×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Nugie Dwitama

03 Agustus 2020 14:59

4 Alasan ini membuat banyak Blogger berpindah ke Wordpress

Kamu termasuk pengguna platform apa?.

4 Alasan ini membuat banyak Blogger berpindah ke Wordpress

0



Banyak Blogger pemula yang merintis blog menggunakan platform Blogger. Bisa jadi alasannya karena gratis dan kemudahan akses sehingga mereka lebih memilih menggunakan platform Blogger daripada CMS Wordpress self hosted.

Namun tak jarang juga Blogger yang melakukan migrasi atau memindahkan blognya dari platform Blogger ke CMS Wordpress self hosted. Banyak sekali alasan Blogger melakukan migrasi dari platform Blogger ke CMS Wordpress. 

Salah satunya dialami oleh seorang developer template Blogger profesional bernama Sugeng. Ia sudah membuat beberapa template khusus Blogger seperti evomags, Viomagz, linkmagz, dan Viotoko. Awalnya ia masih menggunakan platform Blogger sebagai tempat untuk menjual karyanya, namun beberapa bulan lalu ia memindahkan blognya ke Wordpress self hosted. Alasannya karena ketersediaan fitur sebab menurutnya di Wordpress self hosted berfitur lebih lengkap.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan banyak orang yang memindahkan blognya dari Blogger ke CMS Wordpress. 

1. Kelengkapan fitur di Wordpress self hosted lebih baik dibandingkan dengan Blogger.

Loading...

Kelengkapan fitur merupakan alasan terbanyak untuk Blogger yang memigrasikan blognya. Memang ketersediaan fitur di Wordpress lebih banyak jika dibandingkan dengan platform Blogger, bahkan bisa dikatakan tanpa batas. Sebagai contoh adalah penggunaan plugin. Di platform Blogger tidak ada fitur penginstalan plugin, padahal plugin sangat berguna untuk mengoptimasi blog.

Sebagai contoh kamu ingin menambahkan postingan terkait otomatis di tengah artikel. Jika menggunakan platform Blogger kamu harus masuk ke editor tema dan harus mengerti pemrograman. Karena jika tidak maka akan sangat sulit.

Berbeda jika menggunakan Wordpress. Kamu hanya perlu menginstal plugin dan mengaturnya tanpa harus coding atau paham mengenai pemrograman. Jadi sangat jelas bahwa Wordpress lebih unggul dari Blogger di segi ketersediaan fitur.

2. Pilihan template yang lebih banyak.

Perlu kamu ketahui bahwa lebih banyak template untuk Wordpress daripada template untuk platform Blogger. Bahkan template Wordpress banyak sekali yang gratisan, tetapi bukan nulled.

Berbeda dengan platform Blogger yang rata-rata template-nya berbayar atau premium meskipun banyak sekali yang membagikan template Blogger gratis di Google. Tetapi hati-hati jika kamu men-download template Blogger gratis di Google karena template tersebut biasanya sudah tidak bersih. Template yang kamu download gratis di Google merupakan template ilegal atau melanggar hak cipta. Hargailah developer template yang susah payah membuat template tersebut. Bahkan Wordpress sendiri menyediakan ribuan template gratis yang bisa kamu gunakan tanpa harus men-download karena sudah tersedia di dashboard wp-admin kamu.

3. Wordpress self hosted lebih aman dan nyaman karena milik sendiri.

Maksud dari kata aman dan nyaman karena milik sendiri adalah blog yang menggunakan Wordpress self hosted atau hosting milik sendiri lebih aman jika dibandingkan dengan platform Blogger. Mungkin kamu pernah mendengar kasus di mana blog yang sudah dibangun bertahun-tahun hilang sekejap karena di-banned atau dihapus oleh pihak Blogger. Nah, itu alasan kenapa Wordpress self hosted lebih aman dan nyaman.

Bayangkan saja jika kamu memiliki blog dan sudah mulai ramai pengunjung, tetapi tiba-tiba blog kamu dihapus karena dianggap melanggar kebijakan platform Blogger. Maka kamu harus mulai dari awal lagi dan kerja keras kamu untuk membangun blog akan sia-sia. Jadi sekarang keputusan ada di tangan kamu, masih mau menggunakan platform Blogger atau migrasi ke Wordpress self hosted.

4. Pengaturan permalink.

Meskipun tidak terlalu menjadi masalah tetapi pengaturan permalink juga menjadi salah satu alasan Blogger memigrasi blognya ke Wordpress. Karena di Wordpress kamu bisa mengubah format permalink sesuai keinginanmu, tidak seperti platform Blogger yang hanya bisa menggunakan satu permalink custom. Dan di Wordpress kamu bisa menggunakan www atau tidak menggunakan www, tidak seperti platform Blogger yang harus menggunakan www.

Contoh url postingan yang menggunakan Blogger:

https://www.domaincontoh.com/2020/07/judu-artikel-kamu.html

Contoh url postingan blog yang menggunakan Wordpress:

https://domaincontoh.com/p-12
https://domaincontoh.com/2020/07/judul-artikel-kamu
https://domaincontoh.com/kategori/judul-artikel-kamu
https://domain contoh.com/page-name

Jadi di Wordpress kamu bisa mengatur permalink. Mau menggunakan www atau tidak, mau permalink yang seperti apa, bahkan bisa kamu custom sendiri permalinknya. Demikian beberapa alasan Blogger yang memigrasikan blognya ke Wordpress self hosted. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semua.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top