Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Andi Adianto

19 Juni 2019 10:55

4 Gunung di Indonesia ini punya biaya pendakian termahal

Mendaki memang menjadi kegemaran anak muda zaman sekarang, namun biaya untuk mendaki bisa bikin melongo, ada yang sampai Rp50 juta!.

4 Gunung di Indonesia ini punya biaya pendakian termahal

0



Selain pantai, gunung juga merupakan salah satu tempat wisata primadona anak muda. Mendaki gunung memang sudah umum dilakukan anak muda zaman sekarang. Banyak remaja yang rela menabung hanya untuk membeli peralatan gunung atau sekadar menyewa saja. Ada beragam alasan kenapa banyak orang yang sangat suka mendaki, salah satu alasannnya karena keindahan alam di gunung.

Gunung memang mempunyai keindahan dan pesona yang berbeda-beda, misalnya saja Merbabu dengan sabananya yang indah, Rinjani dengan danau Segara Anaknya yang terkenal dan masih banyak lagi. Namun di balik itu semua, perlu banyak pengorbanan, terutama masalah biaya.

Nah, jika berbicara biaya, ternyata untuk mendaki satu gunung saja perlu biaya jutaan lho. Terlebih lagi jarak tempat tinggal dengan gunung yang akan didaki sangat jauh.

Berikut ini beberapa gunung di Indonesia yang memerlukan biaya pendakian yang cukup mahal, seperti yang penulis lansir dari berbagai sumber (15/6), berikut ini 4 diantaranya.

4. Gunung Rinjani (Rp3-4 jutaan).

Loading...

4 Gunung di Indonesia ini punya biaya pendakian termahal

Gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini memang mempunyai pesona yang sangat menawan. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini punya danau yang sangat jernih yang menjadi primadona para pendaki yaitu danau segara anak. Mengutip dari laman rinjanilombok.net (6/1/2018), perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaki gunung Rinjadi dalam 4 hari 3 malam adalah sekitar Rp3.165.000/orang dengan rincian penginapan, sewa alat pendakian, dan menyewa porter.

Biaya itu tentu saja akan jauh membengkak bila jarak tempat tinggal dari gunung Rinjani cukup jauh dan membutuhkan tranportasi seperti pesawat atau kapal. Namun biaya akan jauh sangat berkurang bila peralatan telah kamu persiapkan sendiri dan tanpa menggunakan jasa porter yang rata-rata mematok harga Rp500.000 sampai Rp1 juta untuk sekali mendaki.

 

3. Gunung Bukit Raya (Rp5–Rp 6 juta).

4 Gunung di Indonesia ini punya biaya pendakian termahal

Gunug Bukit Raya dengan puncak tertinggi yang bernama puncak Kakam ini memiliki ketinggian 2.278 mdpl. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di pulau Kalimantan bagian Indonesia ini memang tidak begitu tinggi dibandingkan dengan gunung-gunung populer di Indonesia lainnya, namun jalur pendakian memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Untuk mendakinya kita harus menempuh perjalanan darat dan sungai selama 2 hari menuju kaki gunung lalu berjalan kaki selama 3 hari untuk bisa sampai puncaknya. Perjalanan menuju puncak Gunung Bukit Raya akan melewati hutan rimba basah sambil menikmati flora dan fauna yang sangat banyak jenisnya.

Melansir dari laman touregadventure.com (26/6/2018), biaya untuk mendaki Gunung Bukit Raya sekitar Rp5.750.000/orang jika dihitung dari titik keberangkatan dari Jakarta. Biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat hingga segala sesuatu untuk sampai ke Puncak Kakam.

 

2. Gunung Binaiya (Rp5 jutaan).

4 Gunung di Indonesia ini punya biaya pendakian termahal

Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Maluku. Gunung Binaiya merupakan salah satu dari 7 Summits Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3027 mdpl. Walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi jalur pendakian relatif sulit unutk didaki karena start pendakian dari Desa Pilina terletak pada ketinggian sekitar 400 mdpl.

Biaya yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp5 jutaan bila berangkat dari Pulau Jawa. Biaya tersebut mungkin akan bertambah bila harga bahan makanan selama pendakian mengalami kenaikan harga, namun akan jauh berkurang bila tempat tinggal kamu cukup dekat dengan Gunung Binaiya yang terletak di Kepulauan Maluku ini.

 

1. Gunung Cartenz Pyramid (Rp50 jutaan).

4 Gunung di Indonesia ini punya biaya pendakian termahal

Puncak tertinggi di Pegunungan Jayawijaya ini merupakan puncak tertinggi di Indonesia sekaligus satu-satunya tempat di Indonesia yang ditutupi salju. Gunung yang terletak di Pulau Papua ini bahkan digadang-gadang mendaji gunung dengan biaya pendakian termahal di Asia Tenggara. Mengingat medan menuju pendakian yang notabene menggunakan pesawat, maka tak heran biaya yang dikeluarkan cukup fantastis.

Mengkutip dari laman qupas.com (10/7/2018), biaya yang perlu disiapkan untuk mendaki sekitar Rp50 jutaan. Mengingat tanah Papua yang harga losigtik cukup mahal dan beratnya medan, makan tak heran untuk mendaki gunung ini perlu waktu beberapa hari.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

rinjani gunung rinjani indonesia pendaki penikmat senja
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top