×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Crusita Maharani Samsudin

23 Maret 2021 16:06

3 Macam sedekah dalam Islam yang wajib kamu ketahui

Kamu bisa coba mengamalkan tiga sedekah dalam Islam berikut ini..

3 Macam sedekah dalam Islam yang wajib kamu ketahui

0



Dalam Islam terdapat beberapa macam bentuk sedekah. Masing-masing sedekah memiliki keutamaan yang begitu besar. Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda beserta berkah yang luar biasa bagi seseorang yang rajin bersedekah.

Sedekah merupakan salah satu bentuk amalan yang bisa mendatangkan pahala dan juga sangat membantu bagi sesama manusia. Sedekah ialah bentuk pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi jumlah tertentu serta bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Hukum sedekah adalah sunah, apabila dikerjakan dengan ikhlas dari hati dan keimanan serta semata-mata hanya mengharapkan ridha dari Allah SWT, maka seseorang yang melakukannya akan mendapatkan keutamaan sedekah.

Sedekah ternyata tidak hanya berupa materi atau uang saja, melainkan lebih dari itu. Sedekah bisa dalam bentuk non materi maupun amal jariyah. Berikut macam-macam sedekah dalam Islam yang wajib kamu ketahui dan dapat kamu amalkan.

1. Sedekah jariyah.

Sedekah jariyah ialah salah satu sedekah yang manfaatnya mengalir terus menerus kepada orang lain. Contoh sedekah jariyah yakni menyedekahkan hartanya untuk membangun masjid, sekolah, pesantren, ataupun fasilitas umum lainnya yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Pahala sedekah jariyah akan terus ada bagi seseorang yang mengamalkannya sekalipun orang tersebut telah meninggal dunia, karena apa yang sudah ia sedekahkan masih terus dimanfaatkan oleh orang lain di dunia.

Loading...

Terkait sedekah jariyah ini, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Jika manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya. Kecuali tiga, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya." (H.R. At-Tirmidzi).

2. Sedekah materi.

Sedekah materi ini bisa berupa uang, barang, makanan, minuman, pakaian dan lain-lain. Pahala yang didapatkan oleh seseorang yang memberikan sedekah materi pada orang lain sama besarnya dengan pahala orang yang diberikan sedekah.

3. Sedekah non-materi.

Sedekah non materi ialah salah satu jenis sedekah yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan materi sama sekali. Sedekah ini berbentuk tenaga, pikiran, nasihat, atau bahkan hanya sebuah senyuman tulus kepada orang lain.

Ketika kamu tidak mempunyai materi untuk bersedekah, sedekah non-materi ialah sedekah yang bisa kamu lakukan dengan mengharapkan ridha dari Allah SWT. Apalagi memberikan senyuman yang tulus kepada orang lain merupakan ibadah sedekah non-materi yang pahalanya sangat besar. Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW:

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah, perintahmu kepada berbuat baik dan mencegah kemungkaran adalah sedekah, petunjukmu kepada seseorang yang tersesat adalah sedekah, menuntunmu kepada orang yang kabur penglihatannya adalah sedekah, kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan (yang dapat membahayakan pengguna jalan) adalah sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah." (H.R. At-Tirmidzi).

Itulah beberapa penjelasan terkait macam-macam sedekah dalam Islam yang wajib kamu ketahui dan dapat kamu amalkan dengan jaminan pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#sedekah #islam #muslim #ibadah
Loading...
Creator Banner

Gak perlu khawatir, tulisan kamu bisa tetap
TERBACA DAN TRENDING di Brilio.net

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

ON FIRE

MORE
Back To Top