Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita adalah suatu hal yang wajib. Dalam usaha-usaha kita untuk menjaga dan memeliharan kesehatan serta kebugaran tubuh kita salah satunya dapat kita lakukan dengan berolahraga. Berolahraga adalah aktivitas fisik yang sengaja kita lakukan dengan teknik dan cara tertentu, yang dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan atau panduan dari sumber-sumber pengetahuan tentang keolahragaan.

Pada kegiatan berolahraga, ruang lingkupnya tidak hanya tentang aktivitas fisik saja. Terdapat aktivitas berolahraga secara psikis yang manfaatnya bisa semakin membantu kita dalam mengoptimalisasi usaha kita untuk menjaga serta memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh kita secara utuh atau sempurna.

Jika berolahraga secara fisik bertujuan untuk memelihara dan menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh kita secara fisik, maka berolahraga secara psikis adalah bertujuan untuk memelihara dan menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh kita secara psikis. Adapun beberapa jenis-jenis berolahraga secara psikis yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan aktivitas beribadah dengan baik dan benar secara rutin, sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya masing-masing.

Aktivitas beribadah dapat membuka kepekaan kita terhadap Tuhan, sesama umat manusia, lingkungan hidup dan alam, serta emosi-emosi yang ada di dalam diri manusia. Hal tersebut jika dilakukan secara sungguh-sungguh dan baik dapat membantu kita untuk membentuk diri kita agar bisa semakin lebih baik lagi, sehat, dan cantik. Membantu kita mengelola dan mengenal diri kita sendiri, dengan segala emosi atau ciri khas dari diri seorang manusia yang sering kali banyak mengalami pergolakan batin atau dilema. Itu merupakan aktivitas berolahraga secara psikis. Artinya ada aktivitas-aktivitas beraturan yang kita lakukan dengan sengaja untuk membantu diri kita agar semakin sehat, baik, dan cantik.

2. Rajin membaca atau belajar atau berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki semangat dan energi positif.

Ruang diskusi atau ruang belajar yang positif ternyata dapat dijadikan sebagai suatu aktivitas berolahraga secara psikis. Hal tersebut dikarenakan dalam aktivitas atau kegiatan yang terbangun atau sedang dilakukan di dalam ruang diskusi tersebut dapat menstimulasi atau membantu kita agar bisa semakin banyak memiliki ilmu pengetahuan, pengalaman, dan kesempatan. Adanya tukar pikiran, obrolan hangat yang saling mengenal dan menghargai, sikap yang mau saling memahami dan membantu satu sama lain adalah media-media yang dapat membantu usaha kita menyegarkan atau menjaga kesehatan serta kebugaran psikis kita dengan baik dan benar.

3. Melakukan hobi.

Melakukan hobi kita ternyata dapat dikategorikan sebagai aktivitas berolahraga secara psikis. Walaupun mungkin hobi kita adalah sebuah aktivitas fisik, tapi secara psikologis hal tersebut juga dapat dikategorikan sebagai salah satu aktivitas yang membantu kita untuk bisa berolahraga secara psikis.

Adanya kepuasan dan rasa senang atau rasa semangat dari terlaksananya aktivitas hobi kita merupakan pemenuhan untuk berolahraga secara psikis terhadap tubuh kita. Membantu terbentuknya keadaan yang nyaman, senang, bersemangat, bergairah yang itu dapat membantu usaha kita dalam menjaga serta memelihara kesehatan kita secara psikis.

4. Memiliki keinginan untuk maju dan sukses.

Rasa memiliki keinginan untuk maju dan sukses itu bisa terbentuk dari stimulasi eksternal karena keadaan lingkungan atau motivasi dari lingkungan, dan dari stimulasi internal atau karena motivasi dari dalam diri kita sendiri. Adanya keinginan untuk maju dan sukses itu membuat kita bisa menjadi lebih bersemangat dan bergairah. Secara psikologis hal tersebut merupakan proses tumbuh kembang yang baik, dan secara fisik keadaan tersebut juga bisa membuat kita mempunyai keinginan-keinginan untuk bergerak, yang itu jika dilakukan dengan baik dan benar maka akan menjadi sebuah aktivitas berolahraga secara fisik dan psikis yang sempurna.