Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Muhammad Alif Leksono

12 November 2019 12:38

4 Cara menyalin tulisan dari buku jadi teks digital dengan Google Lens

Hanya butuh waktu lebih kurang semenit, tulisan yang ada di buku, papan, atau di mana pun akan berpindah ke ponselmu tanpa perlu mengetik ulang..

4 Cara menyalin tulisan dari buku jadi teks digital dengan Google Lens

0



Fitur-fitur terbaru dari Google memang selalu menghadirkan sesuatu yang mengejutkan bagi khalayak ramai. Karena semua teknologi berkembang dengan begitu pesat dan cepat, terlambat sedikit dalam masalah teknologi bersiaplah kamu akan disebut "kudet" sama teman-temanmu.

Salah satu fitur dari raksasa Google yang jarang orang tahu adalah Google Lens. Google Lens adalah tool berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) computer vision yang mampu menganalisa foto, mengenali objek di dalamnya, dan mengambil informasi seperti alamat dan nomor telepon (Kompas.com 7/3/2018).

Google Lens awalnya hanya tersedia pada perangkat Pixel besutan Google sendiri. Namun, pada Maret 2018 Google memberikan kepada perangkat Android dan Desember 2018 untuk pengguna iOS.

Salah satu fitur yang paling ajaib dari Google Lens adalah bisa menyalin tulisan dari buku menjadi tulisan teks. Cocok banget nih buat kamu yang mager ngetik. Enggak butuh waktu lama, hanya semenit kurang, tulisan yang ada di buku bisa kamu salin ke HP menjadi sebuat soft copy. Yuk, langsung kita coba.

1. Buka Google, lalu tekan tombol update yang terletak paling bawah.

Loading...

Halaman Utama Google

2. Tekan Logo Google Lens.

Tekan logo Google Lens


3. Inilah tampilan Google Lens.

Tampilan Google Lens

Taruh tulisan dari buku yang ingin kamu salin. Jangan lupa untuk difokusin dulu agar hasilnya nggak blur karena kalau tulisan yang kamu foto buram maka akan berpengaruh dengan hasil tulisannya. Misalnya kata yang seharusnya "Kentut" nanti hasil soft copy-nya jadi "Kenrut" atau tidak terbaca sama sekali.

Lalu tekan layar ponsel dan mulailah meng-copy teks. Setelah teks yang ingin kamu salin sudah di-copy, lalu tekan tombol "salin teks".

4. Copy and paste.

Hasil salinan teks

Setelah itu kamu bisa deh paste di tempat yang kamu inginkan. Oh iya, ada satu kekurangan dari fitur ini, yaitu kamu akan mengedit "sedikit" tulisan yang sudah disalin karena biasanya struktur tulisan yang disalin akan menyamai struktur tulisan yang ada di bukumu.

Selamat mencoba kawan-kawan.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Google Lens Google Tips and trik Salin tulisan cepat Fitur Google Lens
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top