×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Suryati ningsih

20 Februari 2020 15:35

4 Masalah kesehatan ini dapat terjadi jika tubuh kelebihan garam

Kelebihan garam pada tubuh dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari gagal ginjal hingga masalah tekanan darah tinggi..

4 Masalah kesehatan ini dapat terjadi jika tubuh kelebihan garam

0



Foto: Philipp Kleindienst dari Pixabay

Garam biasa digunakan untuk memasak. Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang membuat makanan menjadi lezat. Tanpa garam, masakan apa pun akan terasa hambar.

Garam yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini memiliki zat mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, kalium, hingga zat besi. Garam penting bagi tubuh untuk mengatur keseimbangan dalam tubuh. Tubuh perlu garam setidaknya satu sendok makan per hari untuk keseimbangan. Kelebihan asupan garam sebagaimana dilansir dari laman boldsky.com (17/04/2017) akan menimbulkan  masalah kesehatan dan sejumlah penyakit pada tubuh.

Berikut ini adalah lima masalah kesehatan yang dapat terjadi jika tubuh kelebihan garam.

1. Ginjal bermasalah. 

Asupan garam yang tinggi menyebabkan organ ginjal bermasalah hingga mengakibatkan  penyakit mematikan yaitu gagal ginjal. Ginjal memang membutuhkan asupan garam, namun garam yang dibutuhkan sesuai kebutuhan. Faktor utama penyakit gagal ginjal bukan dari garam, tetapi kelebihan garam mampu memicu timbulnya penyakit lain.

Loading...

Konsumsi garam pada penderita ginjal perlu dikurangi untuk memperbaiki keseimbangan cairan dalam tubuh. Mengurangi asupan garam pada penderita ginjal dapat meminimalisir risiko penyakit ginjal kronik.

2. Masalah jantung.

Kelebihan garam membuat jantung tidak sehat. Asupan garam yang tinggi dan berlebihan sebagaimana dilansir laman vivahealth.com akan menarik air ke dalam pembuluh darah sehingga meningkatkan volume darah dalam pembuluh darah.

Pembuluh darah akan membesar akibat volume darah meningkat dan dapat melukai dinding pembuluh darah. Luka dinding pada pembuluh darah akan menyebabkan pecah plak pembuluh darah akibat penumpukan kolestrol sehingga terjadi serangan jantung. Jantung tidak sehat ditandai pusing atau bernapas cepat sehingga komsumsi garam perlu dikurangi.

3. Tulang lebih rentan mengalami masalah osteoporosis.

Asupan garam yang berlebih tanpa disadari menyebabkan tubuh mengalami kekurangan kalsium hingga tubuhmu rentan terkena osteoporosis. Sebagaimana dilansir dari laman malangtimes.com (15/11/2015), hal ini terjadi disebabkan tubuh kehilangan mineral dan kalsium di dalamnya sehingga akan digantikan kalsium dari tulang.

Jika hal ini terus terjadi maka massa tulang akan berkurang sehingga tulang mudah keropos atau osteoporosis. Bagi wanita berisiko di atas umur 35 ke atas. Jika ingin terhindar dari osteoporosis maka perlu dibatasi konsumsi garam setidaknya bagi orang dewasa 2300 mg per hari atau setara 5 gram atau 1 sendok teh garam.

4. Tekanan darah mulai naik.

Garam bumbu dapur yang rasanya asin ini ternyata bisa mengelola tekanan darah. Komsumsi garam yang yang berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah naik atau hipertensi.

Garam dibutuhkan tubuh sesuai kebutuhan. Asupan garam yang berlebih dan tinggi sebagaimana dilansir dari laman lifestyle.kompas.com (20/02/2020) akan menarik banyak cairan ke dalam darah. Banyaknya cairan ke dalam darah akibat asupan garam yang tinggi mengakibatkan pembuluh darah penuh dengan cairan. Volume dan tekanan dalam pembuluh darah meningkat. Asupan garam tersebut sebagaimana dilansir dari laman lifestyle.kompas.com (20/02/2019) menyebabkan tekanannya akan melemahkan dinding arteri.

Arteri yang sudah tertekan akan menebal dan makin sempit sehingga tekanan darah naik. Itulah empat masalah kesehatan yang akan terjadi pada tubuh jika kelebihan garam. Konsumsilah garam secukupnya untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Kelebihan asupan garam pada tubuh
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top