Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Syamsul Muqorrobin

11 September 2019 13:56

3 Tahapan untuk membuat anak mandiri dalam mengambil keputusan

Orang tua perlu meningkatkan kualitas interaksi dengan anak yang diaktualisasikan secara terencana dan sistematis untuk membentuk karakter anak..

3 Tahapan untuk membuat anak mandiri dalam mengambil keputusan

0



Sebelum saya menuliskan artikel ini, saya sudah mempraktikkan pada anak saya dan hasilnya sangat baik. Bagi anak yang mengalami kesulitan untuk memulai berbuat sesuatu, lebih disebabkan anak tidak tahu menyusun jalan pikirannya untuk melakukan proses kegiatan yang hendak dilakukan tersebut. Anak belum mampu menyusun tahapan-tahapan untuk melakukan suatu kegiatan hingga kegiatan dapat diwujudkan dan diselesaikan. Di sinilah pentingnya aspek keterampilan teknis, yaitu kemampuan menyusun kerangka berpikir dan berbuat secara terfokus bagi seorang anak dengan terarah dan terukur step by step untuk melakukan proses kegiatan. Aspek keterampilan teknis tersebut meliputi pengetahuan taktis, metodis, dan imajinatif.

1. Taktis.

Taktis mengandung arti seorang anak berupaya mengarahkan proses berpikir, bertindak cepat dan efektif secara terukur dan terarah langsung menuju objek sasaran usaha. Taktis ini menunjukkan kecekatan dan keterampilan mengelola pemikiran untuk bertindak cepar dan tepat dalam memproses suatu rangsangan yang dihadapi. Untuk melatih pengetahuan taktis ini dengan membiasakan seorang anak mengamati atau melakukan observasi segala sesuatu secara detail.

2. Metodis.

Metodis mengandung arti prosedur bagaimana seorang anak menggerakkan proses penalaran dan tindakan efektif dalam memproses pokok masalah sehingga dapat mengurai, menyusun, menimbang, dan memecahkan pokok masalah dalam bentuk pola tindakan atau prakarsa. Untuk melatih pengetahuan metodis, membiasakan dengan cara analisis (mengurai unsur), sintesis (menyusun), dan evaluasi (menilai). Cara efektif untuk melatih pengetahuan metodis anak dapat dilakukan dengan membiasakan memberi contoh dan langsung dalam penyelesaian suatu soal (masalah) atau pekerjaan dan melibatkan anak langsung dalam pemecahan masalah.

Loading...

3. Imajinatif.

Imajinatif mengandung arti cara berpikir kreatif seorang anak dalam menelaah dan memecahkan pokok masalah dengan memperhitungkan kemungkinan yang dapat dimunculkan dalam mengatasi pokok masalah. Untuk memudahkan anak berpikir kreatif dalam mengobservasi atau pengamatan adalah dengan cara seorang anak membayangkan gambaran bentuk objek masalah dan pikirkan unsur-unsur penting yang membentuk gambaran atau sesuatu yang dapat memengaruhi gambaran tersebut melalui proses analisis, sintetis, dan evaluasi.

Orang tua harus dapat mengarahkan anak untuk tidak ragu-ragu mengembangkan pikiran kreatifnya mengkaji berbagai kemungkinan dan banyak sisi dalam mencari kunci jawaban masalah yang dihadapinya (Misalnya, kalau begini bagaimana ya? Atau kalau begitu bagaimana ya jadinya? Kalau dibuat seperti ini bagaimana jadinya dan bagaimana mengantisipasi keinungkinan-kemungkinan lain yang terjadi ya?). Kini sudah saatnya orang tua memikirkan dan meningkatkan kualitas interaksi dengan anak dan kualitas interaksi yang sengaja diaktualisasikan atau dimunculkan secara terencana dan sistematis untuk membentuk karakter dan sifat dasar anak sejak dini.

Source

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

anak mandiri masalah anak masalah orang tua pola asuh anak kemandirian anak
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top