, dan 3, obat kemudian diajukan kepada departemen terkait untuk disetujui produksinya.

Setelah itu, obat-obatan yang disetujui untuk digunakan akan diproduksi dan didistribusikan sembari tetap berada dalam pemantauan berkelanjutan untuk memastikan tidak ada efek samping lain, terutama yang serius atau dalam jangka panjang.

Nah, inilah tahapan-tahapan yang dihadapi oleh institusi, praktisi, dan ilmuwan kesehatan dalam proses meramu obat-obatan sampai obat tersebut layak konsumsi hingga nantinya dapat diproduksi massal dan sampai ke tangan pasien.

Semoga informasi ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan kamu.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

obat covid-19 ilmuwan dokter vaksin
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top