Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
SRI ANZELI SIPAYUNG

21 Agustus 2019 15:22

3 Tips ampuh mengatasi stres yang bisa kamu coba

Jika stres, jangan larut dalam kesedihan karena tak baik bagi kesehatan. Coba lakukan beberapa cara berikut ini..

3 Tips ampuh mengatasi stres yang bisa kamu coba

0



Gambar oleh Robin Higgins dari Pixabay

Dari pengalaman penulis, banyak orang yang bilang "Aku lagi stress,nih!" Banyak sekali orang-orang yang mengutarakan bahwa dirinya sedang stres. Mereka bahkan ada yang sampai ingin bunuh diri atau jadi orang yang suka menyendiri. Tapi sebenarnya apa sih stres itu?

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, stress adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa dari luar maupun dari dalam. 

Adapun Weinberg dan Gould (2003) mendefinisikan stres sebagai “a substantial imbalance between demand (physical and psychological) and response capability, under condition where failure to meet that demand has importance concequencesArtinya, ada ketidakseimbangan antara tuntutan (fisik dan psikis) dan kemampuan memenuhinya. Gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut akan berdampak krusial.

Nah, kesimpulannya stres bisa dikatakan sebagai suatu pelampiasan karena banyaknya beban yang tidak tahu mau dibawa ke mana dan diapakan, serta bagaimana cara mengatasinya.

Banyak sekali yang tidak sadar bahwa sebenarnya gampang sekali cara untuk menghilangkan stres. Nah, berikut tips untuk menghilangkan stres yang paling ampuh menurut penulis berdasarkan defenisi stres dan pengalaman penulis sendiri.

Loading...

1. Menceritakan masalah kita dengan orang lain.

Mengapa menceritakan masalah dengan orang lain bisa menghilangkan stres? Karena pada umumnya kamu stres itu karena menyimpan beban di dalam dirimu sendiri. Cobalah berbagi dengan orang terdekatmu. Mintalah saran dan bantuan mereka atas masalahmu. Dengan demikian pikiran kamu akan merasa lebih tenang.

2. Berdoa.

Nah, berikut ini merupakan cara yang hampir sama dengan menceritakan masalah kita dengan orang lain. Bedanya kali ini kamu ceritakan dengan Tuhan. Menurut saya, Tuhanlah yang paling tahu apa solusi dari masalah kamu. Apabila kamu menceritakan masalah-masalah kamu kepada Yang Maha Kuasa lewat doa, saya rasa tidak diragukan lagi kamu pasti merasa lega setelah melakukannya.

3. Meditasi atau mendengarkan Mozart Relaxation Music.

Berikut ini salah satu cara yang paling gampang dan banyak disukai generasi zaman now. Kamu hanya perlu buka YouTube lalu search Mozart Relaxation Music, maka stres kamu bisa hilang, lho.

Selain itu kamu juga bisa mendengarkan Mozart (Music Classic) tersebut sambil meditasi. Karena dengan mendengar musik Mozart pikiranmu akan lebih tenang dan kamu juga bisa melupakan masalah-masalah yang kamu hadapi tersebut saat mendengarkannya.

Nah, demikian beberapa tips ampuh menghilangkan stres. Jangan putus asa dan tetap semangat. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, sob. Selamat mencoba.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

stress kesehatan otak tetapsemangat gejala stress #melepasstress
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top