×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Muhammad Daffa Yudhistira

23 Juli 2021 12:55

4 Cara melestarikan budaya Indonesia agar tidak hilang

Mari cintai kebudayaan negeri ini, karena budaya adalah salah satu hal yang membentuk negara Indonesia. .

4 Cara melestarikan budaya Indonesia agar tidak hilang

0



Foto: Renda Eko Riyadi dari Pexels

Sering kali kita tidak menyadari, di era globalisasi saat ini banyak masyarakat yang kurang menghargai kebudayaan Indonesia yang beragam. Semangat nasionalisme di Indonesia patut dipertanyakan karena dampak globalisasi. Hal ini menjadi pertanyaan yang lebih besar di kalangan anak muda karena mereka adalah penerus bangsa. Nasionalisme mengacu pada cinta tanah air yang dipengaruhi oleh keterikatan emosional sebagai warga negara Indonesia.

Penulis sendiri sebagai warga Indonesia sangat bangga dengan banyaknya budaya yang unik dan menarik dari Sabang sampai Merauke. Seperti kesenian, adat, dan makanan khas daerah yang sangat beragam. Namun sungguh aneh sebagai anak bangsa banyak pemuda yang tidak mengetahui dan melupakan budayanya sendiri.

Dulu adat dan budaya sering kali dipakai untuk acara pernikahan, tetapi saat ini lebih banyak kalangan pemuda yang meninggalkan acara adat tersebut karena dianggap kuno dan lebih memilih acara yang bertema kebarat-baratan. Padahal banyak orang asing yang lebih ingin belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu banyak negeri asing yang mengakui budaya Indonesia.

Nah, berikut ini contoh budaya yang mulai hilang dan dilupakan oleh masyarakat Indonesia seperti yang dilansir dari arahkata.pikiran-rakyat.com.

1. Tari Bontek.

Loading...

Seni tari ini berasal dari Pulau Meranti, Provinsi Riau yang menyimpan segudang budaya dan kesenian khas dengan Melayunya. Tetapi di balik kekayaan aset budayanya, tarian ini mulai redup dan terlupakan. Tarian ini berasal dari Desa Tanjung Padang, Meranti, Riau.

2. Tari Balumpa.

Tarian ini berasal dari Wakatobi daerah Binongko dan Buton, Sulawesi Tenggara. Tari Balumpa ini disuguhkan untuk menghormati para tamu atau pejabat-pejabat tinggi yang datang ke daerahnya.

3. Tari Renggong Manis.

Seni tari ini termasuk salah satu tarian Betawi yang berasal dari budaya Cina Klasik, Betawi, dan Arab. Gerakan tari yang dinamis dan penuh keceriaan jadi alasan tarian ini jadi media untuk menyambut tamu khusus.

Salah satu budaya yang penulis sukai saat ini adalah Mandau Terbang yang berasal dari Suku Dayak. Tidak seperti senjata adat lainnya, menurut penulis senjata yang satu ini sangatlah unik. Pengguna senjata ini bisa menggunakannya seolah-olah Mandau tersebut bisa terbang. Suku Dayak percaya hal ini dapat terjadi karena Mandau yang diturunkan oleh nenek moyangnya tersebut di dalamnya bersemayam roh-roh pendahulu mereka.

Sayangnya saat ini pengguna Mandau Terbang mulai berkurang jumlahnya. Lalu apa penyebab hal tersebut bisa terjadi? Menurut penulis generasi muda seharusnya meneruskan dan mempelajari budaya yang mulai terlupakan, bukannya malah mencintai budaya negeri lain yang tidak membawa dampak positif. Menurut republika.co.id, masyarakat Indonesia belum menjadikan usaha menjaga dan melestarikan sebagai sebuah kebutuhan, informasi terkait kearifan budaya lokal belum menyebar luas, dan rasa ingin tahu yang kurang.

Kebudayaan adalah salah satu yang menggambarkan sifat nasionalis. Lalu, bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi lagi? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mempelajari budaya lokal.

Salah satu cara untuk melestarikan budaya lokal yaitu dengan memahami budaya itu sendiri. Kita harus mengetahui berbagai macam informasi berkaitan dengan budaya dari berbagai sumber, mulai dari Ensiklopedia, buku, bahkan surat kabar. Dengan begitu, kita bisa mengetahui budaya apa saja yang harus dilestarikan dalam era globalisasi agar tidak punah.

2. Mengikuti kegiatan kebudayaan.

Setelah mengetahui berbagai informasi dan karakteristik dari budaya lokal kita, selanjutnya yaitu mengikuti kegiatan budaya tersebut. Kita bisa mengikuti kegiatan budaya dan bahkan menyeleggarakanya, seperti perlombaan tari tradisional atau membuat festival yang berisi berbagai makanan khas dari berbagai daerah. Mengikuti kegiatan kebudayaan dapat menambah rasa cinta pada kultur yang ada di Indonesia.

3. Mengenalkan produk lokal Indonesia.

Kita bisa melestarikan budaya dengan cara mengenalkan berbagai kesenian dan budaya melalui jejaring sosial hanya dengan postingan foto di media sosial. Hal tersebut dapat memperkenalkan budaya lokal di kancah internasional. Contohnya seperti menggunakan produk budaya lokal. Jika berada di luar negeri kita juga harus memilih produk dari Indonesia ketimbang produk hasil impor.

4. Jadikan budaya sebagai Indonesia.

Jika kita memiliki rasa bangga terhadap budaya kita sendiri maka budaya tersebut tidak akan hilang tergantikan oleh budaya asing karena pengaruh globalisasi. Mulai dari hal hal kecil seperti menggunakan bahasa daerah masing-masing dan menjaga sopan santun seperti yang selalu diajarkan kepada kita.

Mari cintai kebudayaan negeri ini, karena budaya adalah salah satu hal yang membentuk negara Indonesia. Mulai dari memperkenalkan kebudayaan Indonesia sejak dini dan menanamkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Dengan menerapkan hal tersebut maka Indonesia akan menjadi negara yang bersatu warganya walaupun memiliki banyak perbedaan. Bersama-sama kita wujudkan semboyan bangsa Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga budaya Indonesia tetap terjaga dan diharapkan tidak akan ada lagi perpecahan di negeri ini sehingga menjadikan Indonesia negara yang aman, adil, dan makmur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

nasionalisme Kebudayaan globalisasi
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top