×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Sinra MC

02 Maret 2021 12:47

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk menjaga kesehatan mentalmu..

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

0



Semakin hari makin banyak tekanan dan masalah emosional yang harus dialami, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Saat mengalami tekanan, seseorang akan cenderung mencari cara untuk mengatasi stres yang ia alami.

Ada yang mengatasinya dengan mencari hiburan untuk menenangkan diri seperti menonton TV atau mendengarkan musik. Ada pula yang  mencari pertolongan dari orang lain, seperti curhat dengan teman ataupun bertemu dengan psikolog atau psikiater.

Tahukah kamu bahwa sekarang banyak sekali aplikasi self-help yang dapat membantumu menjaga kesehatan mentalmu. Aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah emosional yang kamu alami seperti stres, cemas, dan depresi.

Selain mengatasi masalah emosional yang kamu alami, beberapa aplikasi ini juga dapat membantumu lebih mengenal bagaimana kamu merespon saat menghadapi suatu tekanan, dan bagaimana cara yang tepat untukmu mengatasi tekanan tersebut.

Berikut adalah empat aplikasi self-help yang dapat membantu menjaga kesehatan mental dan mengatasi masalah emosional yang kamu alami.

Loading...

1. Wysa: Stress, Depression, & Anxiety Therapy Chatbot.

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

Saat merasa tertekan karena masalah atau bingung untuk mencari teman curhat kala butuh nasihat, kamu bisa menggunakan aplikasi Wysa. Selain memiliki fitur untuk mencatat suasana hati, meditasi, dan artikel tentang kesehatan mental, Wysa juga memiliki fitur chatbot yang dapat kamu gunakan untuk menceritakan masalah apa yang sedang kamu alami. Fitur chatbot ini kemudian akan membantumu menentukan prioritas masalah yang ingin kamu selesaikan, dan membantu menemukan solusi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

Selain fitur chatbot, Wysa juga memilki fitur chat dengan tenaga ahli profesional yang juga bisa kamu gunakan. Sejauh ini Wysa sudah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna dan mendapatkan rating 4.8 di Google Playstore.

2. Self-help Anxiety Management (SAMapp).

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

Kecemasan merupakan salah satu respon dari stres yang dialami. Saat merasa cemas, kamu akan sulit untuk memikirkan solusi atau bahkan menemukan akar permasalahan yang kamu hadapi. Saat merasa cemas kamu bisa menggunakan SAMapp. Fitur yang dimiliki oleh SAMapp antara lain Anxiety Tracker, Anxiety Toolkit, Self-Help with Sam, Help for Anxiety NOW, serta Social Cloud.

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

Fitur-fitur ini membantumu untuk menemukan penyebab kecemasan yang kamu alami, memberikan beberapa pilihan solusi yang bisa kamu gunakan untuk kecemasanmu, serta membantu melakukan pertolongan pertama pada dirimu saat mengalami kecemasan.

SAMapp juga memiliki Social Cloud, yaitu fitur di mana kamu bisa berkomunikasi dengan pengguna lain dan berbagi ceritamu dengan mereka. SAMapp merupakan aplikasi garapan Universitas BRISTOL di Inggris dengan 500k lebih pengguna dan rating 3.9 di Playstore.

3. MindDoc - Your Mental Health Companion.

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

MindDoc merupakan aplikasi yang fokus untuk menjaga kesehatan mental dari penggunanya. Dengan menggunakan konsep online therapy, kamu bisa menceritakan apa yang sedang kamu alami pada fitur chatbot. Kamu juga bisa menggunakan fitur chatbot untuk membantumu berpikir lebih jernih saat sedang stres dan cemas. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur jurnal suasana hati untuk mencatat suasana hati dan produktivitasmu hari itu. 

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

MindDoc juga akan memberikan notifikasi berupa pertanyaan untuk mengecek kesehatan mentalmu setiap hari. Aplikasi ini juga menyediakan fitur sesi terapi yang bisa kamu dengarkan sesuai dengan kebutuhanmu. Sejauh ini MindDoc sudah digunakan oleh satu juta lebih pengguna dengan rating 4.5 di Playstore.

4. WellTrack-Interactive Self-Help Therapy.

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

WellTrack merupakan aplikasi yang dapat membantumu memahami lebih dalam tentang kesehatan mental dan bagaimana mengolah kesehatan mentalmu saat stres menghadapi berbagai tantangan hidup.

Aplikasi ini memiliki fitur edukasi berupa sesi belajar tentang kesehatan mental, jurnal suasana hati dan pemikiran, dan aktivitas untuk membantu suasana hati menjadi lebih baik. WellTrack juga memiliki fitur untuk mengukur tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang kamu alami. 

4 Aplikasi self help untuk bantu menjaga kesehatan mentalmu

Sejauh ini WellTrack sudah digunakan oleh 80k lebih pengguna dengan rating 3.2 di Playstore.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Stres Aplikasi self help Kesehatan mental
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top