×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Home >> Creator
Rita Agustin

03 April 2020 12:25

3 Langkah untuk menghilangkan rasa bosan #dirumahaja

Begini cara memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki agar lebih bermanfaat..

3 Langkah untuk menghilangkan rasa bosan #dirumahaja

0



Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Virus Corona atau Covid-19 yang belakangan ini menyebar di Indonesia memang bikin ribet, ya! Gimana nggak, semua aktivitas yang harusnya kita lakukan di luar ruangan, mulai dari sekolah, kerja, ibadah semuanya harus dilakukan di rumah. Kebijakan Pemerintah ini memang dilakukan untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

Banyak orang yang senang ketika akhirnya mereka harus belajar atau kerja dari rumah karena selain nggak perlu repot-repot keluar rumah, desak-desakan naik transportasi umum, dan kena macet, mereka juga bisa lebih menghemat budget bulanan.

Namun untuk orang-orang extrovert, #dirumahaja bisa dibilang nggak banget deh. Sebagai orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, pasti ada rasa bosan tersendiri ketika dipaksa untuk #dirumahaja dalam jangka waktu yang lama. Yet life must go on, whatever happens.

Seorang motivator dunia, Stephen R Covey mengatakan, “Highly effective people don’t blame circumtances, conditions, or conditioning their behavior. Their behavior is a product of their own conscious choice”.

Nah, daripada menyalahkan keadaan, alangkah lebih baik kalau kita mencari cara untuk menghilangkan rasa bosan #dirumah aja. Berikut ini sedikit tips mengenai berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk membunuh rasa bosan #dirumah aja.

Loading...

1. Decluttering.

Decluttering atau bahasa akrabnya dikenal dengan beres-beres rumah menjadi salah satu kegiatan wajib yang bisa kita kerjain di rumah. Selain bisa menghilangkan rasa bosan, ternyata decluttering juga bisa menghilangkan stres lho.

Dengan decluttering, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

- Alternatif olahraga.

Decluttering tentunya sedikit menguras tenaga, dan ini bisa kita jadikan sebagai alternatif kalau malas keluar rumah untuk olahraga. Walau bagaimanapun, badan kita harus tetap bergerak supaya sehat. Decluttering pun bisa jadi pilihan!

- Menjadi pribadi yang disiplin dan terorganisir.

Ruangan berantakan tentunya membuat kita pusing, bingung, dan buang-buang waktu ketika mencari suatu benda. Nah, decluttering tentu akan membuat kita lebih disiplin karena kita bisa memilah dan memilih benda mana yang sekiranya sudah tidak terpakai. Untuk barang yang masih bisa digunakan, dapat disimpan lagi dan untuk barang-barang yang sekiranya sudah tidak digunakan, bisa dibuang atau didonasikan (jika masih layak).

- Menjadi ladang sedekah.

Untuk barang-barang yang sudah bertahun-tahun lamanya tersimpan di dalam lemari seperti pakaian yang sudah kecil, sepatu yang tidak dipakai lagi, dan lain sebagainya, dapat kita donasikan kepada yang lebih membutuhkan. Daripada menyimpannya terlalu lama dan tidak lagi bermanfaat, lebih baik kita berikan kepada yang membutuhkan sehingga barang tersebut menjadi bermanfaat kembali.

- Menjadi lebih fokus.

Ruangan yang berantakan tentunya dapat menganggu konsentrasi kita dalam mengerjakan pekerjaan. Kalau konsentrasi terganggu, maka produktivitas pun berkurang. Hasilnya, pekerjaan dapat memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan. Jika kamu berada di area yang bersih, rapi, dan nyaman, maka otakmu akan lebih mudah mencerna informasi, sehingga dapat menjadi lebih produktif dan nggak gagal fokus.

Sehat banget kan manfaat decluttering ini untuk jiwa dan raga? So, tunggu apalagi? Yuk mulai rapikan barang-barang kamu di rumah.

2. Membaca buku.

Kegiatan yang juga bisa kita lakukan di rumah adalah membaca buku. Yes, guys! Banyak banget buku-buku bagus untuk dibaca. Selain mengisi waktu luang, tentu saja membaca buku dapat menambah pengetahuan dan mengembangkan dirimu.

Di sini penulis akan berbagi rekomendasi buku untuk dibaca:

- The 7 Habits of Highly Effective People – Stephen R Covey.

- The Problem Solving 101 – Ken Watanebe.

- Success Through Character – Jakoep Ezra.

- Get Anyone to Do Anything - David J. Lieberman.

Buku-buku di atas sangat bagus dalam hal pengembangan diri. Jadi untuk kamu yang ingin mengembangkan diri, bisa dipertimbangkan untuk membaca salah satu buku di atas ya.

3. Mengembangkan bakat.

Kesibukan harian di sekolah atau tempat kerja sering kali membuatmu lupa dengan mimpi-mimpi yang kamu miliki. Waktu luang yang kamu punya di hari Sabtu dan Minggu dijadikan sebagai waktu untuk beristirahat dari lelahnya bekerja. Sehingga kamu tidak memiliki waktu untuk dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih unggul.

Di tengah pandemik virus Corona ini, menyalahkan keadaan tidak akan mengubah apa pun. Kamu harus melihat sisi positif dari situasi ini, yaitu Tuhan memberikanmu banyak waktu luang yang mana dapat kamu gunakan untuk pengembangan dirimu sebagai seorang individu.

Salah satu orang terkenal di dunia, Warren Baffet, mengatakan, “The best investment you can make is an investment on yourself. The more you learn, the more you will earn.”

Sebagai individu yang proaktif, kamu dapat dengan bijak memanfaatkan situasi ini untuk fokus pada pengembangan diri agar setelah semua masa-masa sulit ini berakhir. Kamu dapat menjalani hari menjadi pribadi yang lebih baik, tangguh, dan penuh dengan semangat baru.

Selain ketiga tips di atas, tentunya masih banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan. Waktu luang ini dapat kamu gunakan untuk mencoba banyak hal-hal baru yang belum penuh dilakukan sebelumnya.

Jadi, jangan berhenti untuk terus berkembang ya! Dan jangan lupa untuk selalu asah kemampuan terbaik dari dalam dirimu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Pilih Reaksi Kamu


Tags

#dirumahaja #waktu luang
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Astro-Lo-Gue Ep. 7 - Patah Hati Zodiak Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius & Pisces! Buat Sobat Brilio yang menunggu-nunggu, Astro-Lo-Gue balik lagi nih! Masih bareng Aby Respati yang bakalan ngelanjutin penjelasan mengenai hal-hal apa ...

ON FIRE

MORE
Back To Top