×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Iqbal Firmansyah

09 September 2021 17:27

4 Cara membuat kegiatan belajar di rumah makin nyaman

Meski di rumah, kamu pun bisa membuat kegiatan belajarmu menjadi nyaman layaknya di sekolah..

4 Cara membuat kegiatan belajar di rumah makin nyaman

0



Foto: Compare Fibre on Unsplash

Pada pandemi Covid-19 ini membuat pelajar harus belajar penuh dari rumah guna menghindari penyebaran Covid-19 di sekolah, sehingga metode pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring) pun dilakukan. Sekolah merupakan tempat yang paling efektif untuk kegiatan belajar. Agar bisa belajar dengan nyaman seperti di sekolah, kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kegiatan belajar daringmu menjadi nyaman.

1. Mengubah rumah menjadi "sekolah".

Kamu bisa membuat ruangan di rumah layaknya ruang kelas di sekolah. Ruangan harus diisi lengkap dengan meja belajar, kursi standar, piranti kelistrikan untuk mengisi daya gawai, dll. Selain itu, penting juga memastikan sirkulasi udara yang berkualitas di ruangan, seperti akan lebih baik jika dilengkapi dengan pendingin ruangan maupun kipas angin. Dengan begitu, perasaan berada di ruang kelas akan hadir di rumah sehingga belajar jadi nyaman dan tidak mudah jenuh.

2. Koneksi internet harus stabil.

Loading...

Ini sangat penting agar selama kelas daring tidak ada gangguan jaringan seperti suara yang terputus atau video yang terganggu. Jika rumahmu menggunakan Wi-Fi, salah satu cara untuk menjamin kualitas jaringan baik adalah dengan mendekatkan perute (router) Wi-Fi di kamar atau ruangan yang menjadi tempat belajar. 

Jika tidak menggunakan Wi-Fi, maka yang perlu kamu lakukan adalah memilih provider yang paling bagus di wilayah tempat tinggal masing-masing. Pemerintah sejak awal sudah memberikan bantuan kuota belajar yang masih terus mengalir hingga saat ini yang membuatmu tidak perlu khawatir dengan kuota internet.

3. Hindari hal-hal yang mengganggu fokus.

Salah satu masalah terbesar dalam belajar daring di rumah adalah hal-hal yang bisa mengalihkan atau bahkan mengganggu fokusmu. Kondisi yang membuat sulit kala belajar di rumah adalah tidak ada teman yang sama-sama belajar dan tak ada guru yang memberikan pelajaran serta pengawasan secara bersamaan. Oleh karena itu, penting untuk menghindari hal-hal yang bisa mengganggu fokusmu seperti televisi, ponsel, hingga bermain game.

4. Siapkan makanan ringan.

Terkadang kondisi seperti belajar secara daring memiliki waktu belajar cenderung tidak teratur. Bahkan bisa dalam satu hari penuh, siswa harus ada di depan gawai atau laptop masing-masing. Tentu saja aktivitas tersebut dapat memicu terjadinya kebosanan. Maka dari itu untuk menghindari rasa bosan dan jenuh, kamu bisa menyiapkan camilan atau makanan ringan.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

covid covid-19 tips pandemi covid-19
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top